Mengenal Berbagai Komponen Komputer

Komponen komputer adalah piranti elektronika digital yang dirancang secara modular. Sistem komputer tersusun dari sejumlah modul komponen komputer dan piranti yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing dan kemudian saling dihubungkan membentuk sistem komputer

komponen komputer penyusun sistem komputer dapat dikelompokkan menurut fungsinya atas:
A. Unit Processor
B. Unit Bus
C. Piranti Penyimpanan
D. Piranti I/O
E. Piranti Antar mukaspan


UNIT PROCESSOR komponen komputer


Unit Processor berfungsi sebagai "otak" dan "Badan" dari sistem komputer yang bertugas memproses instruksi program, menghubungkan serta mengatur lalulintas data pada seluruh sistem.
komponen komputer penyusun unit processor terdiri atas:

1. Processor
2. Motherboard
3. Memory
4. Power Supply
5. Casing

Unit Processor > Processor komponen komputer


Processor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputer yang melakukan pemerosesan dan operasi perhitungan dan logika terhadap instruksi program yang diberikan ke komputer.

Chip processor dibuat dari keping silikon murni sebesar kuku jari berisi rangkaian terintegrasi dari ribuan hingga jutaan transistor yang mengimplementasikan fungsi dari processor. Rangkaian processor dihubungkan dengan kaki-kaki yang terdapat di bawah chip untuk jalur komunikasi sinyal masuk dan keluar dari rangkaian.
Kinerja dari setiap jenis processor bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
Kecepatan Clock
Lebar register/data bus internal
Lebar data bus eksternal
Kapasitas cache memori (L1 dan L2)

Unit Processor > Motherboard komponen komputer

Motherboard atau main board adalah papan sirkuit terbesar pada komputer dan merupakan "Badan" yang menghubungkan seluruh unit pada sistem komputer.
komponen komputer pokok pada motherboard terdiri dari:
Socket/Slot processor
Chipset (Northbridge dan Southbridge)
Super I/O Chip
ROM BIOS
Socket memory (SIMM/DIMM/RIMM)
Slot Bus (Jenis ISA/PCI/AGP)
Voltage Regulator
Baterry CMOS
Contoh Diagram Motherboard salah satu produk Intel:

Motherboard dibedakan menurut tipe processor yang didukung dan form factor (bentuk dan ukuran) dari motherboard. Dari socket/slot processor yang terpasang dapat diketahui jenis processor yang sesuai untuk motherboard tersebut.
Form factor motherboard terdiri dari jenis:
Baby AT
Full Size AT
LPX
ATX
Micro ATX
NLX
WTX
Flex ATX

Unit Processor > Memory komponen komputer

Memori merupakan "ruang kerja" dari processor untuk menempatkan instruksi dan data dari program yang sedang dioperasikan dan menyimpan kembali hasil dari eksekusi program.
Jenis memori terdiri dari:
A. ROM (Read Only Memory)
B. RAM (Random Access Memory)

Unit Processor > Memory > ROM komponen komputer

Memori jenis ROM umumnya hanya dapat dibaca saja dan bersifat peranen atau nonvolatie (tidak hilang bila listrik mati).
ROM dipakai untuk menyimpan program rutin untuk proses booting komputer sehingga dapat langsung diakses dan dijalankan oleh processor.
Chip ROM terdapat pada motherboard (ROM BIOS) dan beberapa jenis adapter card seperti video card, SCSI card, EIDE card dan beberapa network card.
ROM BIOS pada motherboard berisi empat program booting pokok yakni:
POST (Power On Self Test), untuk menguji apakah komponen komputer sistem bekerja normal.
CMOS Setup, untuk mengatur nilai parameter konfigurasi sistem.
Bootstrap loader, untuk mencari dan memuat sistem Operasi ke komputer.
BIOS (Basic Input Output System), berisi kumpulan program pengendali piranti standar yang disalin dari ROM pada adapter card untuk mengoperasikan piranti yang terlibat aktif sewaktu proses booting seperti monitor dan keyboard.
Jenis chip ROM terdiri dari:
ROM
PROM (Programmable ROM)
EPROM
EEPROM (Erasable PROM)

Unit Processor > Memory > RAM komponen komputer




RAM digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari software yang sedang dioperasikan oleh komputer.

Jenis RAM terdiri dari:
SDRAM (Statis RAM) komponen komputer
DRAM (Dinamic RAM)komponen komputer

DRAM disebut memori dinamis karena harus direcharge (diperbaharui muatan listriknya) secara periodik karena pengaruh sifat kebocoran muatan yang dimiliki oleh kapasitor yang dipakai untuk membuat sel-sel memori dari DRAM. Kelebihan DRAM adalah lebih murah dan lebih mudah rangkaiannya sehingga satu chip DRAM dapat memuat sel bit data jauh lebih besar dari SRAM.
SRAM tidak perlu direcharge seperti DRAM karena memakai desain dengan transistor. Kelebihan SRAM adalah akses data lebih cepat dari DRAM dan lebih stabil menyimpan data.
SDRAM digunakan pada cache memori internal (L1) dan memori eksternal (L2) dari prosesor. Sedangkan DRAM dipakai pada chip penyusun modul memori yang terpasang di motherboard.
DRAM dapat dikatagorikan menurut metode akses datanya atas:
FPM (Fast Page Mode)
EDO (Extended Data Out)
BEDO (Burst EDO)
SDRAM (Synchronous DRAM)
RDRAM (Rambus DRAM)
DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM)
Chip DRAM dirangkai dalam modul memori kemudian dipasang pada slot memori di motherboard. Jenis modul memori DRAM terdiri dari:
SIMM (Single Inline Memory Module), dengan jenis 30pin (Data 8 bit + 4 bit parity optional)
DIMM (Dual Inline Memori Module), dengan jenis 168 pin.

Unit Processor > Power Supply komponen komputer


Fungsi dari power supply adalah mengubah supply daya liatrik AC dari luar ke tegangan DC +3,3V, +5V, +12V dan -12V sesuai kebutuhan dari berbagai komponen komputer pada sistem komputer.

Power supply terdiri dari 3 jenis form faktor, yakni:
LPX
ATX
SFX

Unit Processor > Casing

Casing merupakan kontak penutup dari logam yang melindungi motherboard, power supply, diskdrives, adapter card dan piranti internal lainnya.
Jenis form factor dari casing terdiri dari:
Full Tower
Mini disk
Desktop
Slimline

UNIT BUS komponen komputer


Bus adalah jalur komunikasi data yang menghubungkan seluruh sistem komputer. Struktur bus terdiri dari beberapa tingkatan yang merujuk pada kecepatan jalur bus. Setiap piranti terhubung ke salah satu bus yang ada.
komponen komputer penyusun unit bus terdiri dari jalur-jalur komunikasi untuk sinyal data, alamat dan kontrol, chip untuk pengendali operasi bus dan konektor berupa socket/slot ekspansi.
Tingkatan bus terdiri dari:
Processor Bus
Memory Bus
I/O Bus

Unit Bus > Processor Bus komponen komputer

Processor bus merupakan tingkatan bus yang tercepat karena beroperasi pada kecepatan external dari processor, umumnya berkisar 66,75 atau 100 MHz.
Fungsi processor bus ialah menyediakan jalur komunikasi antara processor dengan chipset (Northbridge) dan cache memori external (L2).

Unit Bus > Memory Bus komponen komputer

Memory bus digunakan untuk mentransfer informasi antara CPU dan modul memomi utama(DRAM). Chipset Northbridge bertindak sebagai pengatur operasi dari memori bus.

Unit Bus > I/O Bus

I/O bus merupakan jalur komunikasi sistem komputer dan piranti I/O. Dengan adanya I/O bus memungkinkan pengguna menambahkan piranti I/O atau kartu antarmuka/adapter card ke slot ekspansi untuk meningkatkan kemampuan kemampuan komputer.
setiap I/O bus dikendalikan oleh Chipset atau Super I/O chip yang memiliki mekanisme pengaturan I/O bus serta menghubungkannya ke processor bus.
Chipset terdiri dari dua unit chip, yaitu:
Northbridge: untuk mengatur koneksi antara processor bus high speed (66-100MHz) dengan PCI Bus (33MHz) dan AGP Bus (66Mhz) yang kecepatannya lebih rendah.
Southbridge: merupakan penghubung antar antar PCI bus dengan ISA bus (8Mhz) atau bus lain yang jauh lebih rendah kecepatannya.
Jenis I/O bus terdiri dari:Serial
Paralel
IDE
SCSI
ISA
MCA
EISA
VESA Local Bus (VL-bus)
PCI Local Bus
AGP
PC-Card (atau PCMCIA)
FireWire (Standars IEEE-1394)
USB
Perbedaan anatara setiap jenis I/O bus terletak pada jumlah data yang ditrasfer pada satu satuan waktu dan kecepatan transfer data.

komponen komputer PIRANTI PENYIMPANAN

Piranti Penyimpanan berfungsi menyimpan file-file dari sistem Operasi, Program Aplikasi dan data secara permanen.
Processor mengambil program dan data yang akan dioperasikan dari piranti penyimpanan dan menyalin ke memori untuk dieksesusi. Setelah selesai dioperasikan file disimpan kembali (save) ke media penyimpanan.
Piranti Penyimpanan dapat dikatagorikan menurut teknologi yang digunakan atas:
Piranti Magnetik
Piranti Optik

komponen komputer Piranti Penyimpanan > Piranti Magnetik
Bit-bit data disimpan pada piranti magnetik dengan membuat pola magnetisasi pada partikel-partikel logam yang melapisi disk penyimpan sesuai dengan aliran bit data yang masuk.
Jenis piranti magnetik terdiri dari:
Harddisk
Floppy disk
Removable

Piranti Penyimpanan > Piranti Magnetik > Harddisk

Harddisk memiliki 2 hingga 11 keping disk penyimpan data yang terbuat dari alumunium atau gelas dan dilapisi dengan oksida besi.
Susunan disk dibagi dalam beberapa daerah penyimpanan yakni silinder, track, dan sektor seperti terlihat di gambar. Setiap area penyimpanan diberi alamat dengan kode nomor.
Kinerja harddisk terkait oleh beberapa faktor: kecepatan putar disk, umumnya 5400, 7200, atau 10.000 rpm.
Kapasitas penyimpanan harddisk.
Data pada harddisk dibaca atau ditulis dengan menggerakkan head baca/tulis yang terdapat pada setiap sisi disk melintasi permukaan disk ke lokasi track data.
komponen komputer penyusunan harddisk terdiri dari:
Disk penyimpan
Papan rangkaian
Head baca/tulis
Kabel dan konektor
Penggerak head
Motor pemutar
Pengaturan setting (Jumper dan switch)

Piranti Penyimpanan > Piranti Magnetik > Floppy disk drive

Sistem floppy disk drive memiliki dua elemen terpisah yakni floppy diskete dan disk drive. Data disimpan dalam disket yang mudah dibawa. Untuk membaca/menulis data, disket harus dimasukkan ke disk drive.
Disk drive memiliki dua head tulis baca, satu untuk tiap sisi disket. Disk diputar pada drive dengan kecepatan 300 atai 600 rpm. Head bergerak secara tangensial ke lokasi track data untuk membaca/menulis data.
Jenis floppy disk drive terdiri dari:
3 1/2 inch, 1,44 MB drive
3 1/2 inch, 2,88 MB drive
5 1/4 inch, 1,2 MB drive

Piranti Penyimpanan > Piranti Magnetik > Removable disk

Removable disk adalah piranti penyimpanan yang mudah dipindah, umumnya berkapasitas tinggi dan dihubungkan lewat I/O port external berjenis USB, IDE, SCSI atau paralel.
Jenis dasar removable media ada dua yakni disk dan tape. Prinsip kerja media disk mirip dengan harddisk sedangkan teknologi media tape mengadopsi prinsip kaset audio.
Media disk lebih populer dan ada beberapa jenis seperti:
Iomega Zip Drive
3M LS 120
Bernoulli Drive
Jaz Drive
Flash disk

Jenis media tape seperti:
QIC (Quarter Inch Cartridge)
DAT (Digital Audio Tape)
DLT (Digital Linear Tape)
Exabyte 8mm tape
Travan Cartridge Tape

Piranti Penyimpanan > Piranti Optik

Piranti Optik menggunakan CD (Compact Disc) sebagai media penyimpanan data dengan sinar laser untuk menulis/membaca data.
CD terbuat dari wafer polikarbon dengan bagian tengah berisi lapisan film metalik dari campuran alumunium yang merupakan media penyimpanan data.
Data disimpan sebagai deretan pit (lubang) dan land (dataran) pada lapisan film alumunium. Sinar laser energi rendah diarahkan ke film akan terdifusi bila mengenai pit dan dipantulkan sempurna oleh land. Sensor cahaya mengumpulkan pola pantulan dari sinar laser dan selanjutnya prosesor mengubah pola pantulan menjadi data.

Jenis CD drive terdiri dari:
CD-ROM hanya dapat dibaca saja . Memiliki kapasitas 550-682B
CD-R (CD-Recordable) dapat ditulis sekali saja selanjutnya dapat dibaca.
CD-RW (CD-Rewritable), dapat dibaca/tulis dengan tak terbatas.
DVD (digital Versatile Disc), memiliki kapasitas paling rendah 4,7GB untuk jenis single sided, single layer.

PIRANTI I/O

Piranti I/O (Input/Output) dihubungkan ke sistem komputer lewat I/O bus dan memiliki fungsi khusus untuk memberi masukkan data atau mengolah data atau mengolah data keluaran dari komputer.
Jenis Piranti I/O yang umum terdapat pada komputer PC terdir dari:
Monitor
Keyboard
Mouse
Printer
Scanner

Piranti I/O > Monitor

Monitor adalah piranti pokok pada setiap komputer yang memberikan informasi visual pada pengguna dari hasil eksekusi program yang terjadi di dalam komputer.
Jenis monitor dibedakan menurut:
Teknologi layar, yakni CRT dan LCD
Ukuran diagonal layar, yakni: 14, 15, 17 dan 21 inch.
Resolusi dalam pixel, yakni jumlah elemen gambar (pixel) (arah horisontal x vertikal). Umumnya 640x480, 800x600, 1024x768, 1280x1024 dan 1600x120.
Dot pitch, jarak antara pixel berkisar dari 0,25 hingga 0,30mm.
Refresh rate, frekuensi penggambaran ulang tampilan layar setiap detik, berkisar dari 43 hingga 150Hz.

Piranti I/O > Keyboard

Keyboard merupakan piranti I/O pokok untuk memberi masukkan perintah dan data pada komputer.

Keyboard dibedakan menurut jumlah dan kelengkapan fungsi tombol yang tersedia atas:
101-key Enhanced
104-key Windows
83-key PC dan XT (jenis lama)
84-key AT (jenis lama)
Konektor untuk menghubungkan keyboard ke komputer terdiri dari jenis:
5 pin DIN, pada motherboard dengan form factor Baby_AT
6 pin min DIN, dipakai pada komputer PS/2 dan PC dengan motherboard LPX, ATX dan NLX

Piranti I/O > Mouse

Mouse merupakan piranti penunjuk (pointing devices) yang digunakan untuk memberi perintah masukkan pada komputer yang menggunakan Sistem Operasi dengan antar muka grafis (GUI).
Pengguna menggerakkan mouse pada permukaan datar untuk memindahkan kursor serta memilih daerah tertentu atau elemen gambar yang ditampilkan di layar monitor.
Jenis konektor untuk menghubungkan mouse ke komputer, antara lain:
Serial, jenis jantan 9 pin atau 25 pin
PS/2
USB

Piranti I/O > Printer

Printer berfungsi membuat salinan berupa cetakan (hard copy) dari file dokumen atau gambar.
Kualitas printer dinilai dari tingkat resolusi yang diukur dalam dpi (dot per inch), yakni banyaknya titik yang bisa dibuat dalam satu inci garis lurus. Umumnya printer memiliki tingkat resolusi yang sama pada arah horisontal dan vertikal, contoh 300x300 dpi.

Jenis printer terdiri dari:
Laser, bekerja seperti mesin foto copy dengan membuat versi elektrostatis dari objek pada drum peka cahaya yang kemudian disemprot dengan toner. Polatoner pada drum dipindahkan ke kertas.
Inject, menggunakan tinta yang disemprot dari nozzle berukuran halus.
Dot matrix, memakai pin yang ditekan pada pita bertinta untuk membuat pola cetakan pada kertas.

Piranti I/O > Scanner

Scanner berfungsi mengubah berbagai jenis photo dan dokumen cetak ke format yang dapat dibaca dan disimpan pada komponen komputer.
Jenis scanner terdiri dari:
Handheld
Sheet fed
Slide
Photo
Drum

PIRANTI ANTARMUKA

Piranti Antarmuka (Interface card) atau adapter card berbentuk papan rangkaian elektronik yang dipasang pada slot ekspansi yang berfungsi untuk menambahkan atau meningkatkan kemampuan tertentu dari komponen komputer.

Jenis kartu antarmuka yang umum ialah:
Sound Card
Video Card
Modem
Network Card

Piranti Antarmuka > Sound Card

Fungsi sound card ialah menambahkan kemampuan pengolahan file suara pada komputer serta mengatur komunikasi anata komponen komputerdengan piranti audio seperti speaker dan microphones.
Sound Card dilengkapi dengan berbagai port untuk menghubungkan piranti audio seperti: speaker, microphone, piranti midi serta joystick.

Piranti Antarmuka > Video Card

Video Card berfungsi sebagai antarmuka yakni mengolah sinyal data dari komponen komputer menjadi tampilan pada layar monitor.
komponen komputer pada video card terdiri dari:
Video Bios
Video Processor
Video Memory
DAC (Digital Analog Conventer)
Bus Connector
Videi Driver

Jenis standar teknologi monitor pada video card terdiri dari:
MDA (Monochrome Display Adapter)
HCG (Hercules Graphics Card)
CGA (Color Graphics Adapter)
AGA (Enhanced Graphics Adapter)
VGA (Videi Graphics Adapter)
SVGA (Super VGA)
XGA (Extended Graphics Array)

komponen komputer Piranti Antarmuka > Modem

Modem (MOdulator/DEModulator) berfungsi untuk mengubah data digital dari komputer menjadi sinyal analog yang sesuai untuk dikirim lewat jalur telepon (proses modulasi) dan kebalikkannya yakni mengubah sinyal analog yang diterima dari jalur telepon ke data digital untuk komputer (proses modulasi).
Penggunaan umum dari modem untuk koneksi ke internet lewat jalur dial up telepon (PSTN). Untuk itu modem dilengkapi dengan port untuk menghubungkan kabel telepon.
Jenis modem dibedakan menurut:
Instalasinya, digolongkan atas modem internal dan external.
Protokol komunikasi, misal V.21, V.34, V.32 dan V.90

komponen komputer Piranti Antarmuka > Network interface Card

Network interface (NIC) digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan lokal.
Jenis NIC dan sistem koneksi kabel jaringan bervariasi menurut teknologi jaringan yang digunakan.

komponen komputer Teknologi jaringan lokal antara lain:
Ethernet
Fast Ethernet
Token Ring
ARCnet



we hope Mengenal Berbagai Komponen Komputer are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids air tanah anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain di jual diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sertifikat tanah sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet