Home »
Bahasa
»
ekonomi
»
makalah
» Kapasitas & Cakupan Geografi, Visi & Misi, Beserta Macam-macam Produk XL
Kapasitas & Cakupan Geografi, Visi & Misi, Beserta Macam-macam Produk XL
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yg melakukan aktivitas pengolahan faktor – faktor produksi, buat menyediakan barang & jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, beserta melakukan upaya – upaya lain dgn tujuan memperoleh keuntungan & memenuhi kebutuhan masyarakat.
Saya sebagai penulis, akan memfokuskan pembahasan isi makalah ini pada perusahaan seluler XL. Disaat ini XL memiliki jaringan infrastuktur yg berbasis Internet Protokol (IP). Pada tahun 2006, IP backbone XL sudah tersedia di 19 kota, & tahun ini akan berkembang menjadi 50 kota. Backbone fiber optic XL berada di sepanjang pulau Jawa, Bali & Lombok yg di bangun XL sejak 1996 di sambung dgn submarine cable di Sumatra, Sulawesi & Kalimatan. Sedangkan buat internasional backbone sudah tersambung hingga Singapura & Malaysia. Semua instalasi tersebut di bangun buat mendukung kebutuhan IP di Indonesia. & sudah sekitar 60% dari jaringan backbone tersebut sudah berbasis IP. Selain teknologi 2G & 2.5G, XL juga mengimplementasikan teknologi 3G & 3,5G buat produknya, termasuk buat integrasi FMC. Sehingga XL siap memasuki era full Internet Protocol, dgn adanya konvergensi layanan voice, data, video & broadcasting.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan penjelasan latar belakang di atas, saya sebagai penulis dapat mengidentifikasikan permasalahan sebagai berikut :
1. Seberapa besar kapasitas & cangkupan geografi XL ?
2. Apakah visi & misi XL ?
3. Apa saja macam – macam produk yg dikeluarkan oleh XL ?
1.3 Maksud & Tujuan
Maksud :
Buat memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia yg di tugaskan
oleh ibu Diana Tustiantina selaku dosen mata kuliah.
Tujuan :
1. Buat mengetahui berapa besar kapasitas & cangkupan geografi XL.
2. Buat mengetahui visi & misi XL.
3. Buat mengetahui berapa macam produk yg dikeluarkan XL.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori
Pemasaran adalah proses perpindahan barang atau jasa dari produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yg berhubungan dgn arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Berikut ini definisi pemasaran, yg di kemukakan oleh beberapa para ahli manajeman pemasaran, antara lain :
1. Philip Kotler
Pemasaran adalah suatu proses sosial yg di dalamnya, individu & kelompok mendapatkan apa yg mereka butuhkan & inginkan dgn menciptakan, menawarkan, & secara bebas mempertukarkan produk dgn pihak lain.
2. J. Staton
Pemasaran adalah sistem ke seluruhan & kegiatan usaha yg di gunakan buat merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, & mendistribusikan barang & jasa yg dapat memuaskan kebutuhan pembeli yg ada maupun pembeli potensial.
3. American marketing association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha niaga yg di arahkan pada arus aliran barang & jasa dari produsen ke konsumen.
Konsep – konsep mendasar yg di gunakan dalam pemasaran adalah sebagai berikut:
1. Kebutuhan
Kebutuhan adalah suatu keadaan perasaan yg membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman, & kasih sayang.
2. Keinginan
Keinginan adalah kebutuhan yg di bentuk oleh budaya & pribadi seseorang. Ragam dari keinginan semakin berkembang dgn ber kembangnya kebudayaan.
3. Permintaan
Permintaan adalah kebutuhan atau keinginan manusia yg didukung oleh daya beli.
4. Produk
Produk adalah sesuatu yg di tawarkan kepada pasar buat mendapatkan perhatian, buat di miliki, di gunakan, ataupun di konsumsi. Dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan.
5. Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan buat memperoleh barang & jasa yg di inginkan dari pihak lain dgn memberikan sesuatu sebagai gantinya.
6. Transaksi
Transaksi mengandaikan adanya nilai – nilai yg di pertukarkan di antara dua pihak. Transaksi melibatkan sedikitnya dua barang atau jasa yg bernilai, syarat – syarat yg di sepakati, waktu kesepakatan, & tempat kesepakatan.
Selain enam konsep dasar di atas, terdapat lima konsep alternatif yg melandasi aktivitas pemasaran suatu organisasi, yaitu :
a. Konsep produksi : Filosofi yg menyatakan bahwa pelanggan akan menyukai
produk yg tersedia, oleh karena itu manajemen mesti berusaha keras untuk
memperbaiki produksi & efisiensi distribusi.
b. Konsep penjualan : Gagasan yg menyatakan , bahwa konsumen akan menyukai
produk yg mempunyai mutu terbaik, & sifat paling inovatif sehingga organisasi mesti mencurahkan energi buat terus – menerus melakukan perbaikan produk.
c. Konsep penjualan : Gagasan yg menyatakan, bahwa konsumen tidak akan
membeli suatu produk organisasi dalam jumlah cukup, kecuali organisasi tersebut
melakukan usaha penjualan & promosi skala besar.
d. Konsep pemasaran : Filosofi manajemen pemasaran yg menyatakan, bahwa
sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan & keinginan pasar
sasaran & penyampaian kepuasan yg di inginkan secara efektif & efisien.
Pasar adalah himpunan pembeli nyata & pembeli potensial atas suatu produk. Sebuah pasar berada di sekitar produk yg bernilai. Misalnya, pasar tenaga kerja, terdiri dari orang – orang yg mau menawarkan tenaga mereka buat mendapatkan upah & produk. Segmentasi pasar adalah pembagian beberapa tipe konsumen, produk, & kebutuhan sehingga dalam pemasaran mesti menentukan segmen mana yg menawarkan peluang terbaik buat mencapai tujuan perusahaan. Konsumen dapat di kelompokan & di layani dgn berbagai cara berdasarkan faktor geografis, demografis, & prilaku.
Marketing mix adalah kegiatan pemasaran yg terpadu & saling menunjang satu sama lainnya. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran di dukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yg tepat, harga yg layak, saluran ditribusi yg baik, & promosi yg efektif. Empat kebijaksanaan pemasaran yg di sebut konsep 4P atau merketing mix. Berikut ini adalah uraiannya:
1. Produk
Produk adalah barang atau jasa yg dapat di tawarkan di pasar buat mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yg dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
2. Harga
Harga adalah sejumlah kompensasi yg di gunakan buat mendapatkan sejumlah barang atau jasa. Pada disaat ini, sebagian anggota masyarakat, harga masih menduduki peringkat teratas sebagai penentu dalam keputusan buat membeli barang atau jasa.
3. Saluran distribusi
Saluran distribusi adalah saluran yg di gunakan oleh produsen buat menyalurkan produk sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yg mengupayakan agar produk sampai ke konsumen. Saluran distribusi penting, karena barang yg telah di buat & harganya sudah di tetapkan masih menghadapi masalah, karena mesti sampai ke konsumen.
4. Promosi
Promosi merupakan kegiatan yg secara aktif di lakukan perusahaan buat mendorong konsumen membeli produk yg di tawarkan.
2.2 Pemecahan Masalah
PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk. (XL) memperoleh alokasi spektrum Global System for Mobile Communications (GSM) 900 dari pemerintah Indonesia pede tahun 1995, & memulai beroprasi secara komersial pada Oktober 1996 buat memberikan layanan seluler GSM pada jalur GSM 900 & GSM 1800.
Bisnis XL terdiri dari penyediaan layanan komunikasi suara, data, & layanan seluler lainnya melalui solusi konsumer & solusi korporat. XL adalah perusahaan layanan seluler swasta pertama di Indonesia.
Hingga semester ke dua tahun 2007, XL telah mendirikan lebih dari 8.936 menara Base Transceiver Station (BTS) di seluruh Indonesia buat melayani 10,2 juta pelanggannya. & XL berkomitmen buat terus meningkatkan kualitas & cangkupan wilayah selulernya di masa yg akan datang, agar kebutuhan komunikasi pere pelanggan dapat senantiasa berjalan kapanpun, & di manapun.
Buat memberikan pelayanan & dukungan terbaik bagi para pelanggannya. Hingga kwartal I tahun 2007 telah tersedia lebih dari 156 gerai XL Center di seluruh Indonesia, di dukung oleh layanan Contact Center yg selalu siap menyediakan informasi kepada pelanggan selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Pada tahun 2006, XL resmi memperoleh lisensi 3G, & selain menggelar leyanan 3G yg inovatif, pelanggan XL semakin di manjakan
we hope Kapasitas & Cakupan Geografi, Visi & Misi, Beserta Macam-macam Produk XL are solution for your problem.