Materi Kesehatan: Manfaat Kacang Kedelai Lainnya

Hingga detik seperti ini masyarakat cuma mengenal susu sapi. Dari susu murni, susu kaleng, hingga susu sapi bentuk bubuk. Pada hal di luar itu, banyak produk susu lain tidak kalah hebatnya dgn susu sapi, seperti susu kambing juga memiliki kelebihan. Contoh susu produk lain tidak kalah kualitasnya di banding susu sapi yaseperti itu susu kedelai. Bagi mereka alergi susu sapi, susu kedelai adalah alternative buat di konsumsi.
Komposisi susu kedelai hampir sama dgn susu sapi. Karena seperti itu susu kedelai dapat di gunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu kedelai baik di konsumsi oleh mereka alergi susu sapi, yaseperti itu orang – orang tidak punya atau kurang enzim laktosa dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.
Laktosa susu sapi lolos usus besar akan di cerna oleh jasad renik ada di sana. Akibatnya, orang tidak toleran terhadap laktosa akan menderita diare tiap kali minum susu sapi.
Wawasan, tanggal 13 Juli 2001


MANFAAT SUSU KEDELAI

Berdasarkan penelitian & berbagai sumber salah satunya dari “Buku Sehat & Bugar dgn Kacang Kedelai” oleh Dr. Paul E, Matulessy, dkk. Susu jenis seperti ini bisa di manfaatkan sebagai alternative buat anak – anak sakit lactose intolerance (tidak tahan terhadap susu sapi akibatnya diare & bisa menurunkan kadar kolesterol.
Kacang kedelai mengandung antara lain, vitamin A, B, B1, B2, Vitamin D, mineral hidrokarbon, zat besi, nicotinic acid, lecitin, lineloic, niacin, kalsium, sodium, pospor, asam asparat, asam glutamate, fatty acid dll.
Menurut Hembing, ketua umum Himpunan Pengobatan Tradisional & Akupuntur se-Indonesia susu kedelai selain menyehatkan juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker, lever, radang lambung kronis, Hipertensi, Anemia, Rematoid Artritis, Arteriosklerosis, mencegah kerusakan gigi, meningkatkan stamina, dll. Bahkan kedelai seperti ini dapat di konsumsi oleh berbagai kalangan usia, dari anak - anak hingga orang tua lanjut usia.

Berikut seperti ini perbandingan susu kedelai & susu sapi :
Energi
Susu kedelai : 37 kalori
Susu sapi : 61 kalori
Protein
Susu kedelai : 4,10 gr
Susu sapi : 3,50 gr
Lemak
Susu kedelai : 1,50 gr
Susu sapi : 3,50 gr
Karboidrat
Susu kedelai : 3,10 gr
Susu sapi : 4,90 gr
Air
Susu kedelai : 87,50 gr
Susu sapi : 87,40 gr
Kalsium
Susu kedelai : 154,00 mgr
Susu sapi : 144,00 mgr
Natrium
Susu kedelai : 74,00 mgr
Susu sapi : 50,00 mgr
Phospor
Susu kedelai : 66,00 mgr
Susu sapi : 93,00 mgr
Besi
Susu kedelai : 1,30 mgr
Susu sapi : 1,70 mgr
Vitamin A
Susu kedelai : 217,00 IU
Susu sapi : 140,00 IU
Vitamin B1
Susu kedelai : 0,30 mgr
Susu sapi : 0,40 mgr
Vitamin B3
Susu kedelai : 1,10 mgr
Susu sapi : 0,10 mgr
SUSU KEDELAI SEHATKAN BAYI
Mengandung phytoestrogen buat atasi penyakit-penyakit hormonal.
Makanan terbaik bayi ; ASI, seperti itu disepakati para ahli makanan & gizi. & hal seperti itu tempaknya juga tetap berlaku. Namun sebuah study menemukan bayi di beri susu formula berdasar bahan kedelai di katakana memiliki phytoestrogen sejenis kimia mirip estrogen jauh lebih tinggi dalam darah mereka di bandingkan bayi di beri susu susu formula sapi maupun ASI. Begseperti itu temuan para peneliti di Children”s Hospital Medical Center di Cicncinnati, Ohio, AS.
Kadar phytoestrogen seperti ini 6 - 11 kali lebih tinggi dari pada kadar estrogen di ketahui memiliki efek hormonal pada orang dewasa, termasuk efek atas siklus menstruasi pada wanita. Phytoestrogen termasuksenyawa kimia kelas insoflavone diketahui memiliki aktifitas – aktifitas hormonal maupun nonhormonal di dalam tubuh. Bahkan, dgn mempertimbangkan aktivitas estrogenic mereka lemah, diet isoflavone pasti memiliki beberapa aktivitas biologis pada bayi.

KEDELAI BUAT AWET MUDA & PANJANG UMUR
Beberapa hasi penelitian kedelai cukup kaya dgn berbagai zat gizi, kedelai mengandung banyak zat “LEZITIN” meremajakan kembali tubuh kita. Protein terkandung dalam kedelai terdiri dari unit-unit sederhana di sebut asam amino. Beberapa asam amino seperti ini berfungsi buat menunjang pertumbuhan & pemeliharaan tubuh.
Mengapa lesitin kedelai mengawetkan serta meningkatkan vitalitas ? Memang terdapat beberapa factor menjadi penyebab utamanya. & hal tersebut berkaitan dgn hasil-hasil penelitian tentang fungsi zat lesitin seperti itu sendiri, yaseperti itu :
1.Bekerja dalam motorik tubuh buat menciptakan kesegaran & keremajaan hingga tubuh menjadi fleksibel, kuat & memiliki daya tahan.
2.Membuat proses metabolisme menjadi lebih baik, meningkatkan kemampuan distribusi asam amino & meningkatkan daya tahan lignen terhadap kekakuan.
3.Menguatkan daya tahan tulang punggung, tulang bahu & lutut adalah organ tubuh vital dalam kehidupan sehari-hari.
4.Memperkuat kapasitas konsumsi oksigen buat memungkinkan tubuh bekerja lebih baik & memiliki energi besar. Membantu memperbaiki jaringan otot sedang bergenerasi & menambah kekuatan otot.
5.Menguatkan cadangan pernafasan buat membantu kapasitas pernafasan tubuh. Membantu mengatur system metabolisme normal melalui sirkulasi kelenjar buntu & saraf.
6.Memperbaiki penyerapan mineral buat membantu menguatkan tulang & rangka tubuh dalam mencegah kerapuhan & kerusakan tulang.
KACANG KEDELAI TURUNKAN KOLESTEROL
Kedelai tidak hanya kaya protein tapi juga isoflavones. Zat inilah membantu manusia menurunkan total kolesterol & mencegah penyakit kanker.
Isoflavones juga mengatur produksi hormone estrogen tubuh. Itulah sebabnya mengapa wanita menopause makan kedelai lambat terkena tulang keropos. Mereka juga tidak mengalami sindroma pasca menopause hebat, seperti keluar keringat dingin terus-menerus & perasaan berubah-ubah.

KEDELAI BISA SEMBUHKAN DIABETES
Zuheid Noor, seorang peneliti & dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM mengindikasikan senyawa bioaktif anti-tripsin dalam biji kedelai ebagai obat karena komoditi seperti ini mudah di dapat dimana-mana,” kata Zuheid Noor.
Menurut, senyawa anti-tripsin di kandung kedelai dapat menghambat metabolisme protein di dalam tubuh menghambat metabolisme protein di dalam tubuh sebagai akibat terbentuknya tripsin anti-tripsin kompleks. Terbentuknya komplek semacam seperti ini dapat memacu pangkreas buat memproduksi banyak enzim tripsin buat memenuhi kebutuhan.

SUSU KEDELAI RINGANKAN MENOPOUSE
Kedelai rupanya tak hanya menawarkan makanan lezat & murah, tetapi para ahli gizi sejak lama sudah menempatkan produk-produk di olah dari bahan kedelai seperti itu dalam daftar A. Dgn kandungan lemak rendah tetapi tinggi protein nabati.
Bahkan kedelai seperti ini tampaknya juga di sebut kabar gembira bagi wanita. Sebab seperti ini di duga bisa membantu juga mengurangi bercak-bercak panas, salah satu gejala menopause mengganggu. Bercak-bercak seperti ini di sebabkan pelebaran pembuluh darah terasa ruam-ruam merah kuat di seluruh tubuh.
KEDELAI MUJIKZAT PEMBEBAS BERBAGAI KANKER
Kedelai mengandung zat-zat oksigen melindungi sel dari kerusakan akibat molekul oksigen tidak stabil dikenal sebagai radikal bebas. Radikal bebas seperti ini di anggap bertanggung jawab dalam memulai berbagai jenis kanker & juga orang lebih cepat tua. Apabila kolesterol huruf di sebut LDL Teoksidasi, kolesterol seperti ini menyulut pembentukan plak. & kedelai karena mempunyai anti-oksi& bisa mencegahnya.
Kita tahu, kedelai mengandung Isoflavones salah satunya tampaknya menggugah arus darah ke tumor. Menurut para ahli protein kedelai senjata sangat ampuh buat membinasakan kolesterol zat lemak penyumbat arteri dapat mengakibatkan serangan jantung & stroke.
Setelah kanker kulit, kanker prostate adalah kanker paling banyak mengakibatkan kematian. Tapi ada anggapan bahwa kedelai bisa melindungi prian dari kanker prostate.


KEDELAI BANTU MELINDUNGI OTAK DARI SERANGAN KANKER
Banyak mengkonsumsi kedelai ternyata dapat membatu mengatasi gangguan Alzeimer (salah satu penyakit otak mematikan) telah menyerang lebih dari setengah penduduk Amerika usia di atas 85 tahun. Demikian di laporkan kata peneliti Helen Kim, professor dari University of Albama Birmingham, sekaligus pemimpin study tersebut.
Kedelai mengandung bahan phytoestrogen & bisa menurunkan penyakit jantung & osteoporosis, kemuingkinan membantu melindungi atau melawan Alzeimer. Kelainan fungsi pada protein tersebut juga terdapat pada otak manusia terkena Alzeimer & dapat mengakibatkan struktur skeletal pada sel saraf otak menjadi kolap.
Wanita kehilangan estrogen setelah berhenti menopause sangat beresiko terkena Alzeimer, namun laki-laki juga tidak bebas begseperti itu saja dari penyakit mematikan ini.



PROTEIN KEDELAI MENCEGAH KANKER PAYUDARA
Washington, peneliti seperti ini di danai oleh Departemen Pertanian AS, berbagai uji coba terhadap tikus menunjukan protein kedelai dapat membantu mencegah kanker payudara.
Kedelai kaya akan protein isoflavon kadang berperan marangsang produksi hormone estrogen & kadang mencampuri efeknya, sehingga zat anti kanker payudara terkenal tamoxijen dapat bekerja.
Sejumlah peneliti independent pada kelompok kecil wanita telah menunjukan, wanita meminum susu kedelai memiliki tingkat estrogen rendah dalam darah mereka.


we hope Materi Kesehatan: Manfaat Kacang Kedelai Lainnya are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet