Komputer????
Bila Kita merasa gaptek soal komputer, jangan kuatir. Bukan Kita saja yang
merasa demikian. Jim Cartlon, seorang jurnalis Wall Street Journal,
baru-baru seperti ini mengumpulkan keluhan dr para konsumen komputer Amerika. Dan
ternyata keluhan mereka jauh paling "idiot" daripd kita kira. Berikut
petikan keluhan2 konsumen super konyol & "super moron" seperti itu :
1. Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah "Press ANY Key"
menjadi "Press ENTER Key" dikarenakan banyaknya telefon menanyakan
letak tombol "ANY" di keyboard.
2. AST Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan
menggunakan mouse. Disaat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse
tersebut tak bisa digunakan... karena masih terbungkus rapi di dalam
plastiknya. Penggunanya (seorang wanita) punya phobia (ketakutan) pd mouse
(tikus) sehingga tak berani mengeluarkannya dr dlm plastik.
3. Di tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq
pernah menerima keluhan seorang konsumen disketnya tak terbaca oleh
drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen seperti itu sebelumnya
memasukkan disket ke dlm mesin tik & mengetikkan label tertempel di
disket itu.
4. Sebuah keluhan lain dr konsumen AST mengatakan disket mereka
terkena virus sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu
mengirimkan kopi disket terinfeksi seperti itu untuk dipelajari. Beberapa hari
kemudian, petugas AST menerima foto kopi disket dr konsumen tersebut.
5. Seorang konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tak dapat mengirimkan fax
via komputer. Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL
menemukan kalau konsumen seperti itu mencoba mengefax via komputer dgn cara
menempelkan kertas akan di fax di depan monitor.
6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard digunakannya
sudah tak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya
membersihkan keyboard, dia menjelaskan, "Aku mencuci & menggosok semua
bagian keyboard dgn sabun, lalu membilasnya dgn air, & menjemurnya.
"
7. Seorang konsumen DELL marah besar karena tak bisa menyalakan komputer
baru dibelinya. "Semua sudah terpasang dgn baik. Tetapi setiap kali
aku tekan pedal kaki , tak terjadi apa-apa." Setelah diselidiki ternyata
"pedal kaki" dimaksud orang seperti itu adalah : mouse.
8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak
nyala. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dgn benar, & ketika dia
menunggu selama 20 menit, tak terjadi apa-apa pd komputernya. Ketika
teknisi DELL menanyakan apa "power switch" sudah dinyalakan, dia balik
bertanya, "Power switch apa?"
9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dgn seorang
konsumen :
Penelepon : Hallo, dgn Tech Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon : Tatakan gelas di PC aku patah. Apa mungkin aku bisa
menggantinya?
Novell : Tatakan gelas ? Apa seperti itu hadiah disaat Kita membeli
komputer?
Penelepon : Tidak. Tatakan gelas seperti ini sudah ada di komputer saya. & ketika
aku meletakkan gelas aku di atasnya, tatakan seperti itu patah. aku ketahui,
di bagian depan tatakan seperti itu ada tulisan "CD-ROM, 16X".
(Disaat seperti itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon & tertawa
terpingkal-pingkal. ..)
we hope Komputer???? are solution for your problem.