Datang Bulan??? Makan Jeruk???


Boleh dibilang jeruk adalah buah kaya akan kandungan vitamin C. Sebuah jeruk manis mengandung 70 mg vitamin C, hampir 117 % dr jumlah asupan disarankan.

Vitamin C bertugas

mengontrol sekaligus menekan terbentuknya radikal bebas & ampuh melawan gejala flu. Juga membantu tubuh menyerap zat besi dr makanan, terutama disaat datang bulan. Oleh karenanya, bagi wanita sedang mengalami haid disarankan banyak-banyak menyantap jeruk, sebab disaat haid sejumlah zat besi dlm darah berkurang.

Vitamin seperti ini juga merangsang pembentukan kolagen jaringan merangsang pertumbuhan jaringan baru. Sangat mempercepat proses penyembuhan luka karena teriris.

Selain vitamin C, jeruk pd umumnya juga mengandung senyawa tambahan tak kalah menarik yaseperti itu limonin, limonin glukosit, limonen, & hesperidin. Senyawa seperti ini berfungsi mencegah perubahan sel menjadi kanker. Limonen juga ikut meningkatkan aktifitas protein membantu menghambat pembentukan estradiol, hormon berkaitan dgn terjadinya kanker payudara. Limonen juga berjasa dlm memperbanyak enzim dlm hati ( liver ) bertugas membersihkan bahan kimia penyebab kanker. Jadi, dgn menyantap 1-2 buah jeruk sehari Kita akan jauh dr resiko kanker & berbagai penyakit lainnya.


Manfaat Jahe


Selain dapat dimanfaatkan sebagai penyedap masakan & aroma minuman, jahe juga berkhasiat untuk mengatasi

berbagai penyakit seperti batuk, demam, asma, masuk angin, pegal-pegal, rematik.

Jahe (Zingiber officinale roxb), dlm bahasa inggris dikenal dgn sebutan ginger. Tanaman jahe tumbuh berumpun dgn tinggi dapat mencapai 1 meter. Memiliki batang semu, tak bercabang, berbentuk bulat, tegak, & tersusun dr lembaran pelepah daun. Batang berwarna hijau dgn pangkal batang berwarna kemerahan. Bunganya berbentuk tabung, dilindungi oleh daun sebagai pelindung. Rimpang jahe bercabang & tak teratur. Kulit rimpang bersisik & tersusun melingkar, berwarna kuning kecoklatan. Daging rimpang berwarna kuning, berserat, & mengandung aroma.

Berdasarkan ukuran, bentuk, & warna rimpangnya, jahe dibagi menjadi tiga jenis, yaseperti itu jahe putih atau kuning besar (jahe badak), jahe putih kecil (emprit), & jahe merah. Bagian tanaman dipergunakan adalah rimpangnya. Karena dlm rimpang terdapat senyawa kimia mengandung rasa pedas (gingerol, zingeron, & shogaol) & karenanya tubuh terasa hangat setelah meminum rebusan air jahe.

Ramuan sederhana dr jahe untuk mengatasi batuk, demam, asma, masuk angin, & pegal-pegal : Kupas , cuci, & keprak jahe kering, berikan gula secukupnya, rebus dgn air, & kemudian saring. Minumlah selagi masih hangat. Sangat dianjurkan untuk terus mengkonsumsi ramuan tersebut 1 jam sebelum makan, 1 hari 2 kali.

Mumbudidayakan tanaman jahe dapat dilakukan dgn tunas hasil pecahan rimpang dr tanaman (berusia 9 – 12 bulan), potong-potong sehingga berukuran 35 – 60 g & memiliki 2 mata tunas. Segera taburi abu gosok pd bekas luka sayatan agar tak membusuk. Tunaskan rimpang dlm tumpukan jerami selama 1 – 3 minggu disiram secara rutin setiap hari agar tak kering. Atau dapat juga dilakukan dgn menutupnya dgn tanah tipis di bagian atasnya diberi jerami. Pemupukan awal dilakukan disaat penanaman dgn pupuk kandang sebanyak 1 kg per lubang. Secara rutin dapat diberikan 1, 5 – 2 bulan sekali dgn menggunakan pupuk kompos. Penyulaman dilakukan bila tak ada tunas tumbuh. Dilakukan 2 – 3 bulan setelah tanam. Siangi gulma tumbuh di lahan penanaman dilakukan 1 – 3 bulan setelah penanaman. Ketika jahe berada pd usia kelima,umumnya diserang lalat rimpang. Tanaman diserang menunjukkan gejala layu & kering. & rusaknya kulit rimpang. Tanaman terkena hama seperti ini harus segera dicabut, agar tak menular pd tanaman lain.

Umumnya jahe dipanen setelah berusia anatara 8 – 10 bulan. Tandanya dapat dilihat dr penampilan daun telah mongering & luruh ke tanah. Namun paling didasari pd tujuan & pemanfaatannya. Contohnya saja, rimpang jahe muda digunakan untuk asianan. Rimpang jehe tua untuk obat tradisional, rempah makanan, minuman.


Menikahi Anak Bill Gates

Seorang ayah sangat menginginkan anaknya untuk menjadi suami dr anak perempuan Bill Gates. Akhirnya semua cara pun ia tempuh untuk memenuhi targetnya tersebut.

Ayah : Anakku, aku ingin kamu menikah dgn wanita pilihan Ayah

Anak : Maaf, Ayah! Aku cuma akan menikah dgn wanita pilihanku sendiri
Ayah : Tapi, Anakku, Wanita seperti ini adalah anaknya Bill Gates
Anak : Ah, Serius, Yah? Kalo gitu, Ok, deh!

Hari berikutnya, Sang ayah mendekati Bill Gates

Ayah : Aku telah memilihkan calon suami untuk anakmu
Bill Gates : Tapi, anakku masih terlalu muda untuk menikah sekarang.
Ayah : Weits, tunggu dulu. Calon aku pilihkan seperti ini
adalah vice president dr Bank Dunia
Bill Gates : Ah, Serius Lo?? Kalo gitu, Ok, deh!

Akhirnya Sang Ayah mendekati President Bank Dunia

Ayah : Aku memiliki seorang anak muda bisa dijadikan vice president untuk kamu
President : Oh, maaf, aku sudah memiliki banyak calon VP untuk itu
Ayah : Tetapi kamu tak tau, kan, Anak laki-laki seperti ini adalah menantunya Bill Gates
President : Ah, Serius Lo??? Kalo gitu, Ok, deh!


Tips Candid Kamera


Dlm fotografi, kita mengenal istilah candid camera. Seperti ini berarti bahwa subjek kita potret tak dlm kondisi berpose atau 'sadar' kamera. Hasilnya pun terlihat paling natural, spontan, & tak dibuat-buat.

Untuk candid camera, kita tak perlu dipusingkan dgn berbagai macam teknik rumit. Meski demikian, untuk mendapatkan hasil jepretan memikat, ada kiat-kiat khususnya. Berikut 12 tips jitunya dikutip detikINET dr Picturecorrect, Selasa (22/7/2011):

1. Bawa kamera kemana pun Kita pergi. Siap-siaplah untuk menjepret setiap saat, karena momen menarik bisa hadir di depan mata kapan saja.

2. Perhatikan kondisi sekitar Anda. Hal-hal sederhana bisa menjadi objek menarik untuk dibidik dgn kamera Anda. Misalnya, pemilik toko tengah melamun, orang sedang menunggu kereta api, lansia duduk di sebelah Anda, dua
sejoli sedang berpacaran & sebagainya.

3. Sigaplah untuk siap membidik, karena tak mudah mendapatkan kesempatan untuk mengambil gambar secara candid. Jadi ketika ada momen bagus, jangan ragu untuk langsung menjepret.

4. Jangan terlalu memusingkan teknik-teknik lighting rumit. Berfokuslah pd teknik sederhana, & gunakan fitur otomatis kamera. Seperti ini akan memudahkan Anda. Berbagai masalah teknis, seperti gambar terlalu terang atau gelap dapat disiasati dgn editing komputer.

5. Setinglah kamera pd ISO 400, sehingga kamera menggunakan shutter speed cepat. Hal seperti ini memungkinkan Kita untuk menangkap momen dgn tepat meski Kita sedang bergerak.

6. Kita tak perlu selalu memotret dgn kamera pd posisi mata. Mungkin, Kita bisa meletakkan kamera di pinggang disaat mengambil gambar. Di sseperti ini memang dibutuhkan pengalaman & keberuntungan untuk mendapatkan gambar bagus.

7. Gunakan lensa zoom paling maksimal sehingga Kita dapat menjaga jarak dr subjek jepretan Kita disaat memotret.

8. Jangan pernah mengambil foto punggung orang, seperti ini akan menghasilkan gambar membosankan.

9. Cobalah untuk meng-convert gambar ke posisi 'Black and White' untuk mendapatkan hasil paling emosional.

10. Momen 'orang sedang melakukan sesuatu' akan menjadi foto candid bagus. Misalnya, atlet, pedagang, petani. Cobalah untuk meng-capture inti dr pekerjaan orang tersebut. Misalnya, meng-capture tukang ledeng sedang berkutat memperbaiki pipa bocor atau lainnya.

11. Bila Kita berada di tempat umum, sah-sah saja memotret orang. Bila Kita merasa tak enak untuk mengambil gambar orang tanpa sepengetahuannya, tak ada salahnya Kita meminta izin. Mintalah subjek untuk tak berpose, bersikap senatural mungkin & tetap melanjutkan aktivitasnya.

12. Jangan pernah bosan untuk berlatih & mencoba terus-menerus. Cobalah berbagai macam angle, tempat & scene berbeda-beda. Kita juga bisa mencari inspirasi dr foto candid orang lain. Latihan terus menerus akan mengasah kemampuan Anda.

Awas Pria Hidung Belang

Siapa ingin terkena perangkap laki-laki hidung belang? Siapkan diri Kita untuk mengenali tanda-tandanya agar tak jatuh mempercayainya setelah ia mengungkapan rayuan & kata-kata manisnya!

Ia sering kali melihat ke bagian tubuh Kita paling rendah ketika sedang berbicara. & Kita berulang kali harus mengingatkannya untuk selalu melihat di mana letak mata Anda.

Ia menggunakan wewangian terlalu berlebihan, sehingga dlm radius berapa meter Kita sudah dapat mengetahui kedatangannya dgn jelas.

Ia memiliki bakat bicara oke & mulut manis. Maka sering kali akan muncul di pikiran Anda, bahwa ia sangat berpotensi bekerja sebagai tim kreatif super tak pernah bisa kehabisan kata-kata untuk kartu ucapan.

Ia tak dapat memfokuskan matanya pd Kita bila sedang berada di tempat umum. Padahal bila sedang berduaan, tatapannya bisa melelehkan hati Anda.

Ia memiliki banyak sekali kata-kata rayuan & dlm waktu relative singkat ia bisa mengumbar bahwa Kita memiliki mata atau bibir indah, Kita merupakan wanita tercantik pernah ia jumpai, & sebagainya.

Ia selalu dapat mendandani dirinya dgn baik. Seperti : senjata andalannya adalah gel, koleksi sepatu, baju, asesoris, atau bahkan kacamata paling banyak daripd Anda.

Ia memiliki tangan ramah, selalu ingin hangat & tampak bersahabat.

Ia suka sekali mengumbar janji. Padahal tak jarang janji-janjinya tak pernah ditepati.

Ia selalu dapat menemukan jawaban (berkelit) untuk pertanyaan-pertanyaan Kita seputar keberadaannya, mengapa ia tak jadi datang untuk bertemu dgn Anda, mengapa telepon tak dijawab, SMS tak dibalas, & hal-hal lainnya.

Jangan remehkan intuisi Kita miliki! Kita dapat menilai bahwa ia pasangan tepat untuk Anda, sekedar lalu lalang, atau bahkan hidung belang, dgn intuisi Kita miliki.

Tips Kulit Sehat

Untuk mewujudkan kulit sehat & cantik, Kita tak cuma membutuhkan perawatan dr luar, tetapi juga dr dalam. Konsumsilah gizi seimbang. Niscaya tak cuma kulit tampak kemilau, tubuh juga akan terasa bugar & paling muda.



Bila Kita ingin memperoleh vitamin optimal untuk kulit, konsumsilah makanan segat secara bervariasi. Dgn begini, Kita bisa memastikan semua zat gizi diperlukan kulit akan Kita peroleh tanpa ketakutan kelebihan vitamin. Sebab, vitamin diperoleh dr sumber alami tak akan menumptk berlebihan di tubuh. Hampir semua vitamin punya manfaat tertentu bagi kulit. Mau tahu apa saja?

Vitamin A
Bisa di dapat dr ubi jalar, hati, telur & susu. Untuk variasi, bisa saja Kita konsumsi buah-buahan berwarna jingga & kuning, seperti mangga, jeruk bali, tomat, asparagus serta sayuran hijau berdaun seperti bayam & brokoli. Vitamin A sangat penting karena kandungan antioksidannya membantu mengurangi resiko penyakit tertentu termasuk kanker. Antioksi& juga membantu mencegah infeksi serta mendukung pertumbuhan & perbaikan sel-sel, jaringan serta kulit. Diketahui, dgn vitamin A pun gejala alergi dapat dikurangi. Penting vitamin A bagi kulit terbukti dr fakta ini: kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit kering, gatal & kehilangan elastisitas.

Vitamin B Kompleks (riboflavin, niacin, B-6, B-12 & biotin)
Paling banyak terkandung di whole grain & sereal whole grain, juga produk-produk sereal serta biji-bijian diperkaya. Bila tak terlalu suka sereal Kita bisa juga mendapatkan vitamin seperti ini pd beras, oatmeal, biji bunga matahari, ikan, telur, hati & produk susu rendah lemak. Vitamin B Kompleks berguna untuk mengurangi rasa kering & gatal di kulit serta mengurangi stres. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas & sensitif. Riboflavin atau vitamin B-2 juga dapat ditemukan di daging, kacang-kacangan & sayuran hijau berdaun. Sedangkan niacin dapat pula diperoleh dr unggas, ikan, daging sapi, mentega kacang & polong-polongan. Sebaiknya Kita memperoleh asupan niacin dr konsumsi makanan. Sebab asupan berlebihan (biasanya akibat suplemen) dapat menyebabkan kulit memerah, gatal-gatal & kerusakan hati.

Vitamin C
Seperti sudah Kita ketahui, kandungan vitamin C terbaik ditemukan di buah-buahan sitrus, buah beri, paprika merah & brkoli. Tetetapi ternyata cuma di jeruk., vitamin C juga bisa didapat dr kentang, bawang putih, bawang bombay, sayur hijau atau hijau gelap berdaun (bayam), apel, kubis, kecambah & melon. Vitamin C penting karena kandungan antioksidannya, juga efek antihistamin, dapat mencegah infeksi kulit & menyembuhkan luka, memproduksi kolagen & elastin untuk mengencangkan kulit, mendukung gusi sehat & pembuluh darah lentur. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi goyah, gusi bengkak, pendarahan berlebihan & luka tak sembuh-sembuh.

Vitamin E
Vitamin sering disebut-sebut sangat penting untuk kulit seperti ini bisa ditemui di sayuran hijau berdaun, brikoli, ingyak serta kacang-kacangan seperti almond & hazelnut. Tak cuma itu, vitamin E juga dikandung oleh kacang tanah, paprika merah, buah zaitun, beras merah, apel, whole grain, ubi jalar & polong-polongan. Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit dgn kandungan antioksidannya, memerangi kerusakan akibat zat radikal bebas & berpotensi untuk memperlambat penuaan.

Zinc
Zinc dapat ditemukan pd daging, hidangan laut, telur, susu, whole grain & miso. Zinc juga bisa didapat dr buah aprikot, bawang bombay kokoa. Zinc penting untuk pertumbuhan & kesehatan kulit secara keseluruhan, karena nutrisi seperti ini bekerja dgn vitamin A untuk menjaga & memperbaiki kulit, mendukung kekuatan, elastisitas & kekencangan kulit. Zinc juga mendukung pertumbuhan jaringan sehingga memegang peranan penting pd banyak fungsi tubuh. Kekurangan nutrisi seperti ini dapat menyebabkan kita mudah terkena infeksi.

Nutrisi Mikro
Selain vitamin & mineral, untuk mewujudkan kulit sehat tubuh uga memerlukan nutrisi makro baik, diantaranya:
Karbohidrat. Seperti Kita ketahui, zat gizi seperti ini dikandung dlm roti, beras (sebaiknya beras merah) & oatmil. Karbohidrat penting untuk energi, serat & vitamin-vitamin B.

Protein. Semua tahu apa saja sumber protein. Daging, unggas, telur, ikan, kacang-kacangan & tahu adalah sumber protein terbaik. Protein dibutuhkan kulit khususnya & tubuh secara keseluruhan untuk energi, serta memperbaiki jaringan & sel tubuh.

Lemak (Tentu bukan jenis lemak jenuh & lemak trans, tetapi lemak dr sumber-sumber alami mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat & asam alfa linolenat). Terdapat pd minyak sayur, lemak unggas, minyak kedelai, kacang-kacangan & biji-bijian. Lemak cukup penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat & lembab. Kekurangan lemak dapat menyebabkan kulit kering, bersisik & terkelupas serta rontoknya rambut.


AIR
Air putih adalah sumber terbaik. Namun asupan cairan baik juga didapat dr buah-buahan, sayur-sayuran & produk susu. Air sangat penting untuk hidrasi sel, serta berperan dlm meregulasi suhu tubuh. Air juga bertugas membawa nutrisi ke sel-sel & sampah hasil metabolisme keluar dr sel. Memastikan apa Kita cukup minum air sangat mudah. Coba lihat warna air kemih Anda. Warna kuning muda berarti Kita cukup minum, bening berarti mungkin Kita terlalu banyak minum sedangkan warna kuning gelap atau jingga berarti Kita kurang minum air.

Sumber : www.kalbenutritionals.com


Modifikasi: DREAM CAME TRUE

Saat adu kencang tak lagi memuaskan

Untuk sebagian orang, mimpi memang sesuatu sulit dilepaskan. Begseperti itu juga terjadi dgn Dimas Alsta Subagio. Memiliki “mainan” berupa Honda Civic Nouva sudah dimodifikasi habