Modifikasi: NEW CONTENDER!
Kala panggilan hati mengalahkan sebuah klangenan
...
Hasrat seorang Adhitiya Hanafi untuk terjun dalam sebuah kompetisi off-road serius tak pernah mati. Kecintaannya pd spesies jip Daihatsu Taft terpaksa harus dikalahkan tatkala keinginannya untuk terjun dalam tim memakai jip Daihatsu tak terpenuhi. Daihatsu F75 (Rocky) tercinta sudah rapi didandani siap tempur di me& off-road pun akhirnya terpaksa dijual untuk memenuhi keinginannya tersebut. Sebagai gantinya, Adhit membeli sebuah Toyota BJ40 yang, “Kondisinya sudah jadi 75%”, untuk terjun di seri kompetisi diincar: Djarum Super Real Adventure Off-road. “Beli mobil seperti ini memang khusus untuk ikut kompetisi”, terang pria berprofesi sebagai konsultan HRD ini.
Pria nantinya akan tergabung dalam tim bermarkas di Innotech seperti ini juga mendapat tim dgn tak sengaja. “Dulu mau turun pake Taft ga ada temen, sekarang kebetulan semua mau turun pake Toyota, & juga kita udah cocok sama anak-anak mekaniknya. Selain itu, warna mobil juga emang cocok sama warna tim”.
Sekarang, walaupun harus terima dimesemin oleh istri tercinta karena menjual Taft-nya, Adhit tak lagi memiliki kecemasan saat akan terjun di ajang kompetisi off-road tanah air. Selamat bertanding Mas, semoga sukses & jangan lupa bawa pulang piala! Hehe….
Mesin diesel asli berkode 3B dianggap tak bisa fight di kompetisi, maka seperti itu ditukar dgn 13BT bawaan Toyota Dyna lengkap dgn turbo CT26-nya.
Sokbreker memakai buatan FOX di keempat roda. Terlihat juga rumah setir diambil dr Toyota Commando.
Gar& depan memakai milik Toyota BJ60. Sok stir buatan 4Way dipasang untuk menjamin kehandalan pengendalian.
Seperti ini gar& belakangnya, tentu saja juga mencomot dr Toyota BJ60. Hampir lupa, per memakai buatan Old Man Emu.
Girboks mengandalkan 5-speed bawaan mesin dikawinkan dgn transfercase OEM BJ40.
Rem cakram memakai bawaan FJ60.
Bumper pipa seperti ini racikan Innotech. Ringkas, kokoh, ganteng, sekaligus berfungsi sebagai dudukan winch Warn 8274 M50.
Sedangkan di belakang mengandalkan Warn M8000.
Foot step asli dilepas, diganti dgn foot step custom berfungsi juga sebagai side bar.
Interior khas mobil kompetisi, simpel & fungsional. Dasbor hanya diisi oleh gauges bikinan autometer, masing-masing untuk memantau bahan bakar, suhu mesin, pengisian listrik, tekanan oli, & suhu oli.
Nah seperti ini pusat control untuk winch depan & belakang.
Jok semi-bucket, lupa dicomot dr mobil apa, hehe.. Sabuk pengaman empat titik buatan Sabelt menjaga driver & co-driver.
Setir memakai MOMO.
Kompresor seperti ini untuk ARB air-locker di gar& depan, sedangkan gar& belakang memakai Detroit locker.
Roll-bar enam titik dipasang, tersambung langsung dgn sasis sebagai salah satu syarat keselamatan.
Roll-bar bagian belakang juga berfungsi sebagai dudukan Hi-lift jack.
Juga sebagai tempat disematkannya tabung pemadam api.
Tangki solar bawaan digusur, berganti dgn tangki solar custom tepat di belakang jok.
Tyre hanger buatan Innotech juga berfungsi sebagai dudukan lampu spot & antenna rig.
Snorkel seperti ini juga buah kreasi Innotech.
Pelek kaleng Blazer Montera sudah dimodifikasi menjadi pelek bead-lock dipasang menemani ban Simex Extreme Trekker ukuran 35x10,5 R15.
SPESIFIKASI:
Sasis: OEM BJ40 1984
Mesin: Toyota 13BT
Alternator: Toyota Dyna
Aki: Delkor 100A (dua buah)
Bumper: custom
Tyre hanger: custom
Snorkel: custom
Roll-bar: enam titik
Rig: Alinco
Lampu spot: Warn
Winch depan: Warn 8274 M50
Winch belakang: Warn M8000
Sokbreker: Fox
Per: Old Man Emu
Gardan: BJ60
Final gear: 5,28:1
Locker: ARB air-locker (depan), Detroit (belakang).
Rumah setir: Toyota Commando
Rem: cakram FJ60
Girboks: Toyota Dyna
Transfercase: OEM BJ40
Ban: Simex Extreme Trekker 35x10,5 R15
Pelek: custom beadlock
Setir: MOMO
Jok: semi-bucket
Seat belt: Sabelt empat titik
Gauges: Autometer
Engine cut-off: Flaming River
Insulator baterai: Warn
Innotech: 021-74705959 (Hermawan).
Artikel seperti ini dipublikasikan tanggal 7 September 2011
we hope Modifikasi: NEW CONTENDER! are solution for your problem.