PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU & MATERI EVOLUSI DI SMA N I TIRTAYASA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Evoluasi merupakan suatu konsep yg terdapat pada pelajaran biologi terutama kelas XII semester 2. Mater tentang evolusi sering menimbulkan pro & kontra. Kadang teori evolusi membuat kita mencari kebenaran dari teori yg di berikan.
Dari fenomena tersebut kelompok kami melakukan penelitian sejauh mana motivasi & kompetensi siswa dalam memahami teori evolusi. Kompetensi di kemukakan oleh Charles & Jhonson cs (194:3) kompetensi merupakan perilaku yg rasional buat mencapai tujuan yg dipersyaratkan sesuai dgn kondisi yg diharapkan.
Sehingga kelompok kami melakukan penelitian bagaimana persepsi mereka (siswa) terhadap pengajaran tentang teori evolusi. Apa hasil yg diharapkan sesuai atau tidak, jika tidak kita dapat memperbaiki kinerja pembelajaran materi evolusi di kemudian hari.
1.2 Rumusan Masalah
A. Bagaimanakah persepsi siswa terhadap kompetensi guru ?
B. Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap materi evolusi ?
1.3 Tujuan Penelitian
A. Buat mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru
B. Buat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi evolusi
1.4 Manfaat Penelitian
A. Buat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran materi evolusi.
B. Buat mengetahui sejauh mana siswa mengerti tentang materi evolusi yg diajarkan oleh guru biologi
C. Buat menentukan metode & media pembelajaran yg tepat dalam penyampaian materi evolusi.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Evolusi adalah proses perubahan benda-benda mati & makhluk hidup yg berlangsung secara berangsur-angsur atau sedikit demi sedikit dalam kurun waktu yg cukup lama. Paham evolusu makhluk hidup sesungguhnya pernah tercetus sebelum Charles Darwin menerbitkan bukunya “On the origin of species by mean of natural selection, and the preservation of favoured races in the straggle for life” pada tahun 1859. bahkan sudah tercetus pada masa ± 400 tahun sebelum masehi. Kenyataan bahwa makhluk hidup beraneka ragam mengalami perubahan, sudah terjadi sejak lama namun perihal ini tidak melahirkan konsep evolusi seperti yg terjadi pada Charles Darwin.
Pemikiran tentang evolusi telah di mulai sejak Anaximander (610-564 SM) & pada abad selanjutnya konsep evolusi modern ini dikembangkan oleh beberapa tokoh seperti Jean Baptiste Lamarck (1744-1829) Charles Iyell (1971-1875) & Charles Robert Darwin (1809-1882) melalui bukunya philosophie zoologigue (1809), & lamarck mengenalkan hukum philosophie “use and disuse” yg menyatakan bahwa organ tubuh melalui hidup yg digunakan terus-menerus akan berkembang sedangkan organ yg tidak digunakan akan menyusut. (A. Syujur. 2005:104).
Salah satu dakwaan teori evolusi yg paling penting ialah asas perkembangan hidup yg bergantung kepada “perjuangan buat hidup.” Di alam semula jadi, menurut
Di dalam buku “Darwin, Marx, Wagner.” Pensyaran ilmu sejarah Jacques Barzum telah menafsirkan kesan-kesan keberadaan moral dunia modern kini dari segi sains kemasyarakatan & kebudayaan. Ulasan berikut di petik dari pada buku beliau yg mengimbas pengaruh Darwinisme kepada dunia.
BAB III
METODOLOGI
3.1 Waktu & Tempat
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 07 April 2007 di SMAN I TIRTAYASA.
3.2 Populasi & Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMAN TIRTYASA dgn sampel kelas XII IPA1 yg dipilih secara langsung oleh guru kurikulum SMAN I TIRTAYASA.
3.3 Metode Penelitian
Metode yg digunakan dalam penelitian adalah survei dgn penelitian yg menggunakan angket & wawancara. Pada angket ditujukan kepada siswa sedangkan buat wawancara ditujukan kepada guru Biologi yg mengajar di SMAN I TIRTAYASA.
BAB IV
HASIL & PEMBAHASAN
4.1 Wawancara
Berdasarkan hasil wawancara yg kami lakukan dgn guru Biologi kelas XII Bu Evi mulyati S.Pd SMAN I TIRTAYASA mengenai metode atau media yg digunakan buat pembelajaran evolusi di SMAN I TIRTAYASA, & tentang hambatan/kendala pada disaat mengajarkan materi evolusi. Menurut Bu Evi kendala yg terjadi pada disaat mengajar yaitu tidakadanya media buat diperlihatkan ke siswa tentang teori evolusi & kurangnya fasilitas di SMAN I TIRTAYASA, selain itu faktor waktu juga sangat berpengaruh, materi evolusi diajarkan pada kelas XII pada semester akhir sehingga waktu yg didapatkan buat penjelasan materi ini kurang, karena buat kelas XII difokuskan buat persiapan UAN, seperti PRA-UAN, ujian praktek & tryout. Sehingga materi evolusi lebih ditekankan pada pembahasan seleksi alam & pada genetika.
Metode pembelajaran yg digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi evolusi yaitu metode ceramah, diskusi & tanya jawab, beserta observasi ke geologi yg terdapat di
4.2 Kuesioner Motivasi siswa
A. Saya sangat senang terhadap mata pelajaran evolusi
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 30,00% |
2. | Setuju | 63,3% |
3. | Tidak setuju | 6,67% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
B. Disaat menjelaskan materi evolusi, guru selalu mengkaitkannya dgn kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 53,3% |
2. | Setuju | 36,7% |
3. | Tidak setuju | 10% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
C. Saya mengalami kesulitan pada disaat guru menjelaskan materi evolusi
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 3,33% |
2. | Setuju | 20% |
3. | Tidak setuju | 66,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 10 |
D. Pada disaat guru memberikan tugas tentang evolusi, selalu saya kerjakan dgn semangat karena saya sangat menyukainya
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 70,00% |
2. | Setuju | 10,00% |
3. | Tidak setuju | 20,00% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
E. Disaat guru menjelaskan materi evolusi saya selalu memperhatikan dgn serius
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 26,7% |
2. | Setuju | 70,00% |
3. | Tidak setuju | 3,33% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
F. Disaat disuruh guru menjelaskan kembali materi evolusi, saya mengalami kesulitan buat memaparkannya
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 13,3% |
2. | Setuju | 36,7% |
3. | Tidak setuju | 46,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,33% |
G. Pada disaat pembelajaran evolusi guru menggunakan metode diskusi sehingga saya bermotivasi belajar
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 33,3% |
2. | Setuju | 46,7% |
3. | Tidak setuju | 16,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,33 |
H. Saya yakin dgn usaha yg keras & belajar yg optimal, saya bisa mendapatkan nilai mata pelajaran evolusi yg bagus
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 60,0% |
2. | Setuju | 40,0% |
3. | Tidak setuju | - |
4. | Sangat tidak setuju | - |
I. Menurut saya pelajaran evolusi sangat susah buat dipahami & membosankan,karena terlalu banyak teori buat dipelajari
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 3,33% |
3. | Tidak setuju | 70,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 20,0% |
J. Saya belum memahami apa sebenarnya manfaat pelajaran evolusi dalam kehidupan sehari-hari
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 33,3% |
3. | Tidak setuju | 43,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7% |
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa presentasi yg didapat sesuai dgn skor. Skor yg diambil dgn cara pada setiap pernyataan tersebut positif nilai 4, pada kategori sangat setuju, 3 buat kategori setuju, 2 buat kategori tidak setuju & 1 buat kategori sangat tidak setuju. Sedangkan buat pernytaan negative angka tersebut dibalik. Dari data tersebut didapat kategori sebagai berikut :
30 x 4 = 120 x 10 = 1200
30 x 3 = 90 x 10 = 900
30 x 2 = 60 x 10 = 600
30 x 2 = 30 x 10 = 300 jadi
-0-300 : Kurang
-301-600 : Cukup
-601-900 : Baik
-901-1200 : Sangat baik
Skor skala sikap motivasi siswa adalah 884 dgn kategori baik.
4.3 Kuesioner Tentang materi Evolusi
A. Guru sangat interaktif dalam menyampaikan pelajaran evolusi sehingga siswa merasa semangat & antusius
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 36,7% |
2. | Setuju | 50,0% |
3. | Tidak setuju | 13,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
B. Setiap saya bertanya tentang materi evolusi, guru selalu menjawabnya dgn jelas sehingga saya bisa lebih memahami tentang materi yg disampaikan
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 43,3% |
2. | Setuju | 43,3% |
3. | Tidak setuju | 13,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
C. Jika ada teman yg mengobrol disaat proses pembelajaran berlangsung, guru menegurnya dgn kata-kata yg halus
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 43,3% |
2. | Setuju | 43,3% |
3. | Tidak setuju | 13,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
D. Guru tidak pernah memarahi saya walaupun saya tidak mengerjakan tugas evolusi, sehingga saya merasa malas buat mengerjakan tugas evolusi.
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 6,67% |
3. | Tidak setuju | 60,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 26,7 |
E. Menurut saya kemampuan guru tentang penguasaan materi evolusi sangat minim
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 10,0% |
3. | Tidak setuju | 50,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,3% |
F. Penjelasan guru tentang materi evolusi selalu berbelit-belit & bahasanya sulit dipahami
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 16,7% |
2. | Setuju | 10,0% |
3. | Tidak setuju | 50,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 23,3% |
G. Guru selalu menggunakan metode pembelajaran yg berbeda setiap minggunya, sehingga siswa tidak pernah merasa bosan & selalu bersemangat
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 23,3% |
2. | Setuju | 53,3% |
3. | Tidak setuju | 23,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
H. Guru lebih sering menjelaskan materi dgn ceramah, sehingga siswa merasa mengantuk & tidak bisa memahami apa yg disampaikan.
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 13,3% |
2. | Setuju | 26,7% |
3. | Tidak setuju | 46,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 13,3% |
I. Walau saya sudah berusaha mengerjakan tugas evolusi secara maksimal tapi guru tidak pernah memberikan penghargaan sehingga saya merasa usaha saya sia-sia.
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 10,0% |
2. | Setuju | 13,3% |
3. | Tidak setuju | 53,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 23,3% |
J. Setiap kegiatan belajar mengajar guru selalu duduk, sehingga suasana belajar membosankan
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 16,7% |
3. | Tidak setuju | 56,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 20,0% |
-0-300 : Kurang
-301-600 : Cukup
-601-900 : Baik
-901-1200 : Sangat baik
Dari data di atas didapatkan bahwa kompetensi guru di sekolah adalah 844 dgn kategori baik.
4.4 Kuesioner Tentang materi Evolusi
A. Menurut saya evolusi merupakan perubahan secara bertahap dalam waktu yg lama akibat seleksi alam dalam suatu individu spesies buat menghasilkan spesies baru
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 56,7% |
2. | Setuju | 33,3% |
3. | Tidak setuju | 3,33% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,33% |
B. Saya tidak sependapat dgn teori
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 26,7% |
2. | Setuju | 33,3% |
3. | Tidak setuju | 20,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7% |
C. Saya setuju dgn teori adaptasi oleh Lamarck, karena dia menyatakan bahwa organ yg sering digunakan akan berkembang dgn baik, sedangkan yg tidak digunakan akan mengalami atrofi atau penyusutan
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 30,0% |
2. | Setuju | 63,3% |
3. | Tidak setuju | 33,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7 |
D. Menurut saya teori evolusi itu bertentangan dgn ajaran agama
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 10,0% |
2. | Setuju | 40,0% |
3. | Tidak setuju | 33,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7 |
E. Menurut saya fosil itu merupakan bukti adanya kehidupan pada masa lampau
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 60,0% |
2. | Setuju | 40,0% |
3. | Tidak setuju | - |
4. | Sangat tidak setuju | - |
Dari data di atas didapatkan, skor dari skala sikap siswa tentang materi evolusi, skor yg didapat yaitu 488 dari 5 pertanyaan :
0-300 : Kurang
-301-600 : Cukup
-601-900 : Baik
-901-1200 : Sangat baik
sehingga disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi evolusi cukup baik.
we hope PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU & MATERI EVOLUSI DI SMA N I TIRTAYASA are solution for your problem.