ANALISIS ASPEK PSIKOLOGIS ANAK DALAM NOVEL A CHILD IT KARYA DAVE PELZER
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Anak adalah amanah & karunia Tuhan YME, yg dalam dirinya melekat harkat & martabat sebagai manusia seutuhnya. Oleh karena itu, anak juga memiliki hak asasi manusia yg diakui oleh masyarakat bangsa-bangsa di dunuia & merupakan landasan bagi kemerdekaan, keadilan & perdamaian diseluruh dunia. Diakui dalam masa pertumbuhan secara fisik & mental, anak membutuhkan perawatan, perlindungan yg khusus, beserta perlindungan hukum baik sebelum maupun sesudah lahir. Disamping itu, patut diakui bahwa keluarga merupakan lingkungan alami bagi pertumbuhan & kesejahteraan anak. & bahwa buat perkembangan kepribadian anak secara utuh & serasi membutuhkan lingkungan keluarga yg bahagia, penuh kasih sayg & pengertian. Negara Indonesia sebagai negara anggota PBB yg tidak menyatakan diri sebagai negara anggota PBB yg telah menyatakan diri sebagai negara pihak konvensi PBB tentang Hak Anak (convention on the rights of the chilid) sejak Agustus 1990, dgn demikian menyatakan keterkaitannya buat menghormati & menjamin hak anak tanpa diskriminasi dalam wilayah hukum Republik Indonesia. & diperkuat dgn dikeluarkannya Undang-undang No. 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak. Namun pada kenyataannya, masih banyak anak yg dilanggar haknya, & menjadi korban dari berbagai bentuk tindak kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah, diskriminasi bahkan tindakan yg tidak manusiawi terhadap anak, tanpa ia dapat melindungi dirinya, & tanpa perlindungan yg memadai dari keluarganya, masyarakat, & pemerintah.
Masalah kekerasan pada anak baik fisik maupun psikis yg terjadi di Indonesia memang sangat memprihatinkan. Dalam setiap kasus yg ada, mayoritas korbannya adalah anak-anak yg berusia di bawah 8 tahun. Perihal ini banyak mengundang simpati masyarakat Indonesia. Upaya perlindungan anak perlu dilaksanakan sedini mungkin, yakni sejak dari janin dalam kandungan sampai anak berumur 18 (delapan belas) tahun. Bertitik tolak dari konsepsi perlindungan anak yg utuh, menyeluruh, & komperhensif. Undang-undang ini melibatkan kewajiban memberikan perlindungan kepada anak berdasarkan asas-asas sebagai berikut :
Nondiskriminasi;
Kepentingan yg terbaik bagi anak;
Hak buat hidup, kelangsungan hidup, & perkembangan; dan
Penghargaan terhadap pendapat anak.
Dalam melakukan pembinaan, pengembangan & perlindungan anak, perlu peran masyarakat, baik melalui lembaga perlindungan anak, lembaga keagamaan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi sosial, dunia usaha, media massa, atau lembaga pendidikan.
Identifikasi Masalah
Kekerasan fisik baik psikis pada anak & kerawanan-kerawanan beserta pelanggaran hak anak sudah saatnya menuntut perhatian semua pihak secara sungguh-sungguh, karena selain mengancam kelangsungan hidup, juga mengancam ketahanan sosial yg pada gilirannya berkembang menjadi ketahanan nasional sebagai suatu bangsa.
Masalah yg dapat diidentifikasi penulis sebagai berikut :
Mengapa kekerasan baik secara fisik maupun psikis pada anak diseluruh dunia semakin meningkat?
Faktor apa saja yg menyebabkan terjadinya kekerasan baik secara fisik maupun psikis pada anak?
Apakah dgn mengalami kekerasan fisik & psikis pada anak dapat menimbulkan trauma yg berkepanjangan?
Dampak apa sajakah yg dapat terjadi pada anak, yg mengalami kekerasan baik secara fisik maupun psikis?
Langkah apa sajakah yg sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia khususnya, buat menghentikan kekerasan baik fisik maupun psikis pada anak?
Fokus
Buat meneliti seluruh identifikasi masalah di atas memerlukan suatu usaha dari peneliti, jika peneliti memiliki keterbatasan-keterbatasan kemampuan maka penelitian hanya akan dibatasi pada :
Dampak apa sajakah yg dapat terjadi pada anak, yg mengalami kekerasan baik secara fisik maupun psikis?
langkah apa saja yg sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia khususnya, buat menghentikan kekerasan baik fisik maupun psikis pada anak?
Subfokus
Berdasarkan identifikasi masalah, batasan masalah yg telah ditulis di atas, maka penulis merumuskan masalahnya yaitu “Suatu Analisis Novel Dave Pelzer Psikologis Perkembangan Anak yg mengalami Kekerasan Baik Secara Fisik maupun Psikis”.
Tujuan Penelitian
Tujuan yg hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :
Buat memeroleh bahan-bahan & data yg berguna dalam penyusunan skripsi ini sebagai salah satu syarat buat memenuhi kewajiban dalam menyelesaikan studi di Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Jurusan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan dapat menghasilkan hal-perihal yg bermanfaat, yaitu :
Buat memeroleh pengetahuan yg mendalam mengenai tindak kekerasan baik fisik maupun psikis pada anak
Buat mengetahui dampak apa saja yg terjadi pada anak, yg mengalami kekerasan baik fisik maupun psikis.
Tinjaun Teori
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua (1995 : 792) pengertian psikologis adalah berkenaan dgn psikologi & bersifat kejiwaan. Jadi, psikologis anak adalah ilmu yg berkaitan dgn proses-proses mental baik normal maupun abnormal & pengaruhnya pada perilaku anak atau ilmu pengetahuan tentang gejala & kegiatan-kegiatan jiwa pada anak.
Di indonesia kekerasan pada fisik maupun psikis yg terjadi pada anak semakin meningkat. Mencermati permasalahan anak yg membutuhkan perhatian yg serius dari semua pihak baik keluarga, atau prakarsa departemen sosial RI, Tokoh masyarakat, perguruan tinggi, organisasi non-pemerintah & pemerintah, media massa & kalangan profesi beserta dukungan UNICEF pada tanggal 26 Oktober 1998 dibentuklah Komisi Nasional Perlindungan Anak. Bersamaan dibentuknya Komnas Perlindungan Anak, Forum Nasional memberikan mandat kepada Komnas perlindungan Anak buat melakukan serangkaian kegiatan/program perlindungan anak termasuk memperkuat mekanisme nasional buat mewujudkan situasi dari kondisi yg kondusif bagi perlindungan anak demi masa depan yg lebih baik. Program yg dimandatkan forum nasional tersebut adalah program pemantapan lembaga perlindungan anak, program pendidikan & pelatihan, bantuan hukum & konseling beserta program penguatan kelembagaan/program kerja tehnis.
Diberlakukanya UU No. 32/2002 tentang perlindungan anak seolah menjadi anti klimaks dari banyak aktivis perlindungan anak. Padaperihal UU ini saja tidak cukup buat menurunkan tingkat kejadian kekerasan pada anak. UU ini juga belum dapat diharapkan buat mempunyai efek deteran karena belum banyak dikenal oleh aparat maupun masyarakat. Oleh karena itu, kekerasan terhadap anak akan tetap berlanjut & jumlah kejadiannya tidak akan menurun karena sikon hidup disaat ini sangat sulit & kesulitan ekonomi akan memicu berbagai ketegangan dalam rumah tangga yg akan merugikan pihak-pihak yg paling lemah dalam keluarga itu. Anak adalah pihak yg paling lemah dibanding anggota keluarga yg lain.
Metode & Teknik Penelitian
Buat dapat mengetahui & membahas suatu permasalahan maka diperlukan adanya pendekatan dgn mempergunakan metode-metode tertentu yg bersifat ilmiah. Metode penelitian yg digunakan penulisan dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
Spesifikasi Penelitian
Spesifikasi penelitian ini dilakukan secra deskriptip analitis berupa penggambaran, penelaahan & penganalisaan, metode ini memiliki tujuan buat memberikan gambaran yg sistematis, faktual beserta akurat dari objek penelitian itu sendiri.
Jenis Data & Variabel
Jenis data yg dikumpulkan berupa data yg bersifat kualitatif yg terdiri dari data sekunder. Data sekunder diambil dari membaca buku & literatur lainnya yg terdiri atas :
Novel A Child called It, Karya Dave Pelzer.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang perlindungan anak yg dilengkapi dgn Kepres nomor 77 tahun 2003 tentang komisi nasional perlindungan anak.
Manhak pendidikan anak muslim.
Data dari internet.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik observasi, yaitu dgn melakukan pengamatan langsung terhadap anak yg mengalami kekerasan baik fisik maupun psikis.
Teknik kepustakaan, yaitu dgn membaca buku yg berkaitan & berhubungan dgn psikologis anak.
Data & Sumber Data
Sesuai dgn masalah yg diselidiki dalam penelitian ini, maka yg menjadi sumber data adalah novel A Child Challed it yg penulis tetapkan sebagai data, & sumber data dari penelitian ini adalah psikologis perkembangan anak yg mengalami kekerasan baik fisik maupun psikis.
Daftar Pustaka
Kridalaksana, Harimurti. 1995. Kamus Besar bahasa Indonesia, Edisi Kedua.
Cetakan Ketujuh. Jakarta : Perum Babai Pustaka.
Musthafa, Asy, Syaikhfuhaim. 2004. Manhaj Pendidikan Anak Muslim.
Cetakan Pertama. Jakarta : Mustaqim
Pelzer, Dave .2001. A Child Cailed It. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
we hope ANALISIS ASPEK PSIKOLOGIS ANAK DALAM NOVEL A CHILD IT KARYA DAVE PELZER are solution for your problem.