PENGARUH KONDISI POLITIK INDONESIA TERHADAP ADMINISTRASI NEGARA

1) Pada Masa Sebelum Kemerdekaan

Di bawah pengaruh agama Hindu & Buddha, beberapa kerajaan terbentuk di pulau Sumatra & Jawa sejak abad ke-7 hingga abad ke-14 Kedatangan pelaut-pelaut. Tiongkok yg dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho/Zheng He pedagang-pedagang Arab & Gujarat, India, kemudian membawa agama Islam.

Ketika orang-orang Eropa datang pada awal abad ke- 16 mereka menemukan beberapa negara-negara kecil. Negara-negara kecil ini dgn mudah dikuasai oleh orang-orang Eropa tersebut yg ingin mendominasi perdagangan rempah-rempah. Pada abad ke- 17, Belanda muncul sebagai yg terkuat di antara negara-negara Eropa lainnya, mengalahkan Britania Raya & Portugal (kecuali buat koloni mereka, Timor Timur) Pada masa itulah agama Kristen masuk ke Indonesia sebagai salah satu misi & Belanda yg dikenal sebagai, 3G yaitu Gold, Glory and Gospel Belanda menguasai Indonesia sebagai koloni hingga Perang Dunia II awalnya melalui VOC & kemudian langsung oleh pemerintah Belanda sejak awal abad ke-19.

Di bawah sistem Cultuurstelsel (Sistem Penanaman) pada abad ke-19, perkebunan besar & penanaman paksa dilaksanakan di Jawa, akhirnya menghasilkan keuntungan bagi Belanda yg tidak dapat dihasilkan VOC. Pada masa pemerintahan kolonial yg lebih bebas setelah 1870 sistem ini dihapus. Setelah 1901 pihak Belanda memperkenalkan Kebijakan Beretika, yg termasuk reformasi politik yg terbatas & investasi yg lebih besar di Hindia-Belanda.

Pada masa Perang Dunia II, sewaktu Belanda dijajah oleh Jerman, Jepang menguasai Indonesia. Setelah mendapatkan Indonesia pada tahun 1942, Jepang melihat bahwa para pejuang Indonesia merupakan rekan perdagangan yg kooperatif & bersedia mengerahkan prajurit bila diperlukan. Soekarno, Mohammad Hatta, KH. Mas Mansur & Ki Hajar Dewantara diberikan penghargaan oleh Kaisar Jepang pada tahun 1943.

2) Pada Masa Soekarno (1945-1966)

Pada Maret 1945 Jepang membentuk sebuah komite buat kemerdekaan Indonesia; setelah perang Pasifik berakhir pada tahun 1945, di bawah tekanan organisasi pemuda, kelompok pimpinan Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam usaha buat menguasai kembali Indonesia, Belanda mengirimkan pasukan mereka.

Usaha-usaha berdarah buat meredam pergerakan kemerdekaan ini kemudian dikenal sebagai ‘aksi polisi’ (Politionele Actie). Belanda akhirnya menerima hak Indonesia buat merdeka pada 27 Desember 1949 setelah mendapat tekanan yg kuat & kalangan internasional, terutamanya Amerika Serikat Soekarno menjadi presiden pertama Indonesia dgn Mohammad Hatta sebagai wakil presiden.

Pada tahun 1950-an & 1960-an, pemerintahan Soekarno mulai mengikuti gerakan non blok pada awalnya & kemudian dgn blok sosialis, misalnya Tiongkok & Yugoslavia Tahun 1960-an menjadi saksi terjadinya konfrontasi militer terhadap negara tetangga, Malaysia (“Konfrontasi”), & ketidakpuasan terhadap kesulitan ekonomi yg semakin besar. Selanjutnya pada tahun 1965 meletus kejadian G30S yg menyebabkan kematian 6 orang jenderal & sejumlah perwira menengah lainnya. Muncul kekuatan baru yg menyebut dirinya Orde Baru yg segera menuduh Partai Komunis Indonesia sebagai otak di belakang kejadian ini & bermaksud menggulingkan pemerintahan yg sah beserta mengganti ideologi nasional berdasarkan paham sosialis-komunis. Tuduhan ini sekaligus dijadikan alasan buat menggantikan pemerintahan lama di bawah Presiden Soekarno.

3) Pada Masa Soeharto (1967-1998)

Jenderal Soeharto menjadi presiden pada tahun 1967 dgn alasan buat mengamankan negara dari ancaman komunisme Sementara itu kondisi fisik Soekarno kini sendiri makin melemah. Setelah Soeharto berkuasa, ratusan ribu warga Indonesia yg dicurigai terlibat pihak komunis dibunuh, sementara masih banyak lagi warga Indonesia yg sedang berada di luar negeri, tidak berani kembali ke tanah air, & akhirnya dicabut kewarganegaraannya. 32 tahun masa kekuasaan Soeharto dinamakan Orde Baru sementara masa pemerintahan Soekarno disebut Orde Lama.

Soeharto menerapkan ekonomi neoliberal & berhasil mendatangkan investasi luar negeri yg besar buat masuk ke Indonesia & menghasilkan pertumbuhan ekonomi yg besar, meski tidak merata, di Indonesia. Pada awal rezim Orde Baru kebijakan ekomomi Indonesia disusun oleh sekelompok ekonom-ekonom lulusan departemen ekonomi Universitas California, Berkeley yg dipanggil “Berkeley” Namun, Soeharto menambah kekayaannya & keluarganya melalui praktik korupsi, kolusi & nepotisme yg meluas & dia akhirnya dipaksa turun dari jabatannya setelah aksi demonstrasi besar-besaran & kondisi ekonomi negara yg memburuk pada tahun 1998.

Zaman pemerintahan Soeharto, mengapa pemerintahan begitu hebat ?

Karena intelijennya begitu hebat, akan tapi akhirnya mengalami ketidak hebatan intelijen, karena adanya regenerasi & perubahan lingkungan yg tidak diantisipasi cepat. Contohnya, mengapa sampai terjadi ekonomi ? karena intelijen ekonomi lemah, sementara kerja intelejen ikut menentukan nasib negara. Penyelenggaraan negara tidak mungkin hidup tanpa intelijen, soal kondisi intelijen negara yg sekarang kurang bagus, kembali lagi kepada Leadership (kepemimpinan) & statemanship (kenegarawaan). Dalam perihal ini kita bukan hanya membutuhkan pemimpin, tapi juga seorang negara. Negarawan itu adalah seseorang memahami tentang kenegaraan. Masalah & penyelenggaraannya. Mengenai leadership & statemenship dari Soeharto baik, tapi bukankah gaya kepemimpinan otoriter yg diterapkan penguasa Orde Baru ditentang banyak orang ? Soeharto pada awalnya seorang pemimpin yg mengubah keadaan bangsa & negara dari sangat terpuruk menjadi lebih baik. Dgn melakukan perubahan tentu ada korban, tapi korban-korban itupun tidak bisa dikesampingkan begitu saja buktinya kepemimpinan Soeharto ang 32 tahun itu pun tidak berakhir dgn baik. Selama 32 tahun itu kita belum mampu mencapai perkembangan peradaban yg sesuai dgn keinginan. Bahkan selama 60 tahun penyelenggaraan negara Indonesia telah gagal mengembangkan peradaban, sebetulnya kepemimpinan & kenegarawanan itu sudah gagal mulai dari zaman Soekarno. Bukannya Soekarno adalah seorang Negarawan yg andal, Tapi apa yg dihasilkannya ketika tahun 1965, secara budaya & peradaban tidak ada, peradaban tetap primitif. Setelah Soekarno turun, Soeharto coba melakukan perubahan peradaban, tapi sampai sekarang belum berhasil. Mengapa selama 60 tahun bangsa Indonesia yg besar ini tidak menjadi bangsa yg mengemuka ? Kembali pada identitas, identitas sebagai ras melayu, beragama Islam, terutama orang Jawa tidak memiliki jiwa buat menjadi bangsa yg berkembang secara peradaban.

4) Pada Masa BJ. Habibie, Gusdur, Megawati (1998-2004)

Dari 1998 hingga 2001, Indonesia mempunyai tiga presiden: Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie Abdurrahman Wahid & Megawati Sukarnoputri Pada tahun 2004 pemilu satu hari terbesar di dunia diadakan & dimenangkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Indonesia kini sedang mengalami masalah-masalah ekonomi, politik & pertikaian bernuansa agama di dalam negeri, & beberapa daerah sedang berusaha buat mendapatkan kemerdekaan, yaitu Aceh & Papua. Timor Timur akhirnya resmi memisahkan diri pada tahun 2002 setelah 24 tahun bersatu dgn Indonesia & 3 tahun di bawah administrasi PBB.

Bahwa sejak zaman Habibie & pasca reformasi, tidak ada seorang pun pemimpin & negarawan yg mengemuka di Indonesia, ini terlihat dari finalitas kepemimpinannya. Kepemimpinan Habibie tidak berakhir dgn baik. Demikian pula dgn Gusdur, Megawati, kemudian Susilo Bambang Yudhoyono.

5) Pada Masa SBY

Pada Desember 2004 & Maret 2005, Aceh & Nias dilanda dua gempa bumi besar yg totalnya menewaskan ratusan ribu jiwa. (Lihat Gempa bumi Samudra Hindia 2004 & Gempa bumi Sumatra Maret 2005. Kejadian ini disusul oleh gempa bumi di Yogyakarta & tsunami yg menghantam pantai Pangandaran & sekitarnya, beserta banjir lumpur di Sidoarjo pada 2006 yg tidak kunjung terpecahkan.

Dari segi intelijen terhadap pemerintah sekarang, BIN (Ba& Intelijen Negara) sekarang lemah, tidak bisa menganalisa negara dgn tepat karena tidak memiliki wibawa buat mempengaruhi pembuat keputusan. Rasanya sia-sia mempunyai sebuah lembaga yg dianggap hebat tapi dalam kenyataannya tidak hebat, atau produknya hebat, tapi tidak mempunyai wibawa terhadap penyelenggaraan negara. Kalau BIN sekarang kuat, satu tahun pemerintah SBY, negara tidak akan seperti ini, dgn tegas tim intelejen mesti mampu mengatakan kepada tim ekonomi agar mempersiapkan kebijakan-kebijakan yg benar.


PERBEDAAN INTELIJEN ERA SOEKARNO, SOEHARTO & PASCA REFORMASI


Perbedaannya Cuma style. Sebagai presiden, Soeharto seorang pemimpin intelijen yg hebat, ia sering menggunakan sistem kepemimpinan Jawa, yaitu menunggu. Dalam konteks intelijen, Soeharto juga sering menggunakan Junior karena Junior mempunyai semangat yg tinggi buat mencapai karier & lebih berani dari orang tua. Tidak itu saja Soeharto mempunyai beberapa mata rantai intelijen, bahkan lebih dari sepuluh. Jadi setiap ada masalah negara. Ia bisa mengkomparasi dgn cepat. Kebetulan pada masa itu masih banyak orang Indonesia didikan Belanda yg tingkat pendidikannya lebih baik dari republikan. Dgn demikian Soeharto mempunyai produk intelijen berkualitas.

Soekarno juga mempunyai kepala intel andal yaitu Soebandrio. Soebandrio seorang intel jenius, tapi ia mempunyai watak yg tidak disukai banyak orang sehingga banyak musuh. Harsu diakui Soebandrio banyak jasa pada negara, salah satunya mengembalikan Irian Barat. Dalam kancah politik internasional, Soebandrio mampu menggetarkan Washington, karena ia didukung oleh staf-staf kuat yg disebut Ba& Pusat Intelijen. Sebagai intelijen Soebandrio merangkap jabatan sebagai Menteri Luar Negeri, sehingga ia bebas bergerak.

Pasca reformasi, zaman Gusdur, Djuanda disiapkan buat menjadi Wakabakin, ada empat orang anak muda yg dipanggil ke istana. Cerita ini sampai pada Amin Rais & Akbar Tanjung sehingga mereka diberi selamat. Gus Dur menarik Djuanda buat menguatkan posisi intelijen bidang ekonomi. Tapi gagal karena dipotong oleh senior.

Intelijen Indonesia disaat ini, kondisi intelijen berkaitan dgn kondisi negara. Kalau kita puas dgn keadaan negara, artinya intelijen bagus, tapi kalau tidak puas dgn keadaan negara, mulai dari general feeling, Abik itu, bidang ekonomi, politik, keamanan, budaya & sebagainya, berarti intelijennya tidak intelijen. Intelijen adalah sebuah komunitas kecil tapi cerdas buat membaca masalah negara & memberikan rekomendasi kepada penyelenggara dalam menyelesaikan masalah negara.



we hope PENGARUH KONDISI POLITIK INDONESIA TERHADAP ADMINISTRASI NEGARA are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet