Karya Tulis Ilmiah Pendidikan: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Indikator keberhasilan pendidikan secara mikro di tataran pembelajaran tingkat kelas adalah ketika seorang guru mampu membangun motivasi belajar siswa. Jika murid-murid itu dapat ditingkatkan motivasi belajarnya, maka Serumit apa pun materi pelajaran atau proses pembelajaran yang diikutinya niscaya mereka akan menjalaninya dengan menghayati sambil menikmati pelajaran.
Artikel ini mencoba mengangkat Pengertian motivasi, belajar, serta pentingnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Pengertian Motivasi
Pengertian motivasi cukup beraneka ragam sesuai dengan karakteristik ahli yang mendefenisikannya, tapi ada tetap saja ada kesamaan dari pengertian-pengertian tersebut. Michel J. Jucius (Onong Uchjana Effendy, 1993: 69-70) mengatakan motivasi adalah kegiatan memberikan dorongan kepada seseorang atau diri sendiri untuk mengambil suatu tindakan yang dikehendaki.
Sedangkan Menurut Dadi Permadi motivasi Sebagai dorongan dari dalam untuk berbuat sesuatu, baik yang positif maupun yang negatif. Ada juga menurut Ngalim Purwanto, Motivasi itu adalah apa saja yang diperbuat manusia, yang penting maupun kurangpenting, yang berbahaya maupun yang tidak berresiko, semuanya ada motivasinya. Ini berarti, apa pun tindakan yang dilakukan seseorang selalu ada motif tertentu sebagai dorongan ia melakukan tindakannya itu. Jadi, setiap kegiatan yang dilakukan individu selalu ada motivasinya.
download selengkapnya artikel ilmiah tentang motivasi ini
we hope Karya Tulis Ilmiah Pendidikan: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa are solution for your problem.