Pendidikan Luar Sekolah
PEMBENTUKAN KEJAR PAKET B & MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR
A. Latar Belakang Masalah
Pembagunan pada hakekatnya ada;ah proses perubahan yg terus menerus, yg merupakan kemajuan & perbaikan kearah tujuan yg ingin dicapai. Pelaksanaan pembagunan itu sendiri melibatkan seluruh lapisan masyarakat beserta ditujukan buat kepentingan manusia. Oleh karena itu menunda sebagai faktor yg dapat menentukan arah keberhasilan pembagunan dimana pendidikan mempunyai peranan sangat penting buat menjamin perkembangan & kelangsungan hidup bangsa.
Pembagunan dalam bidang pendidikan merupakan salah satu bagian dalam pembagunan yg meliputi pendidikan prasekolah (pendidikan dasar 9 tahun), pendidikan menengah atas & pendidikan tinggi atas akademik.
Pendidkan menjadi kunci pembagunan, dgn pendidkan diharapkan dapat tercapai sumber daya manusia yg berkualitas. Mampu menghadapi tantangan & perubahan pada masa sekarang & yg akan datang.
Dgn tuntutan keberadaan manusia yg berkualitas, maka pendidkan dasar 6 tahun tidak mencukupi & perlu ditingkatkan. Menjadi pendidikan dasar 9 tahun.
Buat menjamin pelaksanaan & kesuksesaan program wajar dikdes 9 tahun, dirasakan pendidikan persekolahan saja belum mampu menampung aspirasi & tingkat partisipasi masyarakat buat melanjutkan ke SLTP, perihal ini karena berbagai keterbatasan dalam pelayanan. Meningkatkan perihal tersebut pendidikan luar sekolah ({LS) akan menjadi tumpuan & harapan bagi terlaksananya tujuan luhur pendidkan nasional.
Salah satu jenis pendidikan luar sekolah yg berupaya memberikan pengetahuan yg relatif serupa dgn pengetahuan yg diperoleh dibangku sekolah & berhubungan dgn kesempatan kerja, sebagai contoh adalah kelompok belajar paket A, paket B, Paket C, & kejar usaha.
Berdasarkan studi pendahuluan di lapangan yg beralamatkan di desa sukamanah kecamatan tigaraksa kabupaten tangerang maka ditemukan banyak sekali warga masyarakat yg putus sekolah & tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidkan yg lebih tinggi lagi dikarenakan tidak adanya biaya buat sekolah atas karena letak sekolahnya yg sangat jauh diri pemukiman penduduk. Maka dari pada itu penulis ingin mengadakan kejar paket B setara SLTP, karena kebanyakan dari warga masyarakat hanya mengenal pendidkan sampai 6 tahun saja, & penulis ingin warga belajar disini mengenyam wajar dikdas 9 tahun.
B. Tujuan & Sasaran
Adapun tujuan dari pelaksanaan program kejar paket B ini antara lain :
- buat melaksanakan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun
- buat meningkatkan mutu pendidikan
- memberikan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat dalam pengembangan & peningkatan potensi terhadap ilmu pengetahuan.
Adapun sasaran dari pelaksanaan program kejar paket B ini antara lain :
- warga belajar yg hanya lulusan sekolah dasar (SD) atau setara SD “kejar paket A”
- warga belajar yg tidak mampu melanjutkan ke sekolah formal
- masyarakat prasejahtra
C. Menetapkan Pendekatan & Teknik
Upaya memotivasi merupakan kegiatan yg mesti & dapat di lakukan oleh setiap pemimpin atau pelaksanaan kegiatan. Upaya memotivasi mencakup kegiatan mendorong, menarik & mengarahkan dorongan yg terdapat pada diri orang – orang yg di pimpin agar mereka melakukan tugas pekerjaaan yg menjadi tanggung jawab, begitu juga dalam kegiatan pembelajaran guru / sumber belajar di tuntut tidak saja sebagai franformasi, tapi juga dapat berfungsi sebagai motivator yg dapat menggerakan minat siswa buat belajar dgn menggunakan berbagai media & sumber yg sesuai & menunjang terhadap pencapaian suatu tujuan.
