PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU & MATERI EVOLUSI DI SMA N I TIRTAYASA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Evoluasi merupakan suatu konsep yg terdapat pada pelajaran biologi terutama kelas XII semester 2. Mater tentang evolusi sering menimbulkan pro & kontra. Kadang teori evolusi membuat kita mencari kebenaran dari teori yg di berikan.

Dari fenomena tersebut kelompok kami melakukan penelitian sejauh mana motivasi & kompetensi siswa dalam memahami teori evolusi. Kompetensi di kemukakan oleh Charles & Jhonson cs (194:3) kompetensi merupakan perilaku yg rasional buat mencapai tujuan yg dipersyaratkan sesuai dgn kondisi yg diharapkan.

Sehingga kelompok kami melakukan penelitian bagaimana persepsi mereka (siswa) terhadap pengajaran tentang teori evolusi. Apa hasil yg diharapkan sesuai atau tidak, jika tidak kita dapat memperbaiki kinerja pembelajaran materi evolusi di kemudian hari.

1.2 Rumusan Masalah

A. Bagaimanakah persepsi siswa terhadap kompetensi guru ?

B. Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap materi evolusi ?

1.3 Tujuan Penelitian

A. Buat mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru

B. Buat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi evolusi

1.4 Manfaat Penelitian

A. Buat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran materi evolusi.

B. Buat mengetahui sejauh mana siswa mengerti tentang materi evolusi yg diajarkan oleh guru biologi

C. Buat menentukan metode & media pembelajaran yg tepat dalam penyampaian materi evolusi.


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Evolusi adalah proses perubahan benda-benda mati & makhluk hidup yg berlangsung secara berangsur-angsur atau sedikit demi sedikit dalam kurun waktu yg cukup lama. Paham evolusu makhluk hidup sesungguhnya pernah tercetus sebelum Charles Darwin menerbitkan bukunya “On the origin of species by mean of natural selection, and the preservation of favoured races in the straggle for life” pada tahun 1859. bahkan sudah tercetus pada masa ± 400 tahun sebelum masehi. Kenyataan bahwa makhluk hidup beraneka ragam mengalami perubahan, sudah terjadi sejak lama namun perihal ini tidak melahirkan konsep evolusi seperti yg terjadi pada Charles Darwin.

Pemikiran tentang evolusi telah di mulai sejak Anaximander (610-564 SM) & pada abad selanjutnya konsep evolusi modern ini dikembangkan oleh beberapa tokoh seperti Jean Baptiste Lamarck (1744-1829) Charles Iyell (1971-1875) & Charles Robert Darwin (1809-1882) melalui bukunya philosophie zoologigue (1809), & lamarck mengenalkan hukum philosophie “use and disuse” yg menyatakan bahwa organ tubuh melalui hidup yg digunakan terus-menerus akan berkembang sedangkan organ yg tidak digunakan akan menyusut. (A. Syujur. 2005:104).

Salah satu dakwaan teori evolusi yg paling penting ialah asas perkembangan hidup yg bergantung kepada “perjuangan buat hidup.” Di alam semula jadi, menurut Darwin, di dalam alam ini terdapat berbagai pertarungan buat hidup yg tidak mengenal arti bertajuk the origin of species telah menguraikan subjek ini.

Di dalam buku “Darwin, Marx, Wagner.” Pensyaran ilmu sejarah Jacques Barzum telah menafsirkan kesan-kesan keberadaan moral dunia modern kini dari segi sains kemasyarakatan & kebudayaan. Ulasan berikut di petik dari pada buku beliau yg mengimbas pengaruh Darwinisme kepada dunia.

BAB III

METODOLOGI

3.1 Waktu & Tempat

Penelitian ini dilakukan pada tanggal 07 April 2007 di SMAN I TIRTAYASA.

3.2 Populasi & Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMAN TIRTYASA dgn sampel kelas XII IPA1 yg dipilih secara langsung oleh guru kurikulum SMAN I TIRTAYASA.

3.3 Metode Penelitian

Metode yg digunakan dalam penelitian adalah survei dgn penelitian yg menggunakan angket & wawancara. Pada angket ditujukan kepada siswa sedangkan buat wawancara ditujukan kepada guru Biologi yg mengajar di SMAN I TIRTAYASA.


BAB IV

HASIL & PEMBAHASAN

4.1 Wawancara

Berdasarkan hasil wawancara yg kami lakukan dgn guru Biologi kelas XII Bu Evi mulyati S.Pd SMAN I TIRTAYASA mengenai metode atau media yg digunakan buat pembelajaran evolusi di SMAN I TIRTAYASA, & tentang hambatan/kendala pada disaat mengajarkan materi evolusi. Menurut Bu Evi kendala yg terjadi pada disaat mengajar yaitu tidakadanya media buat diperlihatkan ke siswa tentang teori evolusi & kurangnya fasilitas di SMAN I TIRTAYASA, selain itu faktor waktu juga sangat berpengaruh, materi evolusi diajarkan pada kelas XII pada semester akhir sehingga waktu yg didapatkan buat penjelasan materi ini kurang, karena buat kelas XII difokuskan buat persiapan UAN, seperti PRA-UAN, ujian praktek & tryout. Sehingga materi evolusi lebih ditekankan pada pembahasan seleksi alam & pada genetika.

Metode pembelajaran yg digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi evolusi yaitu metode ceramah, diskusi & tanya jawab, beserta observasi ke geologi yg terdapat di Bandung. Menurut Bu evi metode yg sesuai & mendapatkan respon yg banyak dari siswa yaitu observasi di geologi, karena siswa dapat melihat langsung fosil-fosil & gurupun lebih mudah menjelaskan materi tersebut, sehingga siswanya lebih cepat mengerti & paham

4.2 Kuesioner Motivasi siswa

A. Saya sangat senang terhadap mata pelajaran evolusi

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

30,00%

2.

Setuju

63,3%

3.

Tidak setuju

6,67%

4.

Sangat tidak setuju

-

B. Disaat menjelaskan materi evolusi, guru selalu mengkaitkannya dgn kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

53,3%

2.

Setuju

36,7%

3.

Tidak setuju

10%

4.

Sangat tidak setuju

-

C. Saya mengalami kesulitan pada disaat guru menjelaskan materi evolusi

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

3,33%

2.

Setuju

20%

3.

Tidak setuju

66,7%

4.

Sangat tidak setuju

10

D. Pada disaat guru memberikan tugas tentang evolusi, selalu saya kerjakan dgn semangat karena saya sangat menyukainya

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

70,00%

2.

Setuju

10,00%

3.

Tidak setuju

20,00%

4.

Sangat tidak setuju

-

E. Disaat guru menjelaskan materi evolusi saya selalu memperhatikan dgn serius

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

26,7%

2.

Setuju

70,00%

3.

Tidak setuju

3,33%

4.

Sangat tidak setuju

-

F. Disaat disuruh guru menjelaskan kembali materi evolusi, saya mengalami kesulitan buat memaparkannya

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

13,3%

2.

Setuju

36,7%

3.

Tidak setuju

46,7%

4.

Sangat tidak setuju

3,33%

G. Pada disaat pembelajaran evolusi guru menggunakan metode diskusi sehingga saya bermotivasi belajar

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

33,3%

2.

Setuju

46,7%

3.

Tidak setuju

16,7%

4.

Sangat tidak setuju

3,33

H. Saya yakin dgn usaha yg keras & belajar yg optimal, saya bisa mendapatkan nilai mata pelajaran evolusi yg bagus

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

60,0%

2.

Setuju

40,0%

3.

Tidak setuju

-

4.

Sangat tidak setuju

-

I. Menurut saya pelajaran evolusi sangat susah buat dipahami & membosankan,karena terlalu banyak teori buat dipelajari

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

3,33%

3.

Tidak setuju

70,0%

4.

Sangat tidak setuju

20,0%

J. Saya belum memahami apa sebenarnya manfaat pelajaran evolusi dalam kehidupan sehari-hari

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

33,3%

3.

Tidak setuju

43,3%

4.

Sangat tidak setuju

16,7%

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa presentasi yg didapat sesuai dgn skor. Skor yg diambil dgn cara pada setiap pernyataan tersebut positif nilai 4, pada kategori sangat setuju, 3 buat kategori setuju, 2 buat kategori tidak setuju & 1 buat kategori sangat tidak setuju. Sedangkan buat pernytaan negative angka tersebut dibalik. Dari data tersebut didapat kategori sebagai berikut :

30 x 4 = 120 x 10 = 1200

30 x 3 = 90 x 10 = 900

30 x 2 = 60 x 10 = 600

30 x 2 = 30 x 10 = 300 jadi

-0-300 : Kurang

-301-600 : Cukup

-601-900 : Baik

-901-1200 : Sangat baik

Skor skala sikap motivasi siswa adalah 884 dgn kategori baik.


4.3 Kuesioner Tentang materi Evolusi

A. Guru sangat interaktif dalam menyampaikan pelajaran evolusi sehingga siswa merasa semangat & antusius

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

36,7%

2.

Setuju

50,0%

3.

Tidak setuju

13,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

B. Setiap saya bertanya tentang materi evolusi, guru selalu menjawabnya dgn jelas sehingga saya bisa lebih memahami tentang materi yg disampaikan

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

43,3%

2.

Setuju

43,3%

3.

Tidak setuju

13,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

C. Jika ada teman yg mengobrol disaat proses pembelajaran berlangsung, guru menegurnya dgn kata-kata yg halus

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

43,3%

2.

Setuju

43,3%

3.

Tidak setuju

13,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

D. Guru tidak pernah memarahi saya walaupun saya tidak mengerjakan tugas evolusi, sehingga saya merasa malas buat mengerjakan tugas evolusi.

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

6,67%

3.

Tidak setuju

60,0%

4.

Sangat tidak setuju

26,7

E. Menurut saya kemampuan guru tentang penguasaan materi evolusi sangat minim

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

10,0%

3.

Tidak setuju

50,0%

4.

Sangat tidak setuju

3,3%

F. Penjelasan guru tentang materi evolusi selalu berbelit-belit & bahasanya sulit dipahami

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

16,7%

2.

Setuju

10,0%

3.

Tidak setuju

50,0%

4.

Sangat tidak setuju

23,3%

G. Guru selalu menggunakan metode pembelajaran yg berbeda setiap minggunya, sehingga siswa tidak pernah merasa bosan & selalu bersemangat

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

23,3%

2.

Setuju

53,3%

3.

Tidak setuju

23,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

H. Guru lebih sering menjelaskan materi dgn ceramah, sehingga siswa merasa mengantuk & tidak bisa memahami apa yg disampaikan.

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

13,3%

2.

Setuju

26,7%

3.

Tidak setuju

46,7%

4.

Sangat tidak setuju

13,3%

I. Walau saya sudah berusaha mengerjakan tugas evolusi secara maksimal tapi guru tidak pernah memberikan penghargaan sehingga saya merasa usaha saya sia-sia.

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

10,0%

2.

Setuju

13,3%

3.

Tidak setuju

53,3%

4.

Sangat tidak setuju

23,3%

J. Setiap kegiatan belajar mengajar guru selalu duduk, sehingga suasana belajar membosankan

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

16,7%

3.

Tidak setuju

56,7%

4.

Sangat tidak setuju

20,0%

-0-300 : Kurang

-301-600 : Cukup

-601-900 : Baik

-901-1200 : Sangat baik

Dari data di atas didapatkan bahwa kompetensi guru di sekolah adalah 844 dgn kategori baik.

4.4 Kuesioner Tentang materi Evolusi

A. Menurut saya evolusi merupakan perubahan secara bertahap dalam waktu yg lama akibat seleksi alam dalam suatu individu spesies buat menghasilkan spesies baru

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

56,7%

2.

Setuju

33,3%

3.

Tidak setuju

3,33%

4.

Sangat tidak setuju

3,33%

B. Saya tidak sependapat dgn teori Darwin, karena dia menyatakan bahwa manusia berasal dari kera

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

26,7%

2.

Setuju

33,3%

3.

Tidak setuju

20,0%

4.

Sangat tidak setuju

16,7%

C. Saya setuju dgn teori adaptasi oleh Lamarck, karena dia menyatakan bahwa organ yg sering digunakan akan berkembang dgn baik, sedangkan yg tidak digunakan akan mengalami atrofi atau penyusutan

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

30,0%

2.

Setuju

63,3%

3.

Tidak setuju

33,3%

4.

Sangat tidak setuju

16,7

D. Menurut saya teori evolusi itu bertentangan dgn ajaran agama

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

10,0%

2.

Setuju

40,0%

3.

Tidak setuju

33,3%

4.

Sangat tidak setuju

16,7

E. Menurut saya fosil itu merupakan bukti adanya kehidupan pada masa lampau


No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

60,0%

2.

Setuju

40,0%

3.

Tidak setuju

-

4.

Sangat tidak setuju

-

Dari data di atas didapatkan, skor dari skala sikap siswa tentang materi evolusi, skor yg didapat yaitu 488 dari 5 pertanyaan :

0-300 : Kurang

-301-600 : Cukup

-601-900 : Baik

-901-1200 : Sangat baik

sehingga disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi evolusi cukup baik.



we hope PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU & MATERI EVOLUSI DI SMA N I TIRTAYASA are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids air tanah anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain di jual diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sertifikat tanah sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet