How To: GANTI CAMSHAFT DI MESIN SERI “K” TOYOTA
Aliran retro memang suatu tren dalam dunia otomotif selalu memiliki penggemar. Sepertinya tak ada penggemar otomotif menyangsikan bahwa Toyota Corolla DX, Mitsubishi Lancer SL, hingga Datsun SSS masih memiliki “daya bunuh” kuat. Model tak lekang oleh zaman, mesin bandel, & performa dapat diandalkan, merupakan segelintir dr banyak alasan dilontarkan oleh para penggemar aliran retro. Tak heran kalau retro saat seperti ini bahkan menjadi satu kelas dilombakan secara teratur di sirkuit Sentul
...
Namun, namanya model old-school, pasti ada saja tak puas pd performa standarnya. Salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin standar adalah dgn mengganti camshaft OEM dgn camshaft durasi tinggi. Sebuah camshaft pd mesin mobil memiliki peran sebagai pembuka-tutup klep, baik klep in maupun klep ex. Dgn mengganti camshaft OEM dgn camshaft durasi tinggi, “Bahan bakar terhisap ke dalam ruang bakar akan semakin banyak sehingga membuat ledakan di ruang bakar lebih besar, hal seperti ini otomatis membuat performa mesin meningkat & membuat nafas mesin menjadi lebih panjang”, terang Yudi, punggawa bengkel More Sport Tuning.
Toyota Corolla DX menjadi salah satu “jagoan” di kelas mobil-mobil retro menggendong mesin seri “K”, tepatnya 4K dgn kapasitas 1300 CC. “Mesinnya bandel sih, tapi gw ngerasa kurang aja tenaganya, makanya gw ganti kem standarnya pake punya TRD”, adalah alasan Creon, pemakai Toyota Corolla DX rakitan 1983, dalam mengganti camshaft standar mobilnya. Berikut akan coba dijabarkan langkah-langkah dalam mengganti camshaft di mesin seri “K”. Sekedar info, blok mesin pd mesin seri “K” Toyota tak berbeda dr seri awalnya hingga seri akhir (7K), sehingga langkah-langkah dilakukan relative sama. Juga disarankan untuk menukar camshaft dalam keadaan mesin diturunkan dr ruang mesin, hal seperti ini untuk mempermudah pengerjaan karena bila mesin tak diturunkan, ruang tersedia akan terlalu sempit.
Untuk merakit kembali, tinggal ulangi langkah-langkah tadi secara terbalik. Ganti sekalian paking-paking sudah dicopot. Perlu dicatat, tiap camshaft berbeda karakter dalam menentukan timingnya, jadi bila kita tak yakin, ajak teman kita mengerti.
1. Lepas distributor
2. Buka baut-baut cover klep & lepas cover klepnya
3. Buka baut-baut rocker arm & lepas rocker arm dr dudukannya
4. Cabut push rod
5. Buka baut-baut cylinder head (bersilangan) & angkat cylinder head
6. Cabut tapet dr tempatnya
7. Buka baut pembuangan oli mesin & tap olinya
8. Kendorkan puli kruk as & lepas v-belt
9. Lepas alternator
10. Lepas puli kruk as
11. Lepas membran
12. Lepas dudukan kompresor AC
13. Lepas braket penghubung mesin ke girboks, kiri-kanan
14. Lepas water pump
15. Lepas baut-baut karter (bak) oli (bersilangan)
16. Lepas cover timing chain
17. Buka baut gir timing chain & adjusternya
18. Buka pelat penahan camshaft
19. Tarik camshaft secara perlahan
Terima kasih: bengkel More Sport Tuning (021-70662983)
Artikel seperti ini dipublikasikan tanggal 15 Juli 2011
we hope How To: GANTI CAMSHAFT DI MESIN SERI “K” TOYOTA are solution for your problem.