Kegiatan memotivasi merupakan salah satu langkah awal yg mesti di lakukan guru dalam belajar, jika guru / tutar telah berhasil dalam membagun motivasi siswa dalam belajar, tidaklah berlebihan buat mengatakan bahwa guru berhasil dalam mengajar.
Dalam perihal ini teknik yg digunakan adalah bentuk angkel yg dipergunakan adalah angket tertutup, yaitu angket yg alternatif jawabnya telah disediakan sehingga responden tinggal memilih jawaban yg dianggap paling cocok atau sesuai teknik ini digunakan dgn alasan bahwa data yg diperoleh dapat dgn cepat terkumpul karena responden dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan yg bebas dalam waktu yg relatif lama beserta tanpa ada unsur penekanan dari pihak manapun.
Teknik ini dipergunakan buat memperoleh data yg tidak tersangkut dgn menggunakan teknik lainnya, yaitu dapat melakukan pencatatan & pengamatan langsung pada tempat / sasaran. Observasi adalah studi yg disengaja & sistematis tentang fenomena sosial & gejolak-gejolak alam dgn jalan pencatatan & pengamatan.
Teknik wawancara ini penulis gunakan buat melengkapi kekurangan-kekurangan pada teknik angket yaitu apabila diantaranya responden yg kurang memahmi isi angket & buat melengkapi data dalam pengelolaan & analisa data yg terhimpun melalui angket.
Teknik ini penulis gunakan dalam pengumpulan data beserta teori-teori yg berhubungan dgn penelitian yg dilakukan sedangkan maksud & tujuan digunakan teknik ini adalah buat mendapatkan data & teori – teori melalui buku-buku.
D. Menetapkan Materi
Jenis motivasi yg diberikan oleh tutor terhadap warga belajar sebagian besar di berikan secara lisan & tulisan.
Bentuk motivasi yg di berikan berkenaan dgn materi pelajaran di kelas, & yg berkenaan dgn bidang kehidupan sehari-hari
Materi berkisar tentang materi pelajaran:
Tempat
Belajar dapat di lakukan di
a. Rumah-rumah
b. Sekolah – sekolah
c. Tempat lain yg mempunyai syarat.
1. mampu menampung sekitar 40 orang warga belajar
2. tersedia fasilitas belajar mengajar
3. mudah di jangkau warga belajar, tutur & pengelola berada, jika tidak mungkin, tempat belajar di buat seperti dalam suasana sekolah
Waktu
Waktu yg di gunakan buat berlangsungnya proses belajar yaitu 2 jam belajar di mulai dari jam 13.00 -17.00 wib. (1 x 45 menit) dalam 1 mata pelajaran
ANGGARAN DANA
A. Kesekertariatan
- ATK Rp. 600.000
- Pengadaan listrik Rp. 1000.000
- Biaya kebrsihan lingkungan Rp. 500.000 +
Rp. 2.100.000
B. Pendanaan bulanan
- Oprasional bulanan gedung Rp. 500.000
- 1 sentifitutor 1semester 960.000 X 6 butir Rp. 5.750.000
- manajemen + program 1.440.000 X 6 panitia Rp. 8.640.000 +
Rp.14.900.000
C. Perlengkapan
- Lemari buku 1 buah Rp. 1.250.000
- Pembelian bahan ajar Rp. 1.750.000 +
Rp. 3.000.000
Rekapitulasi kebutuhan
- Kesekertairiatan Rp. 2.100.000
- pendapatan bulanan Rp. 14.900.000
- Perlengkapan Rp. 1.750.000 +
Rp. 20.000.000
Terbilang
Dua Puluh Juta Rupiah
we hope Pendidikan Luar Sekolah are solution for your problem.