Perihal surat dan lampiran :bagian surat resmi

pada bagian surat resmi akan selalu ditemukan hal dan lampiran, hal dalam surat resmi adalah topik dari surat, seperti hal= undangan, pengumuman, pamberitahuan, panggilan, dan sebagainya. sedangkan lampiran surat resmi adalah = berkas yang turut disertakan dalam surat, contohnya lampiran= 1 lembar, 2 lembar, 3 lembar dan lain lain.

Hal dalam surat resmi sebaiknya singkat, padat dan jelas. bahkan kalau bisa hal ini hanya terdiri dari satu kata. dalam surat resmi 'hal' ini wajib diisi.

lampiran surat resmi, sebaiknya dituliskan dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf seperti lampiran = 1 (satu) lembar. lampiran ini dituliskan bila memang ada berkas yang dilampirkan bersama dengan surat resmi tersebut.

letak hal dan lampiran ini berada di bahagian atas surat, sesudah nomor surat, untuk nomor surat dapat dituliskan di tengah ataupun bagian kiri atas surat.

selanjutnya kita akan membahas tentang tujuan surat (name dan aaddres)

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Banyak perusahaan memandang surat lamaran or cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Sebab seperti itu penting sekali bagi Kita untuk menuliskan surat lamaran baik. Berbagai tips di bawah kan membantu Anda.

1. Kesan Individual
Bila Kita berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Kita menuliskan nama perusahaan benar pada surat lamaran Anda. Selain seperti itu perlu juga Kita membuat surat lamaran ditujukan pada seseorang. Gunkan nama & jabatan spesifik bila mungkin. Secara khusus, untuk surat ditujukan pada seorang perempuan, bila Kita tak mengetahui status pernikahannya, gunkan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.

Ingat: Di Internet & di MS Word tersedia banyak template or contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dgn keperluan Anda.

2. Singkat & Padat
Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Kita dgn singkat & padat. Gunkan bahasa mudah. Gunkan kata-kata biasa digunakan. Tak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Kita dgn menggunkan kata-kata sulit.

Ingat: Jangan menulis surat lamaran Kita lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran terlalu panjang tak efektif.

3. Rapi & Bersih
Sedapat-dapatnya gunkan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dgn begseperti itu Kita dapat menuliskan surat lamaran rapi & bersih sesampai mudah dibaca.

Ingat: Hindari menulis surat lamaran dgn tulisan tangan. Hindari menggunkan tip-ex or sejenisnya dlm surat lamaran Anda.

4. Isi
Dlm surat lamaran Anda, ada beberapa hal perlu dituliskan:

Pembukaan: Sebutkan dimana Kita mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.Contohnya, Kita bisa menyebutkan bahwa Kita mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, or dari seorang teman Anda.
Pekerjaan Kita sekarang: Ceritkan secara singkat posisi & bidang pekerjaan Kita ketika ini. Kita juga perlu menceritkan secara singkat pencapaian utama Kita dlm pekerjaan tersebut. Supaya memberikan gambaran lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". perlu Kita perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal relevan dgn pekerjaan Kita lamar. Baca dgn baik persyaratan dibutuhkan dlm iklan lowongan pekerjaan tersebut. Bila pekerjaan Kita lamar adalah di bidang marketing research, Kita mungkin tak perlu menceritkan pencapaian Kita di bidang logistik.

Pendidikan: Bila latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Bila Kita pernah mendapatkan pendidikan di sekolah cukup dikenal, ada baiknya Kita menuliskannya di surat lamaran.
Penutup: Dlm penutup ingatkan pembacanya bahwa Kita mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Kita menyatkan kapan ketika terbaik Kita bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. & jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Kita & memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tak ada kesalahan pengejaan, tak ada kata-kata diulang or repetitif, & tata bahasa (grammar) digunkan sesuai. Dlm program MS Word Kita bisa menggunkan spell & grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dlm ejaan saja bisa menyebabkan Kita kehilangan kesempatan penting untuk memperoleh pekerjaan".

Contoh CV / Daftar Riwayat Hidup

DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Nama : Andrian Sanusi
Jenis Kelamin : Pria
Umur : 22 Tahun
Status : Single
Agama : Islam
Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 8 Januari 1985
Alamat : Jl Gubeng Kertajaya 177B no. 120-121 Surabaya
E-mail : sanusimx@telkom.net
Telepon : (031)71746624



PENDIDIKAN FORMAL
1991-1997 SD Negeri Waru III Sidoarjo
1997-2000 SLTP Negeri Waru I Sidoarjo
2000-2003 SMU Negeri 16 Surabaya


PENGALAMAN ORGANISASI
1.Anggota OSIS SMUN 16 Surabaya Periode 2001-2002
2.Ketua Sub-Divisi Akademis OSIS periode 2002-2003
3.Anggota Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Airlangga periode 2003-2004
4.Kepala Departemen 2 HIMA Jurusan Sastra Inggris periode 2004-2005


PENGALAMAN
Teknisi Komputer di MAS Komputer Hi-Tech Mall Surabaya dari Oktober 2003 sampai dgn Juli 2007

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kepala Yth :
Bagian Personalia
Di Tempat



Dgn hormat,

Saya telah melihat iklan Lowongan dari Perusahaan IT Bapak/Ibu pimpin dari koran Jawa Pos hari sabtu. Saya tertarik untuk bergabung dgn perusahaan Bapak/Ibu pimpin sebagai seorang Teknisi.

Nama saya Andrian Sanusi, & kebetulan sekali saya memiliki pengalaman dlm bidang IT selama kurang lebih tiga tahun sebagai seorang teknisi di salah satu retailer komputer di Hi-Tech Mall Surabaya. Bidang keahlian saya kuasai sebagai teknisi antara lain Troubleshooting Hardware, instalasi Windows & troubleshooting Windows beserta softwarenya, instalasi Linux, Networking, serta Proxy programming dgn menggunkan Squid. Selain keahlian tersebut diatas saya juga menguasai bahasa Inggris baik Lisan maupun tulisan.

Saya mempunyai kondisi kesehatan baik, loyalitas tinggi, jujur, ulet, cepat memahami bidang baru sedang dipelajari/dikerjakan, motivasi tinggi, & dapat/bersedia ditempatkan di bagian mana saja sesuai dgn kebutuhan perusahaan.

Harapan saya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya & saya menunggu jawabannya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Surabaya, 17 September 2007
Hormat saya,

Andrian Sanusi

Nonton Bioskop

Ada seorang pemuda di daerah sumatera utara sana, kebetulan sedang nonton film di bioskop di daerahnya. Salah satu adegan di film seperti itu adalah seorang gadis bahenol sedang berusaha membuka bajunya.....

setelah seperti itu dilanjutkan dgn membuka kaos dalamnya.... & tibalah pd adegan dimana gadis seperti itu harus membuka juga BH-nya.
Namun sebelum gadis seperti itu berhasil membuka BH-nya .... Tiba-tiba ada Kereta api lewat & menutupi si gadis. Setelah kereta api berlalu si gadis ternyata sudah berpakaian lengkap kembali. Kecewalah ucok, setelah beberapa disaat sempat menahan detak jantungnya. Esoknya, si Ucok datang lagi, beli karcis lagi, nonton lagi film yg sama. Dan.....kecewa lagi. Tanpa kenal kata menyerah, esoknya pun dia masih nonton lagi.. sampai beberapa hari. Tukang karcis melihat ucok, sampai2 hapal wajah si ucok, karena penasaran maka di tanyalah ucok kita ini. "Hey Lay.... Kalo tak salah, sudah kau tonton pilem seperti ini berkali-kali. .? Kenapa masih datang juga ? " "Ah benar kali seperti itu bang....., tetapi aku yakin bang .....suatu saat, kereta api keparat seperti itu pastilah terlambat " Jawab si Ucok penuh nafsu.

Mahasiswi Kedokteran

Ada 6 mahasiswi fakultas kedokteran sedang menunggu panggilan untuk ujian lisan untuk mata pelajaran penyakit dalam. Penguji terkenal seorang profesor top-killer. Mahasiswi pertama masuk & langsung mendapat pertanyaan.



Prof.: sebutkan bagian ba& dapat membesar sampai 7 kali !

Mahas.1 tak berani menjawab sambil menutup mulut & terkikik ... hihi... hihi.

Prof. marah : kamu pergi & panggil berikutnya !

Prof.: sebutkan bagian ba& bisa membesar sampai 7 kali !

Mahas.II juga tak menjawab cuma terkikik ...hihi...hihi. ..

Sang prof tambah marah & mengusir mahasiswi II. Sampai pd mahasiswi ke 5 jawabannya adalah sama yaseperti itu hihi...hihi. Masuklah mahasiswi ke 6...

Prof.: Sebutkan bagian ba& dapat membesar sampai 7 kali !

Mahasiwi 6: liver, profesor. Dia bisa 7 kali membesar kalau terkena radang.

Prof.: Bagus, untuk kamu sudah cukup. Katakan kepd teman-temanmu itu, bahwa "hihi...hihi. ." cuma berkembang sampai 5 kali !!!


Sopankah Menanykan Hasil Test Wawancara ?

Panggilan wawancara kerja merupkan ketika paling menyenangkan bagi pencari kerja. Sebab panggilan tersebut merupkan langkah awal untuk meniti pekerjaan diidamkan. Tak heran bila test wawancara or test interview menimbulkan banyak harapan di dlm diri pencari kerja. Bayangan mendapatkan pekerjaan bagus, gaji cukup & teman-teman kerja menyenangkan sekan sudah di pelupuk mata.

Tapiseringkali terjadi harapan tinggallah harapan, panggilan selanjutnya ternyata hanya tinggal penantian & impian. Dering telepon or surat panggilan selanjutnya, tak kunjung tiba. Kita pun jadi penasaran & diliputi berbagai pertanyaan, apakah kan ada panggilan lagi or memang hasil wawancara Kita tak diproses. Tak jarang harapan tadinya berkobar mendadak padam.

Memang, pada beberapa perusahaan memerlukan waktu agak lama bahkan ada membutuhkan waktu sampai satu bulan untuk memproses kelanjutan test wawancara. Nah, kalau Kita menghadapi situasi demikian, supaya tak penasaran, Kita dapat menanykan kepastian kepada perusahaan tersebut melalui telepon. Kita dapat bertanya setelah melewati waktu dua minggu dari waktu wawancara. Tanykan langsung pada divisi HRD or orang mewawancarai Anda.

Jangan merasa ragu & takut untuk menanykan hal ini, sebab bertanya merupkan hak Anda. Lagi pula, menanykan kepastian kabar & kelanjutan proses lamaran Kita dlm waktu dua minggu or lebih setelah wawancara adalah hal etis & cukup sopan. Perusahaan pun pasti maklum atas pertanyaan Anda. Untuk seperti itu usai wawancara, ada baiknya Kita menanykan siapa & nomor telepon dapat dihubungi untuk menanykan hasil wawancara Anda.

Bila pihak perusahaan menjawab bahwa hasil test Kita tersimpan dlm database & sewaktu-waktu diperlukan Kita kan dipanggil lagi, berarti jawaban sesungguhnya lamaran Kita tak diproses lebih lanjut. Jawaban seperti seperti itu biasanya merupkan penolkan secara halus setidaknya untuk ketika itu. Bisa jadi, suatu ketika bila ada kualifikasi cocok, Kita kan dipanggil lagi. Namun dgn jawaban seperti seperti itu Kita jangan lantas terus menanti tanpa berusaha lagi. Buatlah lamaran lain sebanyak-banyaknya.

Sebaliknya kalau jawaban perusahaan memberi kepastian, misalnya,"Kita memang memenuhi kualifikasi kami & dgn pertanyaan Anda, kami sekaligus memanggil Kita pada tanggal...", berarti kemungkinan besar Kita kan diterima. Mungkin ketika seperti itu pihak perusahaan belum sempat menghubungi Kita lebih lanjut dikarenkan adanya kepentingan lain.

Hidup seperti ini memang penuh dgn kemungkinan. Untuk seperti itu Kita jangan berhenti berusaha untuk mendapatkan kemungkinan terbaik. Sesampai kemungkinan seperti itu kan menjelma menjadi suatu 'kepastian' menggembirakan.

Wawancara Ketika Psikotest

Berbohong ketika tes wawancara bukan hanya tak berguna, tetapi juga bisa membuat Kita tak diterima. Lebih bijaksana apabila pertanyaan dijawab apa adanya, spontan, langsung ke pokok persoalan, tak mengada-ada, tak menggurui, & sopan.

"Padahal tinggal wawancara lo, kok gagal. Dulu juga begitu, selalu kandas di tahap ini". Keluhan macam seperti itu banyak kita dengar dari mereka tak lolos dlm wawancara psikologi untuk melamar kerja. Sebuah kenyataan menyesakkan, apalagi kebanykan tahapan wawancara berada diakhir proses seleksi. Lolos di sseperti ini berarti si calon diterima di tempat kerja baru.

Wawancara psikologi punya banyak makna. Ada beberapa versi, salah satunya, menurut Bingham & Moore, wawancara adalah "... conversation directed to define purpose other than satisfaction in the conversation itself". Sdgkan menurut Weiner, "The term interview has a history of usage going back for centuries. It was used normally to designate a face to face meeting of individual for a formal conference on some point."

Dari kedua definisi seperti itu didapatkan kondisi bahwa wawancara adalah pertemuan tatap muka, dgn menggunkan cara lisan, & mempunyai tujuan tertentu.

Jangan dibayangkan wawancara seperti itu sama dgn interogasi sebab tujuan utamanya memang "berbeda", meskipun sedikit serupa dlm hal menggali & mencocokkan data. pasti, cara dipergunkan dlm kedua hal seperti itu berlainan.

Interogasi lebih menekankan pada tercapainya tujuan, dgn berbagai cara & akibat, baik secara halus maupun kasar. Posisi interogator lebih tinggi & bebas daripada diinterogasi, serta lebih langsung.

Bandingkan dgn wawancara psikologi, di mana kedudukan antara pewawancara & diwawancarai relatif setara. Kondisinya pun berbeda, sebab tak ada penekanan serta tak menggunkan kekuasaan. Bahkan dlm kondisi ekstrem, seorang calon karyawan diwawancarai bisa saja tak menjawab, pewawancara pun tak kan memaksa. Namun, hal seperti itu tentu kan sangat mempengaruhi penilaian dlm pengambilan keputusan seorang psikolog.

Cocok berbobot

Wawancara dlm tes psikologi (psikotes) sebenarnya satu paket dgn tes tertulisnya. Tes seperti ini bertujuan mencari orang cocok & pas, baik dari tingkat kecerdasan, serta sifat & kepribadian. Istilah kerennya mendapatkan "the right man in the right place".

Persiapan Menghadapi Psikotest

Bila suatu ketika Kita mengikuti psikotes, konsultan pada Dunamis Intermaster, Tomy Sudjarwadi, menyarankan untuk mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, Kita mesti yakin terlebih dahulu bahwa posisi kan dimasuki lewat tes seperti itu bukan semata-mata sebab pertimbangan ekonomis, yakni untuk mendapatkan pekerjaan & uang saja. Namun, mesti ada unsur kecocokan dgn kemampuan.

Kedua, persiapkan diri dgn istirahat cukup. Seringkali, seseorang sebenarnya mampu mengerjkan tes. Namun, ketegangan membuat hasil tes menjadi jelek. Oleh sebab itu, Kita mesti beristirahat satu or dua hari sebelumnya supaya kondisi fisik menjadi prima.

Ketiga, jangan melihat jawaban orang lain. Pasalnya, hal tersebut kan membuat hasil Kita bertentangan dgn kondisi pribadi sesungguhnya. Isilah apa adanya. Jangan lupa untuk menjawab apa Kita ketahui terlebih dahulu.

Keempat, setiap psikotes ada pemetaannya. Artinya, setiap tes ada tujuannya. Ada tes ketelitian, kreativitas, & kecerdasan. Hal-hal seperti seperti ini mesti diantisipasi dari awal. Jadi, persiapkan mental sejak awal.

Pengarush Tatapan Mata Ketika Wawancara

Apakah pengaruh kontak mata pada ketika wawancara? Bagaimana juga pengaruh intonasi suara terhadap keberhasilan wawancara?

Dlm wawancara seringkali faktor diluar "isi" seringkali dapat mempengaruhi keberhasilan suatu wawancara. Mulai dari penampilan, sampai cara berbicara.

Seorang pewawancara berpengalaman kan meraskan sebagian karakter diwawancara dari sinar matanya. Tak perlu dgn memelototi, or dgn sinar mata syahdu, melainkan tataplah secara wajar kepada pewawancara.

Intinya, bahwa melalui tatapan Kita selama wawancara haruslah menandakan:
a) apakah Kita cukup percaya diri,
b) apakah Kita berpikir positif terhadap proses komunikasi dlm wawancara tersebut,
c) apakah Kita jujur dgn isi komunikasi Anda,
d) apakah Kita tampil "jujur" sesuai dgn kepribadian Kita sebenarnya, tak dibuat-buat.

Intonasi kan memperlihatkan apakah Kita seorang percaya diri or tidak. Tak perlu dgn cara mengatur suara seperti seorang pemain sinetron, tapicukuplah bahwa Kita dapat menggunkan intonasi menarik minat lawan bicara untuk terus berkomunikasi.

Usahkan tak memberi nada agresif, or nada "menutup" diri. Gunakanlah intonasi mewakili dgn isi pesan Anda. Volume, warna, & irama memang mesti diatur dgn baik, tapibukan mesti menjadi orang tampil bukan sebagai dirinya sendiri.

Bersikap Percaya Diri

Ada ekspresi khas dlm wawancara pekerjaan dari kebanykan lulusan Universitas, apabila ditanyakan, "Bagaimana kamu melihat hidupmu tiga tahun mendatang?". Pengalaman saya jarang menemukan sarjana baru secara spontan menggambarkannya dgn baik apa ada dlm pikirannya. Kebanykan malah memberikan reaksi dgn body-language standard: mata melirik ke atas (seolah-olah mencari cicak di langit-langit), kemudian memandangi lagi si pewawancara sambil tersenyum lebar, sembari kemudian berkata bingung, "Bagaimana ya?".

Ada banyak orang hidup bagaikan kepompong. Tak tahu apa mesti diperbuat dgn masa depan hidupnya. Mereka tak mempunyai konsep diri jelas, sesampai ia merasa sendirian, gelap & menakutkan. Padahal semua kepompong mempunyai potensi (potential within) untuk menjadi seekor kupu-kupu cantik. Kepompong terlalu cepat menghukum dirinya sendiri, ia tak tahu bahwa dia mesti mengalami transformasi untuk menjadi kupu-kupu cantik.

Kita semua bukanlah kepompong. Kita semua tahu, suatu ketika kita kan menjadi "kupu-kupu" cantik. Bukankah kita semua sudah dilengkapi dgn potensi diri masing-masing? kita perlukan sekarang adalah secara aktif masuk dlm proses "transformasi diri" sebenarnya sangat terbuka dgn berbagai macam kemungkinan. Jangan cepat menganggap Kita sendirian, gelap & takut dgn apa Kita hadapi sekarang ini. Seperti itu semua adalah bagian dari proses transformasi sedang Kita jalani. Percayalah!

Saran Penting Dlm Menghadapi Wawancara

Bagi Kita pencari kerja dipanggil untuk menjalani wawancara kerja, sebaiknya Kita memperhatikan beberapa saran di bawah ini.
  • Pastikan kita sudah tahu tempat wawancara . Bila tak diberitahu terlebih dahulu jenis pakaian apa mesti dipakai, jadi gunkan pakaian bersifat formal, bersih & rapi.
  • Mempersiapkan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan mungkin kan diajukan pewawancara.
  • Usahkan untuk tiba sepuluh menit lebih awal, bila terpaksa terlambat sebab ada gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan (pewawancara).
  • Sapa satpam or resepsionis kita temui dgn ramah.
  • Bila mesti mengisi formulir, isilah dgn lengkap & rapi.
  • Ucapkan salam (selamat pagi / siang / sore) kepada para pewawancara & bila mesti berjabat tangan, jabatlah dgn erat (tak terlalu keras namun tak lemas).
  • Tetaplah berdiri sampai kita dipersilkan untuk duduk. Duduk dgn posisi tegak & seimbang.
  • Persiapkan surat lamaran & CV anda.
  • Ingat dgn baik nama pewawancara.
  • Lakukan kontak mata dgn pewawancara.
  • Tetap fokus pada pertanyaan diajukan pewawancara.
  • Tunjukkan antusiasme & ketertarikan kita pada jabatan dilamar & pada perusahaan.
  • Gunkan bahasa formal, bukan prokem or bahasa gaul; terkecuali kita diwawancarai untuk mampu menggunkan bahasa tersebut.
  • Tampilkan hal-hal positif pernah kita raih.
  • Tunjukkan energi & rasa percaya diri tinggi.
  • Tunjukkan apa bisa kita perbuat untuk perusahaan bukan apa bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda.
  • Jelaskan serinci mungkin hal-hal ditanykan oleh pewawancara.
  • Ajukan beberapa pertanyaan bermutu diseputar pekerjaan kita & bisnis perusahaan secara umum.
  • Berbicara dgn cukup keras sesampai suara jelas terdengar oleh pewawancara.
  • Akhiri wawancara dgn menanykan apa mesti kita lakukan selanjutnya.
  • Ucapkan banyak terima kasih kepada pewawancara atas waktu & kesempatan diberikan kepada anda.

Tips Berpakaian Ketika Wawancara

Berpakaian "baik" dlm wawancara memang tak dapat digeneralisasikan sebab setiap perusahaan memiliki kebiasaan-kebiasaan/budaya perusahaan berbeda. Namun, ada beberapa tips dapat diingat, antara lain:

Cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan & Bapak/Ibu kan mewawancarai Anda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan or "kebiasaan" berpakaian secara formal, tapiada juga semi formal, or bahkan ada bebas. Hal seperti ini penting, supaya Kita tak dilihat sebagai "orang aneh', disesuaikan dgn posisi kan dilamar. Bagi pelamar pria disarankan menggunkan kemeja lengan panjang & berdasi, tak perlu menggunkan jas. Berpakaian rapi & bersih, tak kusut. Perhatikan hal berikut seperti ini untuk memberi kesan bahwa Kita menghargai wawancara seperti ini :
  • Berpakaian dgn warna tak terlalu menyolok (mis. mengkilap, ngejreng).
  • Bagi pelamar wanita berpakaian tak terlalu ketat (rok bawah, kancing baju atasan).
  • Berpakaian dgn desain simpel (tak telalu banyak pernik-pernik, toh seperti ini bukan acara pesta).
  • Tak berlebihan dlm menggunkan wewangian & perhiasan.

Tips Menghadapi Wawancara Psikotest

Persiapan Wawancara

Wawancara adalah bagian dari proses penerimaan karyawan sering kali membuat banyak orang merasa ketar-ketir. Berbeda dgn proses lainnya misalnya psikotes or tes keterampilan mungkin masih bisa ditebak, wawancara sama sekali tak terduga, baik mengenai karakter pewawancara maupun pertanyaan kan diajukan.

Satu hal pasti, proses wawancara mempunyai tujuan tertentu. Bisa saja dimaksudkan untuk lebih mengetahui keterampilan teknis dimiliki pelamar, mengetahui kepribadian pelamar, or sekadar mengetahui kemampuan pelamar menangani berbagai situasi berbeda.

Wawancara biasanya dilakukan untuk melengkapi hasil tes tertulis. Hal-hal tak mungkin diperoleh dari tes tertulis kan digali melalui proses wawancara. Dlm hal ini, Kita dituntut untuk benar-benar menguasai bidang pekerjaan Kita lamar, sesampai pertanyaan apa pun diajukan dapat dijawab dgn memuaskan. Meski sama-sama menguji pengetahuan, namun wawancara sedikit lebih sulit sebab Kita mesti mampu mengungkapkan pengetahuan tersebut secara verbal.

Sering kali Kita mungkin paham seratus persen materi kan ditanyakan. Namun sebab Kita gugup, kurang percaya diri, & tanpa persiapan, semua pengetahuan Kita mendadak buyar. Tak ada cara lain untuk dapat menguasai kemampuan verbal seperti ini terkecuali melatihnya terus-menerus. Berlatihlah dgn seorang rekan untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan kan dilontarkan pewawancara.

Wawancara Tak Terduga

Menghadapi wawancara mengenai bidang kerja, mungkin tak terlalu menyulitkan. sukar bila "topik" wawancara sama sekali tak jelas & tak terduga. Hal seperti ini kerap dilakukan untuk mengetahui kepribadian si pelamar.

Kerap kali, bila Kita telah sampai pada tahap wawancara sebenarnya secara kualitas Kita telah memenuhi persyaratan untuk diterima di perusahaan tersebut. Tinggal lagi persoalan cocok-tak cocok. & tak ada jalan lain untuk menentukan hal seperti ini selain berinteraksi langsung melalui wawancara. Repotnya, tak ada standar mengenai wawancara "cocok-cocokan" ini, sebab sangat tergantung perusahaan masing-masing. Apa bisa Kita lakukan ialah membuka mata & telinga lebar-lebar, mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kebiasaan di perusahaan tersebut. Tak ada salahnya Kita bertanya kepada resepsionis, satpam, or tukang parkir sekalipun untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan di tempat tersebut.

Namun, beberapa hal prinsip dapat Kita pegang, pewawancara mana pun kurang menyukai orang terlalu tertutup. Usahkan memberikan informasi sejelas-jelasnya mengenai apa ditanykan oleh pewawancara. Jangan pasif, sebaiknya usahkan aktif memberi informasi. Jangan mengesankan Kita menyembunyikan sesuatu, namun Kita juga jangan terlalu berlebihan & menyampaikan hal-hal tak relevan. Tetaplah tenang & mengatkan sebenarnya.

Ada juga tipe pewawancara "telah kehabisan ide", mencoba-coba memberikan pertanyaan terkesan menyelidik, misalnya "bila Kita sebuah pohon, Kita ingin jadi pohon apa?" or : bila Kita adalah seorang atlet terkenal, kira-kira menjadi siapakah gerangan Anda?" Terhadap pertanyaan begini, berikan jawaban panjang-lebar & pastikan bahwa pewawancara kan merasa bosan sesampai ia kan segera menghentikan pertanyaannya. Namun ingat, usahkan jawaban Kita selalu mengindikasikan karakter kuat, ulet, & bersemangat, sebab perusahaan mana pun selalu menyukai orang demikian.

Berbagai Kondisi

Ada kalanya wawancara juga dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan Kita menghadapi & menangani berbagai situasi. Untuk jenis seperti ini Kita mungkin menghadapi pewawancara kan mendiamkan Kita begseperti itu saja selama 5-10 menit sebelum memulai percakapan. Mungkin juga ia kan berpura-pura tak peduli & membaca koran ketika Kita masuk, or ia kan mengajukan bantahan-bantahan tak masuk akal terhadap setiap jawaban Anda, or mengajukan pertanyaan-pertanyaan konyol tentang keluarga Anda, & banyak trik lain.

Menghadapi kondisi begini, prinsip utama mesti Kita pegang adalah Kita benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut, sesampai apa pun terjadi Kita kan menghadapinya dgn baik. Bila Kita dicuekin, tetaplah bersikap sopan. Katkan "Saya tertarik dgn pekerjaan seperti ini & bermaksud menjelaskan kepada Bapak/Ibu mengapa Kita mesti mempertimbangkan saya untuk posisi ini."

Jangan sampai terpengaruh dgn sikap pewawancara mungkin tampak aneh. Usahkan tetap tenang & berpikir positif. Tanamkan dlm benak Kita bahwa hal seperti ini hanyalah bagian dari proses wajar sesampai Kita tak perlu merasa sakit hati or kecewa. Nah, selamat menghadapi wawancara.

Tips Cara Menulis Surat Lamaran di Email

Makin banyak perusahaan membolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal seperti ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, seperti ini kan mengurangi jumlah surat lamaran dlm bentuk kertas mesti mereka terima & arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya.

Bagi calon karyawan, seperti ini kan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Bila Kita mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dgn mudah Kita dapat mengkopi email lamaran Kita sebelumnya & menyesuaikannya.

1. Judul Email
Judul email Kita haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Anda. Sebab seperti itu tuliskan judul jelas tapisingkat. Sebagai contoh, Kita dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".

Catatan: Baca dgn baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta Kita menuliskan kode tertentu di judul or subject email Anda. Terutama bila pada ketika bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

2. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di ba& email or di file tersendiri. Menurut teman saya bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, Kita dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Kita di ba& email. Artinya, perusahaan tetap kan menerima surat lamaran Kita dgn baik. Pengalaman saya, tak pernah ada perusahaan menolak lamaran suratnya dituliskan di ba& email.

3. Bagaimana dgn Resume?
Jangan menulis resume Kita di ba& email. Tuliskan dlm file tersendiri & jadikan sebagai lampiran email Anda.

4. Word, PDF, or Text?
Biasanya perusahaan kan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file bisa Kita kirim. Meskipun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan Kita untuk mengirimkan file berformat pdf. Bila tak disebutkan, kirimkan resume Kita dlm file MS Word (.doc).

File text (ekstension .txt) lebih baik tak digunkan sebab pada ketika dikirim dgn email, file tersebut terkadang muncul di ba& email. Seperti ini terutama bila Kita menggunkan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, or Hotmail.

5. Ukuran Email
Usahkan ukuran email Kita tak melebihi 300 kb. Ukuran email seperti ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file di-attach. Sebab seperti itu periksa besar file Kita lampirkan. Bila Kita diminta menyertkan foto, jangan masukkan file foto terlalu besar. Perkecil ukuranya dgn menggunkan berbagai jenis program photo editor.

6. Email Signature
Email signature adalah text dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature seperti ini bisa Kita program sendiri, or bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature seperti ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.

Email web gratis seperti Yahoo! & Hotmail menambahkan signature seperti ini secara otomatis pada semua email mereka kirim. Sdgkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya.

7. Test Kirim
Untuk surat lamaran dikirim lewat email, selain melakukan proof read, Kita juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan seperti ini dgn mengirimkan email lamaran Anda, lengkap dgn attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan Kita tuju. Kirim ke alamat email lain Kita punya. Bila Kita hanya mempunyai satu alamat email, Kita bisa membuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, or Hotmail.

Apa pentingnya langkah ini? Sering kali format email Kita kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Ketika mengirimkan email dari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email saya berubah dari satu menjadi dua. Tetapi sebaliknya, email saya kirim dari Gmail ke Yahoo! tak berubah formatnya. Seperti ini alasan kedua saya menggunkan Gmail untuk mengirimkan lamaran saya.

Tips Umum Menulis Surat Lamaran

Banyak perusahaan memandang surat lamaran or cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Sebab seperti itu penting sekali bagi Kita untuk menuliskan surat lamaran baik. Berbagai tips di bawah kan membantu Anda.

1. Kesan Individual
Bila Kita berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Kita menuliskan nama perusahaan benar pada surat lamaran Anda. Selain seperti itu perlu juga Kita membuat surat lamaran ditujukan pada seseorang. Gunkan nama & jabatan spesifik bila mungkin. Secara khusus, untuk surat ditujukan pada seorang perempuan, bila Kita tak mengetahui status pernikahannya, gunkan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.

Ingat: Di Internet & di MS Word tersedia banyak template or contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dgn keperluan Anda.

2. Singkat & Padat
Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Kita dgn singkat & padat. Gunkan bahasa mudah. Gunkan kata-kata biasa digunakan. Tak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Kita dgn menggunkan kata-kata sulit.

Ingat: Jangan menulis surat lamaran Kita lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran terlalu panjang tak efektif.

3. Rapi & Bersih
Sedapat-dapatnya gunkan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dgn begseperti itu Kita dapat menuliskan surat lamaran rapi & bersih sesampai mudah dibaca.

Ingat: Hindari menulis surat lamaran dgn tulisan tangan. Hindari menggunkan tip-ex or sejenisnya dlm surat lamaran Anda.

4. Isi
Dlm surat lamaran Anda, ada beberapa hal perlu dituliskan:

Pembukaan: Sebutkan dimana Kita mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.Contohnya, Kita bisa menyebutkan bahwa Kita mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, or dari seorang teman Anda.
Pekerjaan Kita sekarang: Ceritkan secara singkat posisi & bidang pekerjaan Kita ketika ini. Kita juga perlu menceritkan secara singkat pencapaian utama Kita dlm pekerjaan tersebut. Supaya memberikan gambaran lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". perlu Kita perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal relevan dgn pekerjaan Kita lamar. Baca dgn baik persyaratan dibutuhkan dlm iklan lowongan pekerjaan tersebut. Bila pekerjaan Kita lamar adalah di bidang marketing research, Kita mungkin tak perlu menceritkan pencapaian Kita di bidang logistik.

