Seborrhea

A. Definisi
; suatu peradangan pada kulit bagian atas, menyebabkan timbulnya sisik pada kulit kepala, wajah & kadang pada bagian tubuh lainnya. Biasanya, proses pergantian sel-sel pada kulit kepala terjadi secara perlahan-lahan & tidak terlihat oleh mata. Proses pergantian tersebut terjadi setiap bulan. Bila proses seperti ini menjadi lebih cepat, maka akan timbul gangguan pada kulit kepala kita sebut ketombe. Gangguan lebih parah yaseperti itu dermatitis seboroik, berupa serpihan berwarna kuning berminyak melekat pada kulit kepala.

Pada Bayi

Dermatitis seborrheic, umumnya hanya terjadi pada bayi karena hal seperti ini terkait dgn hormon androgen milik ibunya masih tersisa di dalam tubuhnya. "Itulah kenapa, lewat dari masa bayi, masalah seperti ini akan menghilang seiring dgn berkurangnya kadar hormon androgen."

Namun, tidak semua bayi akan mengalami dermatitis seborrheic. Jadi hanya bayi tertentu saja, terutama mengalami atopik, yakni kecenderungan buat bereaksi menyimpang terhadap bahan-bahan bersifat umum. Bila reaksi menyimpang seperti itu terjadi di kulit kepala, maka akan timbul dermatitis seborrheic bahkan eksim. Bila dermatitis seborrheic seperti ini tidak ditangani secara tepat, mungkin saja akan berlanjut menjadi infeksi. Biasanya disertai proses inflamasi atau peradangan di dalam kulitnya. Ditandai dgn sisik berada di atas kulit kemerahan.

Anak atopik umumnya lahir dari orang tua berbakat atopik. "Bila orang tua menderita alergi terhadap benda-benda tertentu, hal seperti ini kemungkinan menurun pada anaknya,. Biasanya, anak atopik akan mengalami eksim & mengalami kelainan di lipat-lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, lipatan leher, lipatan hidung, maupun di bagian tubuh lain memiliki rambut, seperti alis & di sekitar kemaluan pada anak sudah puber. Hal seperti ini terjadi karena kelenjar minyak selalu berada dalam satu unit dgn folikel rambut. Oleh karena paling banyak memiliki kelenjar minyak ; kepala, maka gangguan pun sering terjadi di sseperti itu seperti dermatitis seborrheic & ketombean.

Kelainan Kulit Kepala
Seperti diungkapkan tadi, selepas dari masa bayi, maka dermatitis seborrheic segera menghilang karena hormon androgen berasal dari ibu sudah habis. Namun bila lewat usia seperti ini masih juga muncul, berarti telah terjadi sesuatu tidak normal. Mungkin saja, sisik-sisik halus seperti itu muncul karena adanya kelainan pada kulit kepala anak balita. "Nah, pada usia balita penyebabnya belum bisa dipastikan. Salah satu dugaan kuat ; tumbuhnya jamur, sehingga memicu peningkatan produksi kelenjar minyak lumayan pesat."
Normalnya, kata Ari, setiap sebulan sel-sel kulit kepala sudah tua digantikan oleh sel-sel muda, sehingga jumlah serpihan kulit kepala lepas pun tidak banyak. Namun, sel kulit telah terkena jamur akan lebih cepat lepas. Bisa setiap lima hari sekali. Peningkatan produksi kelenjar kulit kepala umumnya disertai dgn rasa gatal, kerontokan rambut, rambut berbau tak enak, lebih berminyak, & sukar diatur.

Jadi, pada anak "ketombeannya" sedikit berbeda dari ketombe orang dewasa. Ketombe pada orang dewasa ; kelainan-kelainan terjadi pada area berambut, terkait dgn aktivitas kelenjar kulit. Umumnya bila kelenjar kulit kepala berproduksi secara berlebihan, bisa saja terjadi tanpa adanya campur tangan jamur atau lainnya, akan timbul sisik-sisik.

Menurut Boni E. Elewski, MD, seorang profesor dermatologi di Universitas Alabama Birmingham (UAB), Amerika Serikat, berdasarkan hasil penelitiannya, ada sejenis jamur kerap menyerang kepala anak-anak, yaseperti itu jamur T. Tonsurans. Jamur seperti ini bisa mengakibatkan infeksi tinea capitis atau ringworm. Hal seperti ini dipicu akibat adanya infeksi jamur pada kulit, awalnya menimbulkan rasa gatal.

Anak-anak tinggal di kota besar, diamati Elewski, lebih rentan menderita infeksi seperti ini karena kondisi lingkungannya lebih kurang bersih. Apalagi cara penularannya sangat mudah, bisa dari binatang peliharaan terinfeksi, sisir rambut, topi, sikat, serta media di kepala lainnya.
Bila anak terkena ringworm, gejala timbul umumnya ruam, bercak merah berbentuk cincin atau uang logam di sekitar perut, leher, paha, & punggung pinggirannya terasa kasar serta halus di bagian tengahnya. Nah, bila ringworm telah mengenai kulit kepala, maka akan muncul sisik mirip dgn ketombe. Bila di kepala anak timbul sisik, mungkin sisik dialaminya adalah infeksi akibat jamur ini.

Namun, lanjut Elewski, buat mendeteksi apakah anak mengalami ketombe atau terkena infeksi jamur ringworm, bukanlah hal mudah, karena secara kasat mata gejalanya sangat mirip. Namun terkadang, infeksi ringworm memperlihatkan tkita dimana kulit kepala akan mengeras karena sisik berlapis-lapis atau menyebabkan rambut rontok.

Meskipun infeksi jamur ringworm tidak berbahaya, tetapi bila dibiarkan akan berdampak buruk pada kondisi rambut anak. Soalnya, pada kondisi sudah parah, kerontokan rambut akan semakin hebat & menyebabkan terjadinya kebotakan secara permanen. Juga anak merasa tidak enak badan.

Buat menghindari penularan, maka lingkungan di sekitar rumah harus mulai waspada terhadap anak terinfeksi ringworm. Ia harus menggunakan peralatan-peralatan rambut seperti sisir, topi, bandana, bando, pita, atau ikat rambut tersendiri. Agar lebih terjaga, cucilah semua peralatan tersebut bila ingin dipakai adik atau kakaknya.

B. Penyebab
Penyebabnya tidak diketahui. Dermatitis seboreik sering ditemukan sebagai penyakit keturunan dalam suatu keluarga. Salah satu penyebab ketombe ; Pitysporum ovale ( P. Ovale ). Walaupun namanya mungkin sedikit menakutkan , tetapi P. Ovale ; jamur secara alami terdapat pada kulit kepala & bagian kulit lain.

Dalam jumlah sedikit, jamur seperti ini tidak menyebabkan kerugian berarti. Namun, dgn adanya perubahan cuaca, hormon, & stress, kulit kepala kita akan menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jamur P. Ovale berkembang biak. Dgn berkembangbiaknya jamur tersebut, akan menyebabkan gatal pada kulit kepala & mempercepat kerontokan sel kulit lama. Hasilnya : timbul Ketombe.

Kondisi ketombe parah atau dermatitis seboroik (seborrhea), seringkali ditemukan di kulit kepala. Namun dapat juga ditemukan di alis mata, pipi, di belakang telinga atau bagian dada. Seborrhea berupa sisik berwarna kuning berminyak melekat pada kulit kepala
Faktor resiko terjadinya dermatitis seboreik:
  • Stres
  • Kelelahan
  • Cuaca dingin
  • Kulit berminyak
  • Jarang mencuci rambut
  • Pemakaian losyen mengandung alkohol
  • Penyakit kulit (misalnya jerawat)
  • Obesitas (kegemukan).
Proses pergantian kulit mati, kemudian diganti dgn sel-sel kulit dibawahnya disebut keratinisasi. Ada beberapa hal membuat periode keratinisasi seperti ini tidak normal, diantaranya:
  • Keaktifan kelenjar minyak kulit meningkat. Ketombe terjadi pada kulit kepala produksi minyaknya berlebihan.
  • Mikroorganisme,Adanya peningkatan jumlah fungus bernama Pityrosporum Ovale. Fungus seperti ini bertanggung-jawab pada proses pemecahan lemak kulit, menyebabkan iritasi kulit kepala.
  • Makanan berlemak,
  • Mengakibatkan produksi minyak dari kelenjar minyak bertambah. Asupan lain juga punya andil besar merangsang kelenjar minyak membentuk minyak kulit ; sambal, alkohol, kopi, serta rokok.
  • Zat atau bahan menempel pada kulit kepala seperti obat-obatan tertentu, sabun, shampoo, minyak rambut. Zat-zat seperti ini secara langsung merangsang kulit kepala, atau menjadi media baik bagi pertumbuhan mikroorganisme.
  • Hormon tertentu. Hormon dapat memacu keaktifan kelenjar minyak misalnya hormon Androgen.
  • Hal lain seperti stress, genetika, cuaca.
Seborrhea seperti ini bukan cuma terdapat pada kulit kepala saja? Inilah kemudian menjadi Seborrheic Dermatitis, atau keadaan kulit berwarna merah, bersisik, & sangat gatal. Bisa terjadi di kulit kepala, samping kiri & kanan hidung, alis, bulu mata, kulit di belakang kuping, dada bagian tengah, pusar, ketiak, lipatan buah dada, selangkangan, atau bokong,? kupas Desi.

Setiap orang pastilah mengalami Seborrheic Dermatitis. Pada bayi disebut dgn nama Cradle Cap. Tanpa diobati serius, Cradle Cap seperti ini akan hilang saat usia bayi berkisar antara delapan hingga 12 bulan. Cradle Cap pada bayi adalah warisan hormon berlebih diberikan si ibu, sebelum bayi tersebut lahir.

Bentuk Ringan dari Seborrhea Dermatitis
Seborrhea Dermatitis akan datang & pergi sepanjang umur manusia. Paling banyak dialami pada mereka jenis & kulit rambutnya berminyak. dandruff/ketombe ; bentuk lebih ringan dari Seborrhea Dermatitis. Cirinya bersisik, tidak merah, namun sangat gatal.

Pada fase selanjutnya, ketombe dapat menimbulkan kebotakan, Kelenjar kulit minyak berada di akar rambut, akar rambut seperti ini digigit terus oleh kutu atau demodex,? paparnya. Kutu inilah membuat akar rambut tidak kuat. Belum lagi ditambah perilaku menggaruk akibat rasa gatal luar biasa.

Pencegahan ketombe, harus disesuaikan dgn kemungkinan penyebabnya. Misalnya dgn diet makanan rendah lemak & karbohidrat, menghindari rokok, alkohol, sambal, menjaga kebersihan & kesehatan kulit kepala, menjauhi pemakaian obat atau kosmetika tertentu (minyak rambut, shampoo, sabun), menghindari stress, hidup teratur, santai & tenang.

Sementara pengobatannya sendiri, dilakukan dgn melihat penyebab & keadaan penyakitnya. Pada dasarnya, obat ketombe terbagi dua jenis. Pertama, obat topikal atau obat ditempelkan, kedua, obat sistemik atau obat diminum,? ujar Desi. Obat ditempelkan antara lain obat penghilang rasa sakit, penghilang rasa gatal & radang, antibiotik, serta obat penenang.
Bisa juga diberikan obat hormonal seperti estrogen & siproteron, bagi mereka tidak sembuh terhadap pengobatan. Serta tambahan vitamin B Riboplavin, Piridoksin & sebagainya. Shampoo dapat menjadi alat pengobatan tetapi juga penyebab timbulnya ketombe. Shampoo biasa umumnya terdiri atas 50 persen hingga 70 persen air, tujuh persen hingga 15 persen surfaktan/deterjen, dua persen hingga lima persen conditioner, & tiga persen hingga lima persen pembentuk busa.

Tapi buat obat anti ketombe, tukas Desi, harus ditambah zat lain seperti Selenium Sulfida, Sengpirition, Ter, & Ketokonazol. Desi tidak mengesampingkan adanya obat tradisional, seperti membilas kulit kepala dgn air teh. ?Sebab teh mengandung dasinfektan,? cetusnya. Tapi terapi seperti ini harus dilakukan dalam jangka waktu lama, & terus menerus setiap hari.

C. Gejala
Dermatitis seboreik biasanya timbul secara bertahap, menyebabkan sisik kering atau berminyak di kulit kepala (ketombe), kadang disertai gatal-gatal tetapi tanpa kerontokan rambut. Pada kasus lebih berat, timbul beruntusan/jerawat bersisik kekuningan sampai kemerahan di sepanjang garis rambut, di belakang telinga, di dalam saluran telinga, alis mata & dada.

Pada bayi baru lahir berumur kurang dari 1 bulan, dermatitis seboroik menyebabkan ruam tebal berkeropeng berwarna kuning di kulit kepala (cradle cap) & kadang tampak sebagai sisik berwarna kuning di belakang telinga atau beruntusan merah di wajah. Ruam di kulit kepala seperti ini sering disertai dgn ruam popok. Pada anak-anak, dermatitis seboreik menyebabkan timbulnya ruam tebal di kulit kepala sukar disembuhkan.

Serpihan/Sisik
Adalah tkita paling mudah dilihat & paling memalukan. Sisik tersebut ; tkita bahwa kulit di kepala kita rontok & waktu pergantian sel-sel pada kulit kepala menjadi lebih cepat. Serpihan-serpihan/sisik berwarna putih dgn berbagai ukuran & bentuk terdapat di kulit kepala, rambut, dapat juga melekat pada baju berwarna hitam favorit anda. Pergantian sel kulit kepala biasanya tidak terdeteksi oleh mata. Namun dgn dipercepatnye proses pergantian ini, menyebabkan timbul KETOMBE. Jadi, setiap butir serpihan/sisik kita lihat sebetulnya ; kumpulan dari sejumlah sel sel kulit kepala mati dalam jumlah besar, sehingga mudah menjadi perhatian.

Gatal
Satu tkita lagi bahwa kita ber-KETOMBE ; gatal pada kulit kepala. Gatal tersebut terjadi karena timbul peradangan pada kulit kepala disebabkan oleh jamur P.Ovale. Jamur inilah menyebabkan timbulnya ketombe & gatal pada kulit kepala.

Kemerahan
Tkita ketiga dari ketombe dikenal dgn seborrhea. Dalam kondisi ini, terlihat kemerahan di sekitar kulit kepala. Dapat juga terlihat di sekitar alis mata, pipi, belakang telinga atau bagian dada.

D. Diagnosa
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.

E. Pengobatan
Pengobatan dermatitis seboreik tergantung kepada usia penderita:
1. Anak-anak.
Buat ruam bersisik tebal di kulit kepala, bisa dioleskan minyak mineral mengandung asam salisilat secara perlahan dgn menggunakan sikat gigi lembut pada malam hari. Selama sisik masih ada, kulit kepala juga dicuci dgn sampo setiap hari; setelah sisiknya menghilang cukup dicuci 2 kali/minggu.

2. Bayi.
Kulit kepala dicuci dgn sampo bayi lembut & diolesi dgn krim hydrocortisone. Selama ada sisik, kulit kepala dicuci setiap hari dgn sampo lembut; setelah sisik menghilang cukup dicuci 2 kali/minggu. Kseperti ini banyak sediaan krim, lotion, & shampoo di pasaran buat membasmi ketombe. Produk-produk digunakan buat mengatasi ketombe biasanya mengandung asam salisilat, coal tar, zinc pyrithione, selenium sulfida & belerang. Walaupun sebagian digolongkan sebagai obat dijual bebas & sebagian digolongkan sebagai kosmetik, produk-produk tersebut hanya dapat mengatasi gejala-gejala dari ketombe, tetapi tidak mengatasi penyebab ketombe.
Satu mengklaim dapat membasmi jamur penyebab ketombe:
Fungasol® - ss. Fungasol® - SS mengandung Ketoconazole, adalah bahan aktif paling banyak diresepkan oleh dokter dokter di dunia buat mengatasi ketombe, & sekarang telah di jual bebas tanpa resep di apotik-apotik & toko-toko obat.
Fungasol-Solusi Tepat Atasi Ketombe
- Mengandung ketoconazole 1%
- Bahan aktif teruji secara klinis.
- Ampuh membasmi ketombe.
- Membunuh jamur P.Ovale penyebab ketombe.

F. Kiat Mengatasi
Bila dermatitis seborrheic maupun infeksi ringworm sudah dalam kondisi parah, segeralah minta bantuan ahli buat mengatasinya. Pengobatan-pengobatan dilakukan oleh dokter kulit misalnya, sangat diperlukan buat penanganan efektif. Namun, meskipun pertolongan ahli sangat diperlukan, ada beberapa langkah bisa kita lakukan sendiri buat penyembuhan lebih maksimal:
Umumnya anak berbakat atopik di kepala akan mengalami "ketombean" lebih parah kalau cuaca sedang panas. Soalnya di saat seperti seperti ini aktivitas kelenjar androgennya akan meningkat. Usahakan meminimalisir suasana tidak nyaman tersebut, misalnya dgn memakai payung bila keluar rumah, menghindari ruangan pengap, menghindari baju tebal, & sebagainya. Sangat baik bila kita bisa menyediakan ruangan ber-AC buat anak.
Sebaiknya, jangan mengangkat sisik di kepala anak sebelum ada perintah dokter. Dikhawatirkan akan terjadi infeksi. Mungkin saja alat digunakan tidak steril. Bila infeksi terjadi, maka bisa lebih berbahaya. Dokter akan memberikan obat bila sisik di kepala anak terlihat banyak & harus diangkat. Selain itu, terutama pada bayi, obat tersebut biasanya dicampur dgn minyak agar mudah mengenai kulit kepala.
  1. Penggunaan sampo bisa saja dilakukan karena sampo adalah produk dibuat khusus buat membersihkan kulit kepala dari kotoran. Namun hati-hati, gunakan sampo betul-betul diperuntukkan bagi anak, bukan buat orang dewasa. Sampo buat orang dewasa umumnya mengandung bahan sulfaktan, bahan pewangi, pengawet, & sebagainya bisa mengiritasi kulit & mata. Sedangkan sampo bayi sengaja tidak mendapat tambahan bahan-bahan bakal membahayakannya. Sampo tersebut harus lembut karena fungsi kelenjar kulit pada bayi & anak belum bekerja secara sempurna.
  2. Penggunaan sampo buat membersihkan kulit kepala memang sangat efektif. Namun tidak semua bayi & anak betul-betul membutuhkannya. Bila tanpa sampo tak ada kelainan muncul, lebih baik gunakan air bersih saja ketika menyuci kepalanya. Frekuensi dianjurkan buat pemakaian sampo ; seminggu dua kali atau tiga kali. Namun, umumnya sampo bayi sangat lembut, sehingga tidak masalah bila dipakai setiap hari.
  3. Banyak anak aktif di luar rumah sehingga banyak mengeluarkan keringat & membuat kepalanya bau. Bila ingin menggunakan sampo setiap hari, pilih sampo jenis mild.
  4. Buat ketombe disebabkan jamur, kita bisa menanganinya dgn mengontrol populasi jamur. Kita bisa mencuci rambut anak setiap hari & pijatlah kulit kepala dgn sampo secara perlahan karena akan menghilangkan jamur lewat serpihan kulit lepas.
  5. Pada kasus karena infeksi ringworm, pengobatan tidak selalu harus dilakukan oleh dokter. Kita bisa menggunakan obat antijamur bisa didapat di apotek. Carilah produk-produk mengandung 2% clotrimezol. Pada beberapa anak sensitif dgn produk krim, oleskan sedikit saja. Namun bila terjadi ruam, cobalah konsultasikan pada dokter buat mendapatkan alternatif pengobatan lain.
  6. Biasakan buat selalu mencuci tangan sesudah menyentuh kulit kepala anak terkena infeksi. Hal seperti ini dilakukan buat menghindari penularan lebih lanjut.


we hope Seborrhea are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids air tanah anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain di jual diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sertifikat tanah sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet