Home »
» Tips Cara Menulis Surat Lamaran di Email
Tips Cara Menulis Surat Lamaran di Email
Makin banyak perusahaan membolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal seperti ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, seperti ini kan mengurangi jumlah surat lamaran dlm bentuk kertas mesti mereka terima & arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya.
Bagi calon karyawan, seperti ini kan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Bila Kita mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dgn mudah Kita dapat mengkopi email lamaran Kita sebelumnya & menyesuaikannya.
1. Judul Email
Judul email Kita haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Anda. Sebab seperti itu tuliskan judul jelas tapisingkat. Sebagai contoh, Kita dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".
Catatan: Baca dgn baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta Kita menuliskan kode tertentu di judul or subject email Anda. Terutama bila pada ketika bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.
2. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di ba& email or di file tersendiri. Menurut teman saya bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, Kita dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Kita di ba& email. Artinya, perusahaan tetap kan menerima surat lamaran Kita dgn baik. Pengalaman saya, tak pernah ada perusahaan menolak lamaran suratnya dituliskan di ba& email.
3. Bagaimana dgn Resume?
Jangan menulis resume Kita di ba& email. Tuliskan dlm file tersendiri & jadikan sebagai lampiran email Anda.
4. Word, PDF, or Text?
Biasanya perusahaan kan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file bisa Kita kirim. Meskipun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan Kita untuk mengirimkan file berformat pdf. Bila tak disebutkan, kirimkan resume Kita dlm file MS Word (.doc).
File text (ekstension .txt) lebih baik tak digunkan sebab pada ketika dikirim dgn email, file tersebut terkadang muncul di ba& email. Seperti ini terutama bila Kita menggunkan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, or Hotmail.
5. Ukuran Email
Usahkan ukuran email Kita tak melebihi 300 kb. Ukuran email seperti ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file di-attach. Sebab seperti itu periksa besar file Kita lampirkan. Bila Kita diminta menyertkan foto, jangan masukkan file foto terlalu besar. Perkecil ukuranya dgn menggunkan berbagai jenis program photo editor.
6. Email Signature
Email signature adalah text dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature seperti ini bisa Kita program sendiri, or bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature seperti ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.
Email web gratis seperti Yahoo! & Hotmail menambahkan signature seperti ini secara otomatis pada semua email mereka kirim. Sdgkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya.
7. Test Kirim
Untuk surat lamaran dikirim lewat email, selain melakukan proof read, Kita juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan seperti ini dgn mengirimkan email lamaran Anda, lengkap dgn attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan Kita tuju. Kirim ke alamat email lain Kita punya. Bila Kita hanya mempunyai satu alamat email, Kita bisa membuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, or Hotmail.
Apa pentingnya langkah ini? Sering kali format email Kita kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Ketika mengirimkan email dari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email saya berubah dari satu menjadi dua. Tetapi sebaliknya, email saya kirim dari Gmail ke Yahoo! tak berubah formatnya. Seperti ini alasan kedua saya menggunkan Gmail untuk mengirimkan lamaran saya.
Bagi calon karyawan, seperti ini kan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Bila Kita mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dgn mudah Kita dapat mengkopi email lamaran Kita sebelumnya & menyesuaikannya.
1. Judul Email
Judul email Kita haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Anda. Sebab seperti itu tuliskan judul jelas tapisingkat. Sebagai contoh, Kita dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".
Catatan: Baca dgn baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta Kita menuliskan kode tertentu di judul or subject email Anda. Terutama bila pada ketika bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.
2. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di ba& email or di file tersendiri. Menurut teman saya bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, Kita dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Kita di ba& email. Artinya, perusahaan tetap kan menerima surat lamaran Kita dgn baik. Pengalaman saya, tak pernah ada perusahaan menolak lamaran suratnya dituliskan di ba& email.
3. Bagaimana dgn Resume?
Jangan menulis resume Kita di ba& email. Tuliskan dlm file tersendiri & jadikan sebagai lampiran email Anda.
4. Word, PDF, or Text?
Biasanya perusahaan kan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file bisa Kita kirim. Meskipun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan Kita untuk mengirimkan file berformat pdf. Bila tak disebutkan, kirimkan resume Kita dlm file MS Word (.doc).
File text (ekstension .txt) lebih baik tak digunkan sebab pada ketika dikirim dgn email, file tersebut terkadang muncul di ba& email. Seperti ini terutama bila Kita menggunkan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, or Hotmail.
5. Ukuran Email
Usahkan ukuran email Kita tak melebihi 300 kb. Ukuran email seperti ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file di-attach. Sebab seperti itu periksa besar file Kita lampirkan. Bila Kita diminta menyertkan foto, jangan masukkan file foto terlalu besar. Perkecil ukuranya dgn menggunkan berbagai jenis program photo editor.
6. Email Signature
Email signature adalah text dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature seperti ini bisa Kita program sendiri, or bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature seperti ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.
Email web gratis seperti Yahoo! & Hotmail menambahkan signature seperti ini secara otomatis pada semua email mereka kirim. Sdgkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya.
7. Test Kirim
Untuk surat lamaran dikirim lewat email, selain melakukan proof read, Kita juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan seperti ini dgn mengirimkan email lamaran Anda, lengkap dgn attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan Kita tuju. Kirim ke alamat email lain Kita punya. Bila Kita hanya mempunyai satu alamat email, Kita bisa membuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, or Hotmail.
Apa pentingnya langkah ini? Sering kali format email Kita kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Ketika mengirimkan email dari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email saya berubah dari satu menjadi dua. Tetapi sebaliknya, email saya kirim dari Gmail ke Yahoo! tak berubah formatnya. Seperti ini alasan kedua saya menggunkan Gmail untuk mengirimkan lamaran saya.
we hope Tips Cara Menulis Surat Lamaran di Email are solution for your problem.