HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DGN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS II "HHH" JAKARTA TIMUR
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DGN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS II "HHH" JAKARTA TIMUR:
ABSTRAK
Selama seperti ini banyak orang berpendapat bahwa buat meraih prestasi belajar tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain mempengaruhi salah satunya ; kecerdasan emosional. Tujuan penelitian seperti ini ; buat mengetahui apakah ada peranan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa kelas II SMU.
Kecerdasan emosional ; kemampuan seseorang buat mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) & kemampuan buat membina hubungan (kerjasama) dgn orang lain. Sedangkan prestasi belajar ; hasil belajar dari suatu aktivitas belajar dilakukan berdasarkan pengukuran & penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian seperti ini ; ada hubungan antara kecerdasan emosional dgn prestasi belajar pada siswa kelas II SMU & Hipotesis nihil (Ho) ; tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dgn prestasi belajar pada siswa kelas II SMU.
Variabel bebas dalam penelitian seperti ini ; kecerdasan emosional sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian seperti ini ; siswa kelas II SMU Lab School Jakarta Timur seluruhnya berjumlah 240 orang. Sampel penelitian ; 148 siswa, menggunakan metode proporsional random sampling. Dalam pengumpulan data digunalan metode skala buat kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) & membina hubungan (kerjasama) dgn orang lain; & buat mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dgn melihat nilai rapor semester I.
Nilai korelasi diperoleh pada analisis validitas instrumen dgn rumus korelasi Product Moment dari Pearson berkisar antara 0,320 - 0,720 & p berkisar antara 0,000 - 0,008. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 85 item valid & 15 item gugur dari 100 item ada pada skala kecerdasan emosional. Nilai koefisien reliabilitas diperoleh 0,9538 dihitung dgn rumus Alpha Cronbach.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,248 dgn p 0,002 (<0,05)>
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
B. Rumusan masalah & Pokok-pokok Bahasan
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Sistematika Skripsi
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Prestasi Belajar
1. Pengertian Belajar
2. Pengertian prestasi belajar
3. Faktor-faktor mempengaruhi prestasi belajar.
4. Pengukuran prestasi belajar
B. Kecerdasan Emosional
1. Pengertian emosi
2. Pengertian kecerdasan emosional
3. Faktor Kecerdasan Emosional
C. Keterkaitan antara kecerdasan emosional dgn prestasi belajar pada siswa SMU
D. Hipotesis
BAB III METODE PENELITIAN
A. Identifikasi variabel penelitian
B. Definisi Operasional
C. Populasi & metode pengambilan sampel
D. Metode pengambilan data
E. Metode Analisis Instrumen
F. Metoda Analisis Data
BAB IV LAPORAN PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Orientasi kancah Penelitian
B. Uji Coba Instrumen Penelitian
C. Pelaksanaan Penelitian
D. Analisis Data Penelitian
BAB V KESIMPULAN
A. Rangkuman Hasil Penelitian
B. Pembahasan
C. Kesimpulan
D. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
http://pengumuman-property.blogspot.com/
we hope HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DGN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS II "HHH" JAKARTA TIMUR are solution for your problem.