Home »
» Tips Umum Menulis Surat Lamaran
Tips Umum Menulis Surat Lamaran
Banyak perusahaan memandang surat lamaran or cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Sebab seperti itu penting sekali bagi Kita untuk menuliskan surat lamaran baik. Berbagai tips di bawah kan membantu Anda.
1. Kesan Individual
Bila Kita berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Kita menuliskan nama perusahaan benar pada surat lamaran Anda. Selain seperti itu perlu juga Kita membuat surat lamaran ditujukan pada seseorang. Gunkan nama & jabatan spesifik bila mungkin. Secara khusus, untuk surat ditujukan pada seorang perempuan, bila Kita tak mengetahui status pernikahannya, gunkan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.
Ingat: Di Internet & di MS Word tersedia banyak template or contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dgn keperluan Anda.
2. Singkat & Padat
Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Kita dgn singkat & padat. Gunkan bahasa mudah. Gunkan kata-kata biasa digunakan. Tak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Kita dgn menggunkan kata-kata sulit.
Ingat: Jangan menulis surat lamaran Kita lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran terlalu panjang tak efektif.
3. Rapi & Bersih
Sedapat-dapatnya gunkan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dgn begseperti itu Kita dapat menuliskan surat lamaran rapi & bersih sesampai mudah dibaca.
Ingat: Hindari menulis surat lamaran dgn tulisan tangan. Hindari menggunkan tip-ex or sejenisnya dlm surat lamaran Anda.
4. Isi
Dlm surat lamaran Anda, ada beberapa hal perlu dituliskan:
Pembukaan: Sebutkan dimana Kita mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.Contohnya, Kita bisa menyebutkan bahwa Kita mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, or dari seorang teman Anda.
Pekerjaan Kita sekarang: Ceritkan secara singkat posisi & bidang pekerjaan Kita ketika ini. Kita juga perlu menceritkan secara singkat pencapaian utama Kita dlm pekerjaan tersebut. Supaya memberikan gambaran lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". perlu Kita perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal relevan dgn pekerjaan Kita lamar. Baca dgn baik persyaratan dibutuhkan dlm iklan lowongan pekerjaan tersebut. Bila pekerjaan Kita lamar adalah di bidang marketing research, Kita mungkin tak perlu menceritkan pencapaian Kita di bidang logistik.
Pendidikan: Bila latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Bila Kita pernah mendapatkan pendidikan di sekolah cukup dikenal, ada baiknya Kita menuliskannya di surat lamaran.
Penutup: Dlm penutup ingatkan pembacanya bahwa Kita mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Kita menyatkan kapan ketika terbaik Kita bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. & jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Kita & memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tak ada kesalahan pengejaan, tak ada kata-kata diulang or repetitif, & tata bahasa (grammar) digunkan sesuai. Dlm program MS Word Kita bisa menggunkan spell & grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dlm ejaan saja bisa menyebabkan Kita kehilangan kesempatan penting untuk memperoleh pekerjaan".
1. Kesan Individual
Bila Kita berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Kita menuliskan nama perusahaan benar pada surat lamaran Anda. Selain seperti itu perlu juga Kita membuat surat lamaran ditujukan pada seseorang. Gunkan nama & jabatan spesifik bila mungkin. Secara khusus, untuk surat ditujukan pada seorang perempuan, bila Kita tak mengetahui status pernikahannya, gunkan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.
Ingat: Di Internet & di MS Word tersedia banyak template or contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dgn keperluan Anda.
2. Singkat & Padat
Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Kita dgn singkat & padat. Gunkan bahasa mudah. Gunkan kata-kata biasa digunakan. Tak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Kita dgn menggunkan kata-kata sulit.
Ingat: Jangan menulis surat lamaran Kita lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran terlalu panjang tak efektif.
3. Rapi & Bersih
Sedapat-dapatnya gunkan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dgn begseperti itu Kita dapat menuliskan surat lamaran rapi & bersih sesampai mudah dibaca.
Ingat: Hindari menulis surat lamaran dgn tulisan tangan. Hindari menggunkan tip-ex or sejenisnya dlm surat lamaran Anda.
4. Isi
Dlm surat lamaran Anda, ada beberapa hal perlu dituliskan:
Pembukaan: Sebutkan dimana Kita mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.Contohnya, Kita bisa menyebutkan bahwa Kita mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, or dari seorang teman Anda.
Pekerjaan Kita sekarang: Ceritkan secara singkat posisi & bidang pekerjaan Kita ketika ini. Kita juga perlu menceritkan secara singkat pencapaian utama Kita dlm pekerjaan tersebut. Supaya memberikan gambaran lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". perlu Kita perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal relevan dgn pekerjaan Kita lamar. Baca dgn baik persyaratan dibutuhkan dlm iklan lowongan pekerjaan tersebut. Bila pekerjaan Kita lamar adalah di bidang marketing research, Kita mungkin tak perlu menceritkan pencapaian Kita di bidang logistik.
Pendidikan: Bila latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Bila Kita pernah mendapatkan pendidikan di sekolah cukup dikenal, ada baiknya Kita menuliskannya di surat lamaran.
Penutup: Dlm penutup ingatkan pembacanya bahwa Kita mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Kita menyatkan kapan ketika terbaik Kita bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. & jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Kita & memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tak ada kesalahan pengejaan, tak ada kata-kata diulang or repetitif, & tata bahasa (grammar) digunkan sesuai. Dlm program MS Word Kita bisa menggunkan spell & grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dlm ejaan saja bisa menyebabkan Kita kehilangan kesempatan penting untuk memperoleh pekerjaan".
we hope Tips Umum Menulis Surat Lamaran are solution for your problem.