Pendidikan: Bila latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Bila Kita pernah mendapatkan pendidikan di sekolah cukup dikenal, ada baiknya Kita menuliskannya di surat lamaran.
Penutup: Dlm penutup ingatkan pembacanya bahwa Kita mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Kita menyatkan kapan ketika terbaik Kita bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. & jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Kita & memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tak ada kesalahan pengejaan, tak ada kata-kata diulang or repetitif, & tata bahasa (grammar) digunkan sesuai. Dlm program MS Word Kita bisa menggunkan spell & grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dlm ejaan saja bisa menyebabkan Kita kehilangan kesempatan penting untuk memperoleh pekerjaan".

Hal Mesti Dihindari Dlm Membuat Resume

Dlm membuat resume pelamar perlu berhati-hati dlm mencantumkan or menuliskan hal-hal sebagai berikut:

Riwayat Gaji
Riwayat gaji adalah gaji pernah diterima & diharapkan. Dlm hal pencantuman jumlah gaji diterima & diharapkan, pelamar mesti sangat berhati-hati dlm memutuskan perlu tidaknya mencantumkan hal tersebut dlm resume. Untuk seperti itu pelamar dituntut kejeliannya dlm melihat iklan lowongan kerja or informasi tentang lowongan kerja tersebut. Pada lowongan kerja sudah mencantumkan dgn jelas berapa gaji kan diterima pertahun or per bulan, sebaiknya pelamar tak perlu membuat riwayat gaji dlm resume dibuatnya. Hal seperti itu tentu saja kan sangat berbeda bila di dlm iklan memang mengharuskan pelamar untuk mencantumkan riwayat gaji & besarnya gaji diharapkan.

Referensi
Dlm hal pencantuman nama orang kan dijadikan referensi, pelamar mesti benar-benar yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui diri si pelamar & memiliki pengaruh positif bagi perusahaan dilamar. Artinya pelamar tak boleh asal menyebutkan nama orang sebagai referensi seperti mantan atasan or dosen. Daripada memakskan diri untuk menyebut nama- nama orang sebagai referensi, pelamar cukup menuliskan: "Referensi: kan diberikan bila diminta".

Dokumen Pendukung
Meskipun tak ada keharusan bagi pelamar untuk menyertkan dokumen or bukti-bukti tentang hal-hal dituliskan dlm resume, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat or penghargaan, dll, namun mengingat kondisi di Indonesia jadi sebaiknya pelamar menyertkan dokumen pendukung tersebut dlm bentuk photocopy. Hal seperti ini penting untuk meyakinkan pembaca bahwa kita benar-benar menulis resume berdasarkan fakta ada.
Ingat: "Jangan sampai dokumen pendukung tersebut menjadi terlalu banyak". Untuk seperti itu kita mesti menyeleksi/mensortir dokumen mana paling pantas & relevan untuk dilampirkan.
Contoh: Bila kita pernah mengikuti kursus komputer beberapa kali, tak perlu semua sertifikat dari setiap kursus tersebut kita lampirkan, tapicukup salah satu paling tinggi tingkatannya.

Informasi Pribadi
Pelamar sebaiknya berhati-hati menuliskan hal-hal bersifat pribadi. Beberapa hal umumnya boleh dituliskan adalah status perkawinan, jumlah anak, kepemilikan kendaraan, kesediaan untuk di relokasi or melakukan travelling ke luar kota / luar negeri. Di luar hal-hal tersebut pelamar mesti benar-benar yakin bahwa informasi pribadi ditulisnya kan relevan dgn pekerjaan dilamar, bila tak sebaiknya jangan menulis informasi pribadi tersebut.

Para pembaca budiman, apapun pilihan karir kita pastikan untuk membuat resume or pun CV secara maksimal. Apabila memang kita merasa belum yakin dgn apa telah kita buat selama ini, cobalah buat sekali lagi & apabila perlu minta orang lain untuk menilai resume or CV kita tersebut. Selamat mencoba! Semoga kita cepat memperoleh pekerjaan diinginkan.

Aspek Utama Dlm Membuat Resume

Untuk lebih meyakinkan pembaca, Kita dapat memberikan penekanan pada beberapa aspek tertentu dari latarbelakang Kita relevan dgn pekerjaan dlm rangka memberikan pemahaman kepada pengusaha tentang nilai-nilai potensial kita kan berguna bagi si pengusaha or perusahaannya. Adapun aspek-aspek dapat kita tonjolkan adalah:

Penghargaan or Reward
Tuliskan sesuai dgn posisi Kita lamar.
Contoh: bila kita melamar sebagai IT Manager, pihak perusahaan (recruiter) tentu ingin tahu kemampuan kita di bidang teknik & bagaimana kemampuan tersebut dibandingkan dgn rekan-rekan lain. Bila kita pernah menerima penghargaan di bidang tersebut, tuliskanlah! Dgn demikian perusahaan kan tahu dimana tingkatan kemampuan anda.

Prestasi Akademik
Tuliskan gelar & prestasi akademik kita raih sertkan juga judul Tugas Akhir/Skripsi/Thesis/Disertasi.

Kemampuan Tambahan
Kemampuan tambahan dapat berupa kemampuan mengoperasikan program komputer or pelatihan-pelatihan khusus pernah diikuti.

Keanggotaan dlm organisasi Professional
Bila kita terlibat dlm organisasi professional seperti Assiosiasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Ikatan Akuntan Indonesia (AAI), dll berguna bagi pembaca, jangan segan untuk menuliskannya.

Indikator Kesuksesan
Kita dapat menuliskan berbagai indikator kesuksesan pernah kita peroleh.
Contoh: beasiswa sebab kecerdasan anda, dikirim training ke luar negeri sebab keberhasilan kita dlm perusahaan, keberhasilan kita menekan biaya operasional di divisi anda, dll.

Pengalaman Berhubungan dgn Pekerjaan
Tuliskan semua pengalaman pernah kita alami sesuai dgn tuntutan pekerjaan kita lamar.
Contoh: bila pekerjaan kita lamar menuntut kita untuk sering melakukan traveling keluar negeri, pastikan pembaca tahu bahwa kita mahir berbahasa Inggris.

Saran Penting Dlm Membuat Resume

Bagi kita pencari kerja mungkin mengalami masalah dlm membuat resume, perhatikan beberapa saran berikut ini:

Nama & Uraian Jabatan
Tulis nama jabatan kita & lengkapi dgn penjelasan tentang aktivitas-aktivitas harian Anda. Usahkan untuk menuliskan aktivitas-aktivitas dapat diukur. Ingat: Kita mesti dapat memberitahu pembaca tentang apa persisnya pekerjaan telah Kita lakukan.

Tanggal & Tempat
Tulislah riwayat pendidikan & pekerjaan kita secara tepat. Misalnya: kapan kita diterima bekerja & kapan kita keluar dari perusahaan X, kapan kita menjabat sebagai ......... or kapan kita pindah kerja dari kantor pusat ke kantor cabang.
Ingat: Jangan membuat pembaca menebak-nebak kapan kita bekerja & untuk berapa lama.

Rinci
Jelaskan kata-kata or istilah-istilah teknikal/khusus mungkin ada dlm resume kita sedetil mungkin.

Proporsional
Tuliskan pekerjaan or pendidikan sesuai dgn kepentingan si pembaca & buatlah secara proporsional.
Contoh: Bila kita melamar sebagai Marketing Manager hendaklah kita tak menulis hanya satu paragraph mengenai pekerjaan kita sebagai Sales Manager & tiga paragraph lainnya tentang kegiatan kita sebagai Trainer.

Relevansi
Tuliskan hanya hal-hal relevan dgn tuntutan pekerjaan kita lamar.
Contoh: Tak perlu menuliskan pengalaman berorganisasi kita selama kuliah meskipun kita menjabat sebagai ketua Senat Mahasiswa selama beberapa periode, bila pekerjaan kita lamar tak berhubungan dgn kemampuan organisasi or leadership.

Eksplisit
Jangan membuat resume membuat pembaca berimajinasi.
Contoh: jangan berasumsi bahwa pembaca tahu bahwa kita tamatan Unika Atma Jaya Jakarta, or Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bila kita tak menuliskan nama kota bisa jadi pembaca menganggap kita tamatan dari kota lain.

Panjang
Pada umumnya resume hanya terdiri dari 2 (dua) halaman. Namun bila memang riwayat karir & pendidikan kita rasa sangat penting untuk ditampilkan menuntut kita untuk memperpanjang, jadi 3 (tiga) halaman resume masih dapat diterima.

Tkita Baca, Ejaan, & Tata Bahasa
Tidaklah dibenarkan bila dlm resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tkita baca, ejaan maupun tata bahasa. Bila kita menulis resume dlm bahasa Inggris, cobalah minta untuk direview oleh teman/kerabat menguasai bahasa tersebut, bila memang kita belum yakin.

Mudah Dibaca
Resume dibuat secara kacau balau menggambarkan pikiran tak jernih & ketidakmampuan penulis dlm menuangkan isi hatinya. Oleh sebab seperti itu sangat penting membuat resume mudah dibaca, tak terpisah-pisah & logis.

Penampilan
Pilihlah format terbaik dapat kita tampilkan untuk membuat resume, termasuk disseperti ini adalah pemilihan jenis huruf, kertas digunkan serta paduan warna (bila menggunkan printer warna).

Untuk lebih meyakinkan pembaca, Kita dapat memberikan penekanan pada beberapa aspek tertentu dari latarbelakang Kita relevan dgn pekerjaan dlm rangka memberikan pemahaman kepada pengusaha tentang nilai-nilai potensial kita kan berguna bagi si pengusaha or perusahaannya.

Tips Umum Membuat Resume

Resume or riwayat singkat berisi pengalaman & ketrampilan dimiliki oleh seseorang melamar sebuah pekerjaan amatlah menentukan bagi dipilih or tidaknya si pelamar untuk masuk ke tahapan selanjutnya dlm proses rekrutmen & seleksi karyawan. Resume dibuat dgn baik kan mempermudah pembacanya (baca: recruiter) dlm mengevaluasi kualifikasi dimiliki oleh si pelamar.

Pentingnya membuat resume dirancang secara khusus (bukan menjiplak model resume orang lain) seringkali tak disadari oleh si pelamar. Dlm banyak kasus masih sering dijumpai bahwa pelamar justru menggunkan format resume sudah baku dgn cara membeli formulir resume dijual di toko-toko buku or pun mendownload formulir terdapat di websites. Memang hal seperti ini tidaklah sepenuhnya salah, namun demikian si pelamar hendaklah mempertimbangkan apakah format tersebut sudah cocok dgn karakter dirinya. Apa terjadi bila ternyata format baku tersebut, setelah diisi oleh pelamar, ternyata justru banyak menyiskan ruang kosong alias tak dapat diisi semuanya. Bukankah hal demikian justru dapat menyebabkan si pelamar tampak penuh dgn kekurangan di mata si pembaca resume tersebut. Selain seperti itu resume menjadi tak enak untuk dilihat.

Dlm kompetisi memperebutkan pekerjaan di tengah - tengah situasi ekonomi tak menggembirkan ketika ini, ditambah lagi dgn banyaknya jumlah pencari kerja, tak jarang para pengusaha (baca: orang mempekerjakan) mesti meluangkan banyak waktu untuk menyeleksi para calon pekerja berkualitas. Mengingat bahwa satu jabatan lowong bisa dilamar oleh ratusan bahkan ribuan pelamar, jadi pengusaha sangat mengandalkan resume pelamar untuk menyaring/menyeleksi mereka untuk dipanggil wawancara or test dlm proses berikutnya. Dgn kondisi demikian jadi pelamar tak dapat membuat resume dapat menggambarkan kualitas dirinya dlm bentuk resume menarik, padat, & lugas kan sangat kecil kemungkinannya untuk dipanggil. Alangkah sayangnya bila pelamar ternyata sangat menguasai bidang dilamarnya tapigagal hanya sebab resume dibuatnya tak berkenan di hati pengusaha/pembaca.

Dgn membuat resume secara menarik, padat & lugas si pelamar sebenarnya memperoleh manfaat sangat besar bagi dirinya sebab ia telah mampu memberikan fakta-fakta tentang latar belakang pelamar & menunjukkan kualifikasi dimiliki sesampai layak untuk memangku jabatan dilamar memperlihatkan tujuan karir diinginkannya.

Contoh surat penawaran, jual beli tanah

contoh surat penawaran ataupun jual beli tanah ini sebenarnya adalah surat perjanjian, pada posting terdahulu kami sudah mennyajikan contoh surat jual beli tanah ini. namun karena kami analisa dari traffic masih banyak yang mencari, jadi kami sajikan contoh surat perjanjian jual beli tanah yang lain.

dalam surat perjanjian juala beli tanah perlu di perhatikan hal-hal berikut ini:

tertera identitas pihak pertama (penjual) dan pihak kedua (pembeli)
pihak pertama dan kedua bertanda tangantanda tangan
pihak pertama diatas materai
adanya saksi minimal dua orang kerabat pihak pertama
adanya tanda tangan kepala desa rt/ rw setempat
adanya denah dan batas-batas tanah yang dicantumkan jelas di dalam surat seperti luas tanah, batas timur, barat, utara, selatan, dan dicantumkan nama jalan.
untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh di bawah ini


download Contoh surat penawaran, jual beli tanah

lamaran kerja

Cara membuat lamaran kerja baik

CARA BACA BAN

Tips kali seperti ini mungkin sepele bagi anda, para pembaca. Namun sepengalaman aku banyak juga orang-orang belum paham apa arti angka-angka tertera pd dinding sebuah ban. Data-data pd dinding ban seperti ini bukanlah hal sepele. Terlepas dr ukuran ditunjukkan, ada kode-kode menunjukkan “bagus-tidaknya” sebuah ban.
...
Kode angka tertera pun bisa berbeda cara bacanya. Untuk lebih jelasnya, akan aku coba terangkan di bawah ini.


195/60 R14 86H

195 = Lebar tapak ban dalam satuan millimeter
60 = Aspek rasio, menunjukkan persentase tinggi dinding ban terhadap lebar tapak
R = Menunjukkan konstruksi ban, yaseperti itu Radial
14 = Ukuran pelek dipakai, yaseperti itu ring 14 inci
86 = Kode beban maksimum dapat ditanggung ban
H = Kode kecepatan maksimum aman dikendarai


7.00 R15 LT

7.00 = Lebar tapak ban dalam satuan inci
R = Konstruksi ban, yaseperti itu Radial
15 = Ukuran pelek dipakai, yaseperti itu ring 15 inci
LT = Menandakan ban untuk jenis kendaraan Light Truck


31x10,5 R15 LT

31 = Menunjukkan diameter ban dalam satuan inci
10,5 = Menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan inci
R = Konstruksi ban, yaseperti itu radial
15 = Ukuran pelek dipakai, yaseperti itu 15 inci
LT = Jenis ban untuk kendaraan jenis Light Truck

Tiga jenis kode angka-huruf di atas adalah pakem kode dipakai pd sebuah dinding ban mobil. Selain dr kode di atas, ada juga kode menunjukkan kapan ban tersebut diproduksi. Contoh kodenya misalnya: 2404. Kode seperti ini menandakan bahwa ban tersebut diproduksi pd minggu ke-24, tahun 2004. Patut diingat, jangan memilih ban sudah berusia lebih dr dua tahun, walaupun ban tersebut masih baru/bagus. Hal seperti ini dikarenakan, bila sebuah ban tak dipakai dalam kurun waktu dua tahun, karet ban akan kehilangan kekenyalannya (menjadi getas). Bila ngotot dipakai resiko pecah ban akan sangat besar. Selain itu, ada juga tkita dinamakan TWI (Thread Wear Indicator). Tkita seperti ini berupa segitiga kecil. Jangan memakai ban tkita TWI-nya sudah aus, kecuali bila kita memang berniat bunuh diri.

Gunung anak krakatau sering gempa

gunung anak krakatau
Status anak gunung krakatau telah meningkat dari level II (waspada) menjadi level III(siaga) peningkatan status ini seiring dengan peningkatan aktivitas gunung anak krakatau, saat ini gempa pulkanik (gempa tremor) gunung anak krakatau mencapai 1648 kali, artinya gempa tremor saat ini 1200/ hari.

Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melarang aktivitas masyarakat dan turis yang hendak mendekat ke gunung anak krakatau, jarak yang dilarang sampai 2 km.

akibat dari peningkatan status gunung anak krakatau ini menyebabkan para nelayan yang biasa mencari ikan di pinggiran gunung krakatau harus memindahkan lokasi pencarian ikan. bahkan ada yang berhenti melaut karena khawatil akan celaka.

namun demikian aktivitas pelayaran di sekitar selat masih seperti biasa, belum ada pelarangan aktivitas transportasi laut maupun udara oleh Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)

diharapkan agar masyarakat tetap tenang, karena peningkatan aktivitas gunung anak krakatau sudah biasa, dan bukan baru sekali ini terjadi.

Gunung sinabung peningkatan aktivitas

Gunung Sinabung yang ada di Kabupaten Karo Sumatera Utara pagi ini mengalami peningkatan aktivitas, ini menurut salah satu warga yang ada dibawah kaki gunung sinabung, alasannya adalah terlihatnya asap hitam yang cukup tinggi dari kawah gunung, biasanya asap yang keluar dari gunung berwarna putih, tapi pagi ini asapnya terlihat lebih gelap dari biasanya.

di jalan-jalan juga ditemui beberapa warga yang menggunakan masker saat berkendaraan, berikut foto (photo) gunung sinabung yang kami dapat pagi ini:

letusan gunung sinabung

Pusat pelatihan pengelolaan bencana pertama di Indonesia

Pusat pelatihan pengelolaan bencana pertama di Indonesia ternyata ada di Padang sumatera barat, iniakan mulai beroperasi sejak bulan desember tahun 2011, pusat pelatihan ini merupakan hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Australia


"Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang paling rentan terhadap bencana dan memiliki banyak wilayah terpencil. Pengelola bencana yang lebih terlatih dan kemampuan tanggap bencana yang lebih cepat akan menyelamatkan nyawa," kata Dr Matt Hayne, Wakil Direktur Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR), Jumat (14/10/2011), di Jakarta dalam rilisnya.

pusat pelatihan ini ditujukan untuk tanggap darurat dan aksi cepat dalam menangani bencana gempa dan tsunami khusunya di kota Padang. oleh karena itulah maka pusat pelatihan ini di bangun di kota Padang Sumatera Barat. tujuannya untuk melatih petugas-petugas yang mampu dan sigap dalam menangani bila terjadi tsunami dan gempa di kota Padang

memang sudah santer berita tentang akan adanya gempa dan tsuanmi besar di kota Padang, namun waktunya belum ada yang bisa memastikan. secara teori dipastikan bahwa kekuatan gempa akan mencapai 8 skala righter.

untuk dapat menjadi anggota relawan tanggap bencana yang akan dilatih di kota padang ini silahkan tunggu informasinya di blog ini :)

bencana di indonesia tahun dan jenisnya

bencana di Indonesia, negara yang hampir di setiap titiknya memiliki resiko bencana yang sangat tinggi ini ternyata negara yang berpenghuni besar, tentu itu karena selain berpotensi bencana alam dan sosial yang besar negara ini juga dikaruniai dengan sumber daya alam yang melimpah.

artikel tentang surat-surat di blog ini hampir rampung jadi untuk rencana ke depan akan di tambahkan artikel-artikel tentang bencana alam yang terjadi di bumi khusunya diIndonesia.

adapun cakupan artikel dan informasi bencana yang akan kita saajikan adalah seputar :
bencana banjir
bencana gempa dan tsunami
bencana gunung meletus
bencana sosial

untuk langkah perkenalan maka sepatah dua dari tulisan inilah yangkami jadikan sebagai pengantar.

intuk informasi mudah-mudahan semua informasi yang kita sajikan ini memiliki manfaat yang nyata bagi penanggulangan bencana.

serasa ingin menulis:bencana alam, artikel bencana, gambar bencana, bencana tsunami bencana banjir contoh bencana artikel alam bencana download

contoh sertifikat lisensi usaha dagang dari dirjen haki (pwngurusan)

contoh sertifikat haki
prosedur pengurusan sertifikat HAKI

HAK DESAIN INDUSTRI SEBAGAI HAK KEKAYAAN TIDAK BERWUJUD
Hak kekayaan intelektual (intellectual property rights) dianggap merupakan bagian dari kekayaan tidak berwujud (intangible assets) yang juga dapat dialihkan. Menurut ketentuan hukum umum peralihan terhadap benda bergerak diatur dalam Pasal 612 KUH Perdata yang menyatakan bahwa penyerahan kebendaan bergerak, terkecuali yang tak bertubuh, dilakukan dengan penyerahan yang nyata akan kebendaan itu oleh atau atsa nama pemilik, atau dengan penyerahan kunci-kunci dari bangunan, dalam mana kebendaan itu berada.

Selain ketentuan itu, peralihan benda bergerak yang dicakup dalam HaKI diatur masing-masing oleh undang-undang tersebut. Pengalihan hak Desain Industri -sebagaimana diatur dalam pasal 31 UUDI- dapat terjadi karena:
a. pewarisan;
b. hibah;
c. wasiat;
d. perjanjian tertulis; atau
e. sebab-sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan;

Pengalihan hak tersebut di atas disertai dengan dokumen tentang pengalihan hak, dan pengalihan hak itu wajib dicatatkan pada Ditjen HaKI, dan pengalihan hak yang tidak dicatatkan tidak berakibat hukum pada pihak ketiga.

Selain dapat dialihkan, atau disewakan, hak Desain Industri dapat juga dilisensikan yaitu dengan cara memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk membuat, menjual, menyewakan, menyerahkan, memakai, menyediakan untuk dijual atau disewakan atau diserahkan hasil produksi yang menggunakan desain industri dan diatur dalam perjanjian lisensi.

Seluruh perundang-undangan HaKI -termasuk UUDI- mencantumkan ketentuan lisensi yang memungkinkan pihak lain memanfaatkannya dengan memperoleh ijin terlebih dulu, dan membayar royalti kepada pemegang hak tersebut. Ketentuan lain yang diatur dalam undang-undang itu adalah kewajiban mencatatkan perjanjian lisensi pada Ditjen HaKI dengan membayar biaya. Perjanjian lisensi yang dicatat itu akan diumumkan dalam Berita Resmi masing-masing. Tidak dicatatkannya perjanjian lisensi itu akan mengakibatkan tidak menimbulkan konsekuensi hukum bagi pihak ketiga.

UUDI mengatur klausula larangan dalam perjanjian lisensi yang menyatakan bahwa perjanjian lisensi dilarang memuat ketentuan baik yang langsung maupun tidak langsung dapat menimbulkan akibat yang merugikan bagi perekonomian Indonesia atau memuat ketentuan yang mengakibatkan persaingan usaha tidak sehat.

Akan tetapi ketentuan lebih lanjut diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP). Disayangkan hingga sekarang, PP tentang Lisensi belum disahkan oleh pemerintah walau beberapa kali RPP tentang Lisensi telah dibahas oleh Ditjen Peraturan Perundang-undangan. Sebaiknya PP tentang lisensi dapat mengacu pada ketentuan-ketentuan yang berlaku di Masyarakat Eropah atau Jepang mengenai Patent and Know-How Licensing AgreementCatatan 11 yang membagi 3 (tiga) kategori perjanjian lisensi yaitu black clause, white clause, dan grey clause.

Salah satu pertimbangannya adalah karena pengalaman negara-negara itu dalam menerapkan lisensi telah cukup lama, dan dapat efektif mencegah atau mengatasi persaingan usaha tidak sehat (unfair business practices), dan juga persaingan curang (unfair competition).

tata cara pengurusan sertifikat SNI

berikut kami sajikan tata cara pengurusan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam beberapa artikel yang berurutan, jadi untuk lengkapnya silahkan baca seluruh artikel di bawah ini:

Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI (SPPT SNI) Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) adalah Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI yang diberikan kepada produsen yang mampu menghasilkan Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) yang sesuai persyaratan SNI.

pemberlakuan sni wajib baja lembaran dan gulungan

PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS)
PEMBERLAKUAN SNI WAJIB BAJA LEMBARAN DAN GULUNGAN LAPIS PADUAN ALUMINIUM-SENG (Bj.L AS)

BAB I
KETENTUAN UMUM

1.1. Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI (SPPT SNI) Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) adalah Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI yang diberikan kepada produsen yang mampu menghasilkan Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) yang sesuai persyaratan SNI.

1.2. Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) adalah produk yang dihasilkan dari proses pelapisan paduan aluminium seng dengan cara celup panas dari bahan baku baja lembaran canai dingin.

1.3. Sistem Manajemen Mutu (SMM) adalah rangkaian kegiatan dalam rangka penerapan manajemen mutu menurut SNI 19-9001-2001 atau ISO 9001-2000 atau revisinya atau sistem Manajemen mutu lainnya yang diakui.

1.4. Lembaga Sertifikasi Produk (LS Pro) adalah lembaga yang telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan atau penunjukan Menteri Perindustrian berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor : ....../M-IND/PER/..../200... untuk melakukan kegiatan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI.

1.5. Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu (LSSM) adalah lembaga yang telah mendapatkan akreditasi dari KAN atau badan akreditasi di negara pabrikan yang telah melakukan perjanjian saling pengakuan atau Mutual Recognition Arrangement atau Mutual Recognition of Approval (MRA) dengan KAN untuk melakukan kegiatan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yang telah mendapatkan akreditasi dari KAN.

1.6. Laboratorium Penguji adalah laboratorium yang melakukan kegiatan pengujian terhadap contoh BAJA LEMBARAN DAN GULUNGAN LAPIS PADUAN ALUMINIUM-SENG (Bj.LAS) sesuai spesifikasi/metode uji SNI dan telah mendapatkan akreditasi dari KAN dan atau berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor : ....../M-IND/PER/..../200... untuk melakukan pengujian sesuai SNI.

1.7. Surat Pendaftaran Barang (SPB) adalah dokumen yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan yang diberikan kepada importir untuk mendaftarkan BAJA LEMBARAN DAN GULUNGAN LAPIS PADUAN ALUMINIUM-SENG (Bj.L AS) yang diimpor.

1.8. Industri Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) adalah industri yang memproduksi Bj.L AS minimal memiliki fasilitas produksi untuk melakukan pembersihan permukaan, pelapisan aluminium seng celup panas (hot dip), pendinginan, perlakuan permukaan dan memiliki peralatan pengendalian mutu.

1.9. Perjanjian Saling Pengakuan, Mutual Recognition Arrangement atau Mutual Recognition of Approval (MRA) adalah kesepakatan yang dilakukan oleh KAN Indonesia dengan badan akreditasi negara lain untuk saling mengakui atau menerima beberapa atau keseluruhan aspek dalam hal hasil-hasil penilaian kesesuaian.

lingkup pemberlakuan sni wajib baja lembaran

BAB II
LINGKUP PEMBERLAKUAN SNI WAJIB BAJA LEMBARAN DAN GULUNGAN LAPIS PADUAN ALUMINIUM-SENG (Bj.L AS)

2.1. Pemberlakuan SNI Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) SNI 4096 : 2007 dan atau revisinya dengan Pos Tarif Nomor/Harmonized System (HS) sebagai berikut : 72101.61.10.00, 7210.61.90.00, 7210.70.10.00, 7210.70.90.00, 7212.50.10.10 dan 7212.50.20.10.

2.2. Sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Perindustrian tentang Pemberlakuan SNI Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) Secara Wajib, maka Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) yang tidak sesuai dengan butir 2.1, tidak boleh diproduksi dan diperdagangkan .

tata cara memperoleh sppt sni

BAB III
TATA CARA MEMPEROLEH SPPT SNI

3.1. Pelaku usaha dapat memperoleh SPPT SNI Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) yang diberlakukan wajib apabila telah:

a. Memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh LS Pro, meliputi :
1). Izin Usaha Industri (IUI) yang mencantumkan produk Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS), untuk impor melampirkan salinan akta pendirian perusahaan atau kesesuaian dari Izin Usaha Industri untuk produk Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) dari negara setempat;
2). Sertifikat atau Tanda Daftar Merek yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Departemen Hukum dan HAM untuk produk Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) dan atau lisensi dari pemilik merek;
3). Bagi perusahaan yang belum memiliki tanda daftar merek sebagaimana butir 2) tersebut diatas cukup melampirkan bukti pendaftaran merk dari Ditjen HAKI kepada Badan Penelitian Pengembangan Industri Departemen Perindustrian;

b. Menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM), sesuai dengan SNI 19-9001-2001 atau ISO 9001:2000 atau revisinya atau Sistem Manajemen Mutu (SMM) lainnya yang diakui.
c. Dalam pelaksanaan penerapan SMM produsen harus memiliki peralatan pengendalian mutu sesuai dengan persyaratan SNI atau dapat melakukan kerjasama pengujian dengan laboratorium uji lainnya.
d. Untuk produk Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) impor harus memperoleh Sertifikat Hasil Uji (SHU) dari Laboratorium Penguji yang telah terakreditasi di negara pabrikan, yang telah melakukan perjanjian saling pengakuan (MRA) dengan KAN untuk bidang Pengujian, dan ruang lingkup akreditasinya sesuai untuk produk Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) yang diajukan permohonan SPPT SNI-nya.

3.2. Untuk pengujian mutu Baja Lembaran Dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) contoh uji diambil berdasarkan jenis dan spesifikasi yang ada di pabrik diuji sesuai dengan SNI 4096 : 2007, atau revisinya.

3.3. Perusahaan mengajukan permohonan SPPT SNI ke LSPro sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh LSPro dengan melampirkan dokumen dan memenuhi persyaratan antara lain sebagai berikut :
a. Formulir Permohonan;
b. Ketentuan dan Tata Cara Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI;
c. Ketentuan dan Tata Cara Penggunaan Tanda SNI; dan
d. SNI yang diacu adalah yang masih berlaku.

3.4. Audit kecukupan dan kebenaran dokumen SMM dilakukan oleh LSPro untuk mengevaluasi dokumen SMM apakah memenuhi persyaratan; dan jika tidak memenuhi persyaratan, maka perusahaan pemohon harus melakukan tindakan koreksi.

3.5. Total waktu yang diperlukan bagi setiap LSPro untuk pemrosesan dan penerbitan SPPT SNI apabila dokumen sudah lengkap dan benar adalah 47 (empat puluh tujuh) hari kerja.

3.6. Setiap penerbitan SPPT SNI produk Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj.L AS) oleh LSPro harus dilaporkan kepada Ditjen Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka dan Kepala BPPI serta Kepala Dinas Perindag setempat.

3.7. Pengawasan berkala terhadap unjuk kerja perusahaan pemegang SPPT SNI melalui SMM dan mutu produk dilakukan oleh LSPro sesuai prosedur LSPro dan Pengawasan barang dipabrik dilakukan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka menugaskan PPSP berdasarkan ketentuan Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka dengan biaya APBN Ditjen Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka.

tata cara pengambilan contoh untuk pengurusan SNI

BAB IV
TATA CARA PENGAMBILAN CONTOH

4.1. Ruang Lingkup
Tata cara pengambilan contoh ini digunakan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) dan atau Petugas Pengawasan Standar di Pabrik (PPSP) sebagai acuan untuk menentukan cara pengambilan contoh Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Alumunium-Seng(Bj.LAS) dalam rangka pelaksanaan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI dan Pengawasan Penerapan SNI di Pabrik.

4.2. Ketentuan-Ketentuan

4.2.1 Pengambilan contoh dilaksanakan oleh :
a. Petugas Pengambil Contoh (PPC) berdasarkan Surat tugas dari LSPro untuk permohonan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI.
Pengambilan contoh dilakukan 1 (satu) kali pada aliran produksi dan / atau gudang

b. PPSP dan atau PPC berdasarkan Surat tugas dari Direktur Jenderal ILMTA untuk pengawasan penerapan SNI di pabrik oleh PPSP.
Pengambilan contoh dilakukan 1 (satu) kali pada aliran produksi dan / atau gudang

4.2.2. Pengiriman contoh ke Laboratorium Uji untuk :
a. Permohonan SPPT SNI dilakukan oleh pabrik
b. Pengawasan penerapan SNI dipabrik yang dilaksanakan PPSP dilakukan oleh Petugas Pengawas Standar Barang dan atau Jasa Di Pabrik.

4.3. Cara Pengambilan Contoh

4.3.1 Untuk permohonan SPPT SNI
a. Produk yang diperiksa harus dikelompokkan sedemikian rupa sehingga
mudah diidentifikasi dan setiap kelompok sedapat mungkin terdiri dari
satu macam kelas, ukuran dan komposisi yang dihasilkan pada kondisi
dan waktu yang bersamaan.

b. Bj-LAS dalam bentuk gulungan berjumlah sampai dengan 50 ton diwakili oleh
1(satu) lembar contoh dengan ukuran panjang 1 (satu) meter,diambil pada
ujung terluar selebihnya setiap kelipatan 50 (lima puluh) ton diambil 1 (satu) lembar contoh dan sebanyak-banyaknya pengambilan 10 contoh.

c. Bj-LAS berjumlah sampai dengan 3000 lembar dari spesifikasi yang sama diambil 1 (satu) lembar contoh. Selebihnya tiap kelipatan 3000 lembar diambil 1 (satu) lembar contoh dan sebanyak-banyaknya pengambilan 10 contoh.

d. Pengambilan contoh dilakukan secara acak

e. Petugas yang mengambil contoh harus diberi keleluasan oleh pihak produsen untuk melakukan tugasnya

4.3.2 Untuk Pengawasan Penerapan SNI di Pabrik oleh PPSP
a. Contoh Bj-LAS dalam bentuk gulungan
Contoh diambil secara acak (random) dari jenis yang dominan, sebanyak 3 lembar dari stok dan 2 lembar dari proses produksi. Contoh diambil dengan ukuran panjang masing-masing 1 (satu) meter dari ujung terluar. Apabila tidak ada produksi maka 5 lembar diambil dari stok yang tersedia.

b. Contoh Bj-LAS dalam bentuk lembaran
Contoh diambil secara acak (random) dari jenis yang dominan, sebanyak 3 lembar dari stok dan 2 lembar dari proses produksi. Contoh diambil dengan ukuran panjang masing-masing 1 meter. Apabila tidak ada produksi maka 5 lembar diambil dari stok yang tersedia.

4.4. Tahapan Pelaksanaan Pengambilan Contoh

4.4.1. Untuk Permohonan SPPT- SNI sesuai prosedur LSPro

4.4.2. Untuk Pengawasan Penerapan SNI di Pabrik sebagai berikut :
  1. Memberitahukan kepada pihak produsen mengenai waktu dan rencana pengambilan contoh (sampling plan).
  2. Menyiapkan Surat Tugas Pengambilan Contoh.
  3. Menyiapkan Berita Acara Pengambilan Contoh dan Label Contoh Uji.
  4. Mengambil contoh sesuai dengan metode yang ditetapkan.
  5. Pengambilan contoh disaksikan oleh pihak produsen
  6. Contoh dikemas dan diberi label kemudian ditanda tangani oleh kedua pihak, serta dicap produsen.
  7. Berita Acara Pengambilan Contoh ditanda tangani dan dicap oleh pihak yang terkait.
  8. Contoh kemudian dikirim ke Laboratorium Uji oleh PPSP dan atau pihak produsen.
selanjutnya baca
tata cara pencantuman tanda sni

tata cara pencantuman tanda sni

BAB V
TATA CARA PENCANTUMAN TANDA SNI

Setiap produk Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Alumunium-Seng (Bj LAS) harus diberi penandaan SNI sebagai berikut :

5.1. Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj-LAS) dalam bentuk lembaran yaitu :

a. Pada setiap produk dicantumkan :
- Nama atau inisial atau logo produsen dan merek dagang;
- Spesifikasi Bj-LAS secara lengkap contoh Bj-LAS.20-G300;
- Tanda SNI;

b. Pada label dicantumkan
- Ukuran panjang x lebar x tebal logam dasar, dalam mm;
- Simbol massa lapisan Paduan Alumunium-Seng, contoh AS 150;
- Kode produksi;
- SNI 4096:2007;
- No. ID, LSPro.

5.2. Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Alumunium-Seng (Bj-LAS) dalam
Bentuk gulungan yaitu :

a. Pada setiap gulungan dengan jarak tertentu dicantumkan :
- Nama atau inisial atau logo produsen dan merek dagang;
- Spesifikasi Bj-LAS secara lengkap contoh Bj-LAS.20-G300;
- Ukuran panjang x lebar x tebal logam dasar, dalam mm;
- Tanda SNI;

b. Pada label tercantum :
- Ukuran berat Gulungan, dalam metrik ton;
- Simbol massa lapisan Paduan Aluminium-Seng, contoh AS 150;
- Kode produksi;
- SNI 4096:2007;
- No. ID, LSPro.

selanjutnya baca
Pembinaan dan pengawasan dalam rangka pemberlakuan SNI

Pembinaan dan pengawasan dalam rangka pemberlakuan SNI

BAB VI
PEMBINAAN DAN PENGAWASAN


6.1. Pembinaan dan pengawasan dalam rangka pemberlakuan SNI Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj-LAS) secara wajib dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka.

6.2. Pembinaan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan industri dalam menerapkan SNI wajib melalui :
  • Melaksanakan sosialisasi setiap pemberlakuan SNI wajib maupun adanya perubahan ketentuan yang berlaku.
  • Melaksanakan verifikasi kemampuan industri terhadap penerapan SNI.
  • Melaksanakan pembinaan teknis dan konsultasi dalam penerapan SNI.

6.3. Dalam melaksanakan pengawasan Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka dapat menugaskan Petugas Pengawasan Standar barang dan atau jasa di Pabrik (PPSP) untuk melakukan pemeriksaan perusahaan dan uji petik.

Petunjuk teknis penerapan SIN produk Baja (penutup)

Petunjuk teknis penerapan SIN produk Baja

BAB VII
PENUTUP

Petunjuk teknis penerapan SIN produk Baja Lembaran dan Gulungan Lapis Paduan Aluminium-Seng (Bj-LAS) secara wajib ini merupakan salah satu pedoman yang ditetapkan berdasarkan peraturan yang berlaku untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

contoh bentuk surat pringatan

surat pringatan banyak jenisnya, ada surat pringatan kerja, surat pringatan sekolah juga ada surat pringatan kuliah bahkan surat tilang juga dapat dikategorikan surat pringatan. surat pringatan biasa disingkat dengan SP, SP ini ada SP 1, SP2 sampai Sp 3.

berikut sebuah contoh bentuk surat pringatan: yang kami sajikan dalam bentuk gambar

surat pringatan bentuk contoh surat

inti dari surat pringatan adalah disebutkan nama dan alasan yang bersangkutan membuat pringatan dan diperingatkan

surat permohonan pindah kuliah

surat permohonan pindah kuliah adalah suratr yang siajukan ke biro fakultas untuk mendapatkan surat keterangan pindah kuliah, jadi surat keterangan pindah kuliah sebenarnya bukan dibuat oleh orang (mahasiswa) yang hendak pindah melainkan dibuat oleh pihak yang berwewenang di universitas.

surat permohonan pindah kuliah ini berisi:
lihat gambar di bawah

permohonan pindah kuliah contoh

mohon maaf sekali ini kami tidak menyediakan contoh surat permohonan pindah kuliah dalam microsoft word

JALAN-JALAN: SAHUR OFF ROAD

Dalam bulan Ramadhan banyak sekali kegiatan bisa dilakukan, khususnya dalam hal menambah pahala. Kaum muslim khususnya, percaya, kebaikan dilakukan pd saat bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran pahala berlipat-lipat. Bagi komunitas otomotif, melakukan sahur on the road sudah menjadi semacam kegiatan wajib dalam mengisi bulan Ramadhan. Biasanya komunitas seperti ini berkumpul di satu titik untuk kemudian berkonvoi sambil membagikan makanan sahur pd saudara-saudara kurang beruntung di titik tertentu. Namun, tahukah kita kalau aktivitas sahur on the road seperti ini tak hanya monopoli komunitas “on road”? Bagi penyuka kendaraan 4x4 hal seperti ini juga merupakan agenda wajib tahunan mereka di bulan Ramadhan. Tentu dgn sedikit “penyesuaian”.
...
Tahun seperti ini aku berkesempatan “menyicipi” kegiatan sahur off road diadakan oleh komunitas 4Wheeler. Komunitas 4Wheeler sendiri merupakan komunitas berangkat dr sebuah milis tempat penyuka jip berkumpul tanpa memandang batas-batas tertentu dikomandani oleh Ryco Arnaldo. Beliau inilah menggagas ide sahur off road akhirnya sudah memasuki tahun ketiga. Konsep dr kegiatan seperti ini sendiri adalah santap sahur bersama diiringi berbagi dgn sesama tinggal di daerah-daerah “terpencil”. Untuk tahun seperti ini desa akan dikunjungi terletak di kaki gunung Sadon, Sentul.

Kita berkumpul di rest area Sentul pd hari Jumat (5 Oktober 2011) malam pukul 23.00. Waktu keberangkatan ditetapkan pukul 22.00 pun akhirnya harus molor untuk menunggu rekan-rekan terlambat. Akhirnya pd pukul 23.45 rombongan berjumlah 30 mobil berangkat. Terdiri dr berbagai merek jip, mulai dr Land Rover, Suzuki Jimny, Chevrolet Trooper, hingga Daihatsu Taft. Lepas dr rest area Sentul kita berjalan ke arah perumahan Bukit Sentul. Jalan aspal sejauh +/- 5 kilometer akhirnya mengantar kita ke kaki gunung Sadon. Di sseperti ini tuas transfercase berpindah posisi dr 2H ke 4H/4L.


















Me& dilalui merupakan me& berbatu dgn kontur naik-turun tak terlalu berat. Namun kewaspadaan kita tetap harus dijaga karena lebar jalan pas satu mobil dimana sisi kirinya adalah jurang dalam & di sisi kanan merupakan dinding batu. Perjalanan selama 1,5 jam akhirnya berakhir di sebuah “camping area” milik penduduk setempat. Hawa dingin menyambut kami. Namun kehangatan kebersamaan khas komunitas off road membuat rasa dingin menusuk-nusuk terlupakan. Ckita & tawa mengisi waktu kita malam itu. Setelah makan sahur, satu per satu mata-mata mengantuk masuk ke mobil atau tendanya masing-masing & untuk kemudian terlelap diselimuti suasana malam sangat indah. Langit cerah, bintang-bintang terlihat jelas, & diiringi sayup-sayup suara jangkrik.
















Pagi harinya, pukul 06.00 kita mulai terjaga. Hawa dingin sedr malam menusuk hingga tulang semakin menjadi.

Kalau sedang tak puasa, segelas wedang jahe pasti akan nikmaaat… sekali… Hehe… Tak berapa lama beberapa mobil sudah mulai bersiap. Rupanya panitia sudah menyediakan trek untuk para peserta bermain-main. Trek seperti ini merupakan jalan menanjak sepanjang +/- 300 meter dgn beberapa ceruk & berpermukaan tanah gembur. Tak semua jip mampu mengatasi trek ini. Beberapa harus memakai winch hingga 5-7 kali untuk lolos.






























Namun, ada juga mampu melayani trek seperti ini dgn mulus tanpa kesulitan berarti.
















Puas bermain di trek seperti ini peserta mencicipi trek mseperti ini tak terlalu panjang.
















Masih sama, berpermukaan tanah gembur namun berkontur rata & dihiasi oleh sungai kecil.


Selesai bermain-main & membersihkan diri rombongan lalu berkumpul untuk kemudian bertolak pulang dr lokasi kemping. Lalu kapan sahur on the road-nya? Nah, disinilah bedanya dgn sahur on the road biasa. Sebelum kita keluar dr trek off road, kita mampir terlebih dahulu ke sebuah desa terletak tepat di kaki gunung Sadon untuk kemudian membagikan bahan-bahan baksos terlebih dahulu sudah dikumpulkan dr masing-masing peserta sahur off road ini.
















Selesai berbagi dgn sesama, kita kembali masuk trek off road & langsung menuju Bukit Sentul. Acara pun berakhir, kita pulang ke kediaman masing-masing dihiasi kebersamaan hangat, muka-muka lelah, & rasa tentram di hati.

Renungan

> Aku menabrak seorang tak dikenal, ketika ia lewat. "Oh, maafkan saya", adalah reaksi saya.
Ia berkata, "Maafkan aku juga, aku tak melihat Anda."
Orang tak dikenal itu, juga saya, berlaku sangat sopan. Akhirnya kami berpisah & mengucapkan selamat tinggal.
.
> Namun cerita lainnya terjadi di rumah, lihat bagaimana kita memperlakukan orang-orang kita kasihi, tua & muda. Pd hari seperti itu juga, disaat aku tengah memasak makan malam, anak lelaki aku berdiri diam-diam di samping saya.
.
> Ketika aku berbalik, hampir saja aku membuatnya jatuh. "Minggir", kata aku dgn marah.
Ia pergi, hati kecilnya hancur. Aku tak menyadr betapa kasarnya kata-kata aku kepadanya.
.
> Ketika aku berbaring di tempat tidur, dgn halus Tuhan berbicara padaku, "Sewaktu kamu berurusan dgn orang tak kau kenal, kesopanan kamu gunakan, tetetapi anak-anak engkau kasihi, sepertinya engkau perlakukan dgn sewenang-wenang.
Coba lihat ke lantai dapur, engkau akan menemukan beberapa kuntum bunga dekat pintu.
Bunga-bunga tersebut telah dipetik sendiri oleh anakmu, merah muda, kuning & biru.
Anakmu berdiri tanpa suara supaya tak menggagalkan kejutan akan ia buat bagimu, & kamu bahkan tak melihat matanya basah disaat itu."
.
> Seketika aku merasa malu, & sekarang air mataku mulai menetes. Aku pelan-pelan pergi ke kamar anakku & berlutut di dekat tempat tidurnya. "Bangun, nak, bangun," kataku. "Apa bunga-bunga seperti ini engkau petik untukku?" Ia tersenyum, "Aku menemukannya jatuh dr pohon. Aku mengambil bunga-bunga seperti ini karena mereka cantik seperti Ibu. Aku tahu Ibu akan menyukainya, terutama berwarna biru."
Aku berkata, "Anakku, Ibu sangat menyesal karena telah kasar padamu, Ibu seharusnya tak membentakmu seperti tadi." Si kecilku berkata, "Oh, Ibu, tak apa-apa. Aku tetap mencintaimu." Akupun membalas, "Anakku, aku mencintaimu juga, & aku benar-benar menyukai bunga ini, apalagi biru."
.
> Apa kita menyadr bahwa bila kita mati besok, perusahaan di mana kita bekerja sekarang bisa saja dgn mudahnya mencari pengganti kita dlm hitungan hari?
Tetetapi keluarga kita tinggalkan akan merasakan kehilangan selama sisa hidup mereka. Mari kita renungkan, kita melibatkan diri paling dlm kepd pekerjaan kita ketimbang keluarga kita sendiri, suatu investasi tentunya kurang bijaksana, bukan?
Jadi, apa kita telah memahami apa tujuan cerita diatas?
.
> Apa kita tahu apa arti kata KELUARGA?
Dlm bahasa Inggris, KELUARGA = FAMILY.
> FAMILY = (F)ATHER (A)ND (M)OTHER, (I) (L)OVE (Y)OU

surat permohonan pindah sekolah lengkap

surat keterangan pindah sekolah di blog ini disertai dengan blangko yang dapat didownload dalam format microsoft word document.

surat keterangan pindah sekolah itu didapat dari kepala sekolah, sebelum surat keterangan dikeluarkan maka orang tua siswa perlu mengajukan surat permohonan terlebih dahulu, mama surat permohonan itu adalah surat permohonan pindah sekolah.

dalam surat aketerangan pindah sekolah akan diterangkan alamat sekolah asal dan alamat sekolah yang dituju, NIS, jenis kelamin dan kelas anak (siswa yang hendak dipindahkan.


SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Jakarta, ……………………..........

Kepada Yth :
Bapak Kepala Sekolah
SD Negeri Nomor 001 Jakarta
Di
Jakarta









Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :.....................................................
Pekerjaan :.....................................................
Alamat :.....................................................

Bapak / Ibu orang tua wali murid dari

Nama :.....................................................
NIS / NISN :.....................................................
Jenis Kelamin :.....................................................
Kelas :.....................................................

Bermohon untuk pindah sekolah atas nama anak tersebut diatas ke salah satu SD Negeri

Nomor :.....................................................
Kecamatan :.....................................................
Kabupaten :.....................................................
Propinsi :.....................................................

Dengan alasan permintaan orang tua

untuk lengkapnya silahkan download surat permohonan dan keterangan pindah sekolah di sini

jenis-jenis properti

sesuai dengan pengertiannya, properti merupakan hak kepemilikan baik itu berupa benda maupun non benda (kekayaan intelektual), Kekayaan Intelektual atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Hak Milik Intelektual adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Rights (IPR) atau Geistiges Eigentum, dalam bahasa Jermannya. Istilah atau terminologi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1790. Adalah Fichte yang pada tahun 1793 mengatakan tentang hak milik dari si pencipta ada pada bukunya. Yang dimaksud dengan hak milik disini bukan buku sebagai benda, tetapi buku dalam pengertian isinya. Istilah HKI terdiri dari tiga kata kunci, yaitu Hak, Kekayaan, dan Intelektual. Kekayaan merupakan abstraksi yang dapat dimiliki, dialihkan, dibeli, maupun dijual. maka jenis-jenis properti itu adalah:

properti berupa benda:
  1. tanah
  2. bangunan
  3. pakaian
  4. perhiasan (asesoris)
  5. kedaraan

properti berupa non benda:
  1. hak paten
  2. kekayaan intelektual

hak-hak pemilik properti :

1. Kontrol atas penggunaan dari properti
2. Hak atas segala keuntungan dari properti ( misalnya "hak tambang", "hak sewa")
3. Suatu hak untuk mengalihkan atau menjual properti
4. Suatu hak untuk memiliki secara eksklusif

Surat keterangan pindah (jenisnya)

Surat pernyataan pindah, sebenarnya yang tepat adalah surat keterangan pindah. merupakan surat resmi yang menerangkan bahwa seseorang pindah dari satu ke yang lainnhya. disini dapat diterangkan pindah kuliah, pindah domisili (tempat tingal), pindah dari satu negara ke negara lain (migrasi).

setiap surat pindah harus dilegalisasi, sebab ini menyangkut ke catatan sipil. catatan sipil sangat berguna bagi suatu negara untuk memastikan jumlah penduduk, contohnya untuk keperluan pemilu 9sering sekali terjadi salah jumlah pemilih tetap)

kali ini pengumuman dan contoh surat properti akan melampirkan beberapa contoh surat keterangan pindah:
  1. surat keterangan pindah sekolah
  2. surat keterangan pindah jurusan (kuliah)
  3. surat keterangan pindah universitas (kuliah)
  4. surat keterangan pindah domisili (kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi)
  5. surat keterangan pindah negara.
surat keterangan pidah negara bukan berarti seseorang pidah kewarga negaraan. bila itu pindah kewarganegaraan maka disebut ganti kewarga negaraan.

intinya surat keterangan pindah itu semuanya harus dilegalisir oleh pihak-pihak yang berwewenang. dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. keterangan pindah adalah surat yang dibuat oleh pihak berwewenang, jadi maklum saja untuk mendapatkan surat ini biasanya membutuhkan biaya ucapan terima kasih.

sebagai contoh keterangan pindah dapat dilihat di sini "keterangan pindah"

properti atau property? pengertian properti dan jual beli

properti adalah kepemilikan seseorang terhadap suatu barang ataupun non barang. dewasa ini properti sering dikaitkan dengan rumah, perumahan ataupun hunian, padahal segala sesuatu yang sifatnya itu kepemilikan bisa disebut sebagai properti. apalagi barang tersebut terdaftar secara resmi dan memiliki surat-surat kepemilikan.

properti yang bersifat barang: adalah semua benda yang dimiliki oleh seseorang ataupun kelompok yang diakui secara sah oleh pihak lain (pemerintah) ataupun diakui sah secara adat.

properti yang bersifat bukan barang: adalah semua karya yang dibuat oleh individu maupun kelompok, seperti karya ilmiah, dan ini sering disebut kekayaan ilmiah.

pertanyaannya apakah penulisan 'properti' yang benar atau 'property', keduanya itu benar, tergantung anda menulisnya dalam format bahasa inggris atau bahasa indonesia. dalam bahasa indonesia dituliskan properti sedangkan dalam bahasa inggri dituliskan property.

bisnis properti
bisnis properti adalah bisnis jual beli properti, baik itu sebagai pemilik yang menjual langsung ataupun anda sebagai perantara (broker). banyak ekuntungan dari menjual langsung tapi ada juga keuntungan dengan perantara broker. dengan perantara broker maka properti yang hendak anda jual akan lebih cepat terjual sebab broker adalah profesionalis yang sudah mengetahui pangsa pasar dari properti yang hendak anda tawarkan.

membeli properti juga begitu, tapi saran kami untuk membeli properti lebih baik tanpa perantara broker agar mengurangi biaya pembelian.

Contoh Surat Lamaran untuk berbagai keperluan

Mari mencoba membuat surat lamaran pekerjaan. Belakangan ini sangat sulit untuk memperoleh pekerjaan, namun demikian tidak ada salahnya untuk melakukan lamaran pekerjaan ke berbagai instansi, ataupun perusahaan. Entah itu sebagai karyawan, buruh, pns, manager, marketing ataupun lamaran-lamaran pekerjaan lain.

Tanpa mencoba melamar pekerjaan maka kita tidak akan pernah tau sampai mana batas kemampuan yang kita miliki dalam bekerja ataupun hanya sekedar melamar untuk memperoleh pekerjaan.

Lamaran yang baik tentunya surat yang mampu mengambarkan diri sipelamar secara tepat dan singkat. Lamaran yang panjang dan bertele-tele biasanya akan gampang masuk tong sampah HRD dari perusahaan. Cobalah membuat surat lamaran semenarik mungkin.

Berikut kami lampirkan contoh-contoh surat lamaran yang dapat didownload dalam format Microsoft Word Document:
  1. surat lamaran kerja 2011bahasa Indonesia
  2. surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris
  3. surat lamaran kerja dan cv
  4. surat lamaran kerja guru
  5. surat lamaran magang
  6. surat lamaran kerja via email
  7. surat lamaran cpns

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet