UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 SERANG PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MELALUI PENGGUNAAN KARTU REVIEW
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 SERANG PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MELALUI PENGGUNAAN KARTU REVIEW
A. Latar Belakang Masalah
Daya ingat merupakan komponen yg penting dalam belajar, terkadang banyak siswa yg sangat mudah lupa materi pelajaran yan telah diajarkan, bahkan yg baru saja diajarkan.
Bagi guru meningkatkan daya ingat siswa sangatlah penting, sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran yg telah diberikan guru.
Fenomena yg dihadapi adalah kurang ketertarikannya siswa terhadap pembelajaran sehingga materi yg diberikan cepat dilupakan begitu saja oleh siswa terutama mata pelajaran biologi, sehingga guru sulit buat meneruskan pembelajaran berikutnya dikarenakan pemahaman terhadap metode pelajaran yg telah lalu oleh karena itu, upaya meningkatkan daya ingat siswa dalam belajar sangatlah penting.
Peningkatan daya ingat siswa yg sangat penting ini diukur dgn berbagai macam cara dgn menciptakan kondisi belajar yg nyaman & memaknai akan setiap materi yg diajarkan. Melalui penyediaan metode & media pembelajaran salah satu media pembelajaran yg akan diuji adalah kartu review.
Kartu review digunakan buat meningkatkan kemampuan daya ingat siswa dalam materi yg telah digunakan. Kartu review terdiri dari berbagai macam warna.
Yg di dalamnya terdapat pertanyaan & disisi lain terdapat jawabannya yg diletakkan dilain tempat dgn warna yg sama dgn warna yg sama dgn kartu review.
Pertanyaan yg ada di dalam kartu di baca dgn keras oleh siswa & dijawab secara berkelompok. Setelah itu dilakukan pengulasan setelah kartu habis.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merasa perlu melakukan penelitian tentang peningkatan daya ingat & hasil belajar siswa melalui kartu review.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah penggunaan kartu review dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan siswa ?
2. Apakah penggunaan kartu review dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
C. Cara Pemecahan Masalah
Masalah yg ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana kefektifan penggunaan media buat meningkatkan daya ingat siswa. Sehingga meninggkatkan daya ingat siswa. Sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Buat memecahkan masalah tersebut digunakan media pembelajaran berupa kartu review buat meningkatkan daya ingat.
D. Tujuan & Manfaat
Tujuan:
- Buat mengetahui kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penggunaan kartu review.
- Buat mengukur hasil belajar siswa dalam pembelajaran siswa dalam pembelajaran biologi melalui penggunaan kartu review
Manfaat:
- Meningkatkan hasil belajar siswa
- Menciptakan suasana belajar yg menyenangkan
- Membuat materi yg diajarkan menjadi bermakna
- Meningkatkan kompetensi setiap siswa & kelompok
- Memberikan alternatif media pembelajaran buat meningkatkan hasil belajar siswa
E. Kerangka Teoritik & Hipotesis Tindakan
1. Kerangka Teoritik
Proses belajar/mengajar adalah fenomena yg kompleks. Segala sesuatunya berarti-setiap kta, pikiran, tindakan & asosiasi & sampai sejauhmana anda mengubah lingkungan, prestasi, & rancangan pengajaran, sejauh itu pula proses bealajar berlangsung (Lozanov, 1978).
Di dalam proses belajar menciptakan lingkungan yg optimal baik secara fisik maupun mental merupakan suatu cara buat membuat siswa merasa nyaman sehingga menciptakan keadaan pikiran yg ideal buat belajar secara optimal. Sehingga perihal tersebut menyebabkan siswa berkonsentrasi dgn mudah. Seorang guru buat mengajarkan materi kepada siswa mesti memiliki trik-trik tertentu berupa kata kunci melalui pengulangan kata-kata tertentu. Melalui penanggulangan, sel-sel saraf menjadi terhubung & termielinasi buat memudahkan dalam mengingat informasi tanpa pengulangan berkala, mielin akan hilang (Bobbi De Porter & Mike Hernarki, 2002).
Buat memiliki memori yg baik, anda mesti secara sadar memasukkan tidak hanya fakta, tapi juga makna & asosiasi. Jika informasi mempunyai makna bagi anda. Anda akan lebih mudah mengingatnya daripada daftar fakta & angka yg acak. Buat memaksimalkan memori, anda mesti membuat informasi tersebut bermakna. Yg kami maksud bermakna adalah memahami informasi & memberinya makna pribadi. Biasanya siswa tidak mengingat informasi disaat ujian karena informasi itu tak terlalu bermakna bagi mereka; hanya sekedar nama & tanggal yg campur aduk. Mengetahui apa pentingnya suatu informasi akan sangat membantu siswa mengingatnya. Memberi makna pribadi mengasosiasikannya dgn hal-perihal dari kehidupan mereka sendiri juga akan membantu. (Bobbi De Porter & Mike Hernacki, 2002).
Berdasarkan perihal di atas, membuat asosiasi adalah alat bantu yg luar biasa, hanya dibatasi imajinasi. Penelitian tentang otak baru-baru ini menunjukkan bahwa mengaitkan informasi dgn persepsi indriawi yg kuat – pandangan, bunyi, bau, & rasa – membuatnya jauh lebih mudah diingat karena otak memilih informasi ke dalam kategori-kategori ini, menyimpan bit demi bit informasi secara terpisah. Disaat memikirkan bunga mawar, misalnya anda mengingat dari bagian otak yg berbeda-beda: warna, bau & rasa bunga. Tapi semua potongan itu bergabung membentuk mawar. (Damasio, 1994).
Kartu review merupakan stimulus. 20 siswa pertama merupakan perangsang (SP), group (G) adalah kelompok penjawab karena merupakan harapan kemampuan menjawab perkelompok SK (sekelompok siswa yg maju setelah kartu diulang). KDI merupakan peningkatan daya ingat siswa terhadap pertanyaan yg diulang kembali.
Berdasarkan kerangka teoritik tersebut maka hipotesis tindakan yg diajukan adalah sebagai berikut:
Penggunaan kartu review dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan daya ingat & hasil belajar siswa.
F. Rencana Penelitian
1. Seting & karakteristik subjek penelitian
Penelitian ini diadakan di SMPN 5 Serang kelas VIII D dgn jumlah siswa 40 orang. Banyaknya kelas VIII. Kelas VIII D terpilih sebagai kelas penelitian karena sesuai jadwal. Jumlah siswa 25 orang putri & 15 putra dgn kemampuan yg heterogen.
2. Variabel Penelitian
Variabel yg akan diteliti terdiri dari variabel bebas (stimulus). Variabel terikat (respon) & variabel kontrol.
a. Variabel bebas: penggunaan kartu review
b. Variabel Respon : Peningkatan hasil belajar
c. Variabel Kontrol : Pengajar setiap siklus & waktu buat menjawab pertanyaan yg ada di kartu review.
3. Rencana Tindakan
a. Perencanaan
1. Menentukan rumusan masalah indikator keberhasilan,variabel penelitian sarana
& prasana. Instrumen penelitian & teknik pengolahan data.
2. Membuat sekenario model kooperatif tipe (think solve cuestion together)
3. Membuat kartu review berwarna warni, & membuat jawaban denga warna
yg sama
4. Membuat lembar obserfasi
- Kemampuan sisw buat menjawab soal
- Kemampuan siswa buat menjawab pretest & post test
5. Perencanaan Tindakan
1 Siklus 1:Memupuk suasana keberanian siswa buat menjawab pertanyaan dgn mengginakan kartu riview.Meningkatkan kualitas & kuantitas jawaban siswa dgn pertanyaan yg sama dgn menggunakan kartu review.
2. Siklus 2: Memperkenalkan cara yg sudah pernah diberikan sebeumnya Memupuk keberanan siswa buat menjawab pertanyaan. Meningkatkan kualiatas & kuantitas jawaban siswa dgn soal –soal yg berbeda dgn siklus pertama.
b. Pelaksanaan Tindakan
Guru memotifasi siswa agar memperhatikan pembelajaran dikelas, agar siswa dapat menjawb pertanyaan yg diberikan.
c. Pengamatan
Pengamatan dilakukan denagn mencatat, setiap jawaban dari kelompok, seberapa banyak jawaban yg benar maupun jawaban yg salah dati setiap kelompok tersebut. Baik sebelum atau sesudah kartu review diulang.
d. Refleksi
Pada tahap refleksi dikaji apa yg telah terjadi & / atau terjadi apayg belum berhasil & sudah berhasil setelah diberi tindakan, komponen- komponen refleksi meliputi : analisis, pemsknaan, penjelasan, penyusunan kesimulan & identifikasi tindak lanjut.
4. Data & Cara Pengumpulannya
a. Sumber data : siswa
b Jenis data : data kualitatif meliputi data kemampuan menjawab siswa yg dikelompokan pada empat kategori: kurang, cukup, baik, & baik sekali. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa
c. Cara pengambilan data
1. data kualitas daya ingat siswa dalam menjawab pertanyaan,dgn lembar observasi 1.
2. data jumlah & kualitas jawaban diperolehdgn lembar observasi 2
3. data hasil belajar siswa diperoleh dgn hasil belajar siswa pada awal ( pre test ) & akhir belajar ( post test ) satu pokok bahasan.
5. Indikator Keberhasilan
a. Kualitas daya ingat siswa dalam menjawab pertanyaan lebih 60 % memiliki kategori baik.
b. Lebih dari 60 % siswa mempunyai daya ingat yg baik
c. Kualitas pertanyaan dari kartu review dgn C1 ( hafalan ) C2 ( pemahaman ) lebih besar dari pada lebih besar dari C3. dgn kata lain C3 kurang dari 50 %.
we hope UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 SERANG PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MELALUI PENGGUNAAN KARTU REVIEW are solution for your problem.