Mitos & Fakta Kolesterol


Apa mengonsumsi makanan mengandung kolesterol tak baik bagi tubuh? Apa kita tak boleh mengonsumsi makanan berkolesterol? Kolesterol sesungguhnya dibutuhkan tubuh, tetetapi peningkatan kadarnya, terutama jenis buruk, yaseperti itu low density lipoprotein (LDL), cukup berpengaruh pd terjadinya PJK.

Kolesterol berperan penting dlm pembentukan membran sel, beberapa hormon, & vitamin D. Organ hati membuatnya & menghubungkannya ke pembawa protein disebut lipoprotein, membuatnya larut dlm darah & ditransportasikan ke seluruh bagian tubuh.
Agar tak terjebak dgn pengertian keliru tentang kolesterol, simak mitos & fakta kolesterol di bawah ini.

Kolesterol seperti itu jahat
Mitos. Faktanya, kolesterol penting bagi fungsi tubuh. Dr. John Gullota, ketua dr AMA Therapeutics Committee, seperti dikutip Good Health & Medicine, menyatakan sekitar 75 persen dr kolesterol dihasilkan oleh tubuh & 25 persen diperoleh dr makanan.

Sebagian besar kolesterol dibuat oleh hati & penting untuk banyak proses, termasuk produksi hormon seks & vitamin D, serta untuk fungsi otak & saraf. Kolesterol bergabung dgn protein membentuk lipoprotein membantu perjalanan di aliran darah.

Ditambahkan oleh Prof. DR. Made Astawan, MS, ahli teknologi pangan & gizi dr IPB, meskipun dianggap berbahaya, kolesterol tetap dibutuhkan tubuh. Manusia rata-rata membutuhkan 1.100 miligram kolesterol per hari untuk memelihara dinding sel & fungsi fisiologis lain. Dr jumlah tersebut 25-40 persen atau sekitar 200-300 mg secara normal berasal dr makanan, selebihnya disintesis oleh tubuh.

Semua level kolesterol tinggi membuat Kita berisiko terhadap penyakit.
Mitos. Tubuh memerlukan kolesterol untuk membuat membran sel & hormon. Ada dua macam kolesterol mesti diamati, kolesterol baik yaseperti itu HDL, & kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol jahatlah membentuk plak di dlm pembuluh arteri & menimbulkan penyakit jantung. Sebaliknya, kolesterol baik membantu mengeluarkan kolesterol jahat dr darah. Semakin tinggi HDL, akan semakin baik. Semakin rendah LDL juga akan semakin baik.

Diet rendah lemak menyehatkan & olahraga secara alami akan membantu Kita mengelola kolesterol. Pengobatan akan membantu kala diet & olahraga tak cukup.

Gejala risiko tinggi kolesterol bisa dilihat.
Mitos. Faktanya, satu dr lima orang Amerika memiliki kolesterol tinggi. Sayang, banyak tak mengetahuinya karena biasanya tanpa gejala.

Beberapa orang cuma mempelajari kalau dirinya memiliki kolesterol tinggi setelah serangan jantung atau stroke.
Belum pasti apa Kita mengalami risiko tinggi kolesterol? Lakukan pemeriksaan kolesterol rutin setiap lima tahun sekali, dimulai pd usia 20-an.

Pengobatan menjadi satu-satunya cara untuk mengelola risiko tinggi kolesterol.
Mitos. Cara utama untuk mengurangi risiko tinggi kolesterol adalah melalui diet, olahraga, & pengobatan. Namun, menurut Gullotta, “Paling baik menurunkan kolesterol secara alami bila Kita bisa melakukannya.” Contohnya, pertahankan berat ba& sehat, lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, & konsumsi makanan sehat dgn mengurangi lemak jenuh hingga kurang dr 7 persen dr kalori harian. Olahraga dapat menurunkan LDL & meningkatkan HDL.

Tip lainnya, konsumsi kolesterol kurang dr 200 mg per hari, kurangi asam lemak trans (minyak hidrogenasi), asup 25-35 gram serat, & tingkatkan jumlah asam lemak omega-3 dgn makan ikan & atau suplemen minyak ikan. Bila diet & olahraga saja tak cukup menurunkan kolesterol Anda, dokter kemungkinan akan merekomendasikan pemberian obat.

Risiko tinggi kolesterol meningkatkan kemungkinan mengalami diabetes melitus tipe-2.
Fakta. Risiko tinggi kolesterol bisa berperan sebagian dlm perkembangan diabetes tipe-2. Kolesterol baik di bawah 35 mg/dL merupakan salah satu faktor risiko diabetes. Faktor risiko lainnya adalah kelebihan berat badan, memiliki riwayat keluarga dgn diabetes, tak aktif, & tekanan darah tinggi.

Diabetes tipe-2 seperti risiko tinggi kolesterol, bisa diam-diam. Kita bisa mengetahuinya sampai Kita mengalaminya. Pelajari risiko diabetes Anda. Lakukan pemeriksaan gula darah puasa bila Kita mengalami kelebihan berat badan.

Bila kolesterol total normal, Kita tak berisiko mengalami serangan jantung atau stroke.
Mitos. Faktanya, meski kolesterol total Kita normal, kurang dr 200 mg/dL, kolesterol LDL tinggi atau HDL rendah justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung & stroke.

Seperti itu sebabnya, penting untuk mengetahui seluruh angka-angka kolesterol Anda. Untuk mengurangi risiko penyakit, lakukan pengecekan kolesterol & ikuti perintah dokter.

Rokok & alkohol bisa memengaruhi kolesterol Anda.
Fakta. Alkohol & rokok bisa mengubah kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan alkohol dlm jumlah moderat (sekitar satu gelas per hari bagi wanita atau dua gelas bagi pria) dapat meningkatkan kolesterol baik. Sebaliknya, merokok sudah terbukti bisa menurunkan kolesterol baik.

Bila Kita belum pernah mengonsumsi alkohol sebelumnya, tak perlu memulainya untuk mendapat efek positif terhadap kolesterol. Sebab, diet menyehatkan seperti itu sendiri sudah dapat meningkatkan kolesterol baik. Namun, bila Kita merokok, cobalah untuk berhenti. Tak cuma akan membantu kolesterol, tetetapi juga akan mengurangi risiko penyakit jantung & kanker.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kolesterol pertama kali disaat berusia 45.
Mitos. Faktanya, memeriksa kolesterol disaat usia sudah merambat naik bisa membuat Kita kecolongan. Dlm situs WebMD dijelaskan bahwa setiap orang sebaiknya melakukan pemeriksaan kolesterol setiap lima tahun sekali dimulai pd usia 20 tahun.

Profil lemak puasa diperiksa setelah Kita berpuasa selama 9-12 jam. Hasil tes akan memecah kolesterol Kita menjadi beberapa bagian, yaseperti itu trigliserida, HDL, LDL, & kolesterol total. Gambaran sehat, trigliserida kurang dr 150 mg/dL, HDL paling dr 40 mg/dL, LDL kurang dr 100 mg/dL, & kolesterol total di bawah 200 mg/dL. Mulai memeriksa kolesterol sejak dseperti ini akan menempatkan Kita dlm gaya hidup sehat di kemudian hari.

Menghilangkan daging, keju, & lemak dr diet akan membuat semuanya baik-baik saja.
Mitos. Faktanya, menghilangkan satu atau dua dr kelompok makanan bukan merupakan cara sehat untuk mengelola kolesterol. Tak perlu menghindarkan seluruh lemak, daging, & produk susu dr diet Anda.

Kunci untuk mengelola kadar kolesterol adalah mengontrol porsi & keragaman makanan. Makanan tinggi lemak jenuh meningkatkan kolesterol darah paling dr hal lainnya. Untuk itu, pembatasan asupan lemak jenuh & kolesterol dapat membuat perubahan.

Kolesterol setara dgn lemak.
Mitos. Faktanya, dilihat dr struktur kimianya, kolesterol merupakan kelompok steroid, yaseperti itu suatu zat termasuk ke dlm golongan lipid atau lemak. Namun, kolesterol & lemak merupakan substansi berbeda. Satu makanan bisa tinggi lemak, tetetapi bebas kolesterol, misalnya minyak zaitun. Makanan lain bisa rendah lemak tetetapi tinggi kolesterol, seperti ginjal.

Untuk menjaga agar jantung Kita tetap sehat, ganti lemak jenuh dgn lemak tak jenuh tunggal & gkita bersahabat dgn tubuh Anda.

Antioksi& cuma memberi perlindungan terhadap kanker.
Mitos. Faktanya, antioksi& juga melindungi terhadap kolesterol jahat, seperti halnya penyakit jantung. Antioksi& memberi perlindungan terhadap kerusakan radikal bebas. Antioksi& dijumpai pd kebanyakan buah & sayur. Teh hijau & juga cokelat hitam dgn kualitas baik adalah sumber antioksidan. Kehadiran antioksi& seperti ini akan mengurangi risiko penyakit jantung.


we hope Mitos & Fakta Kolesterol are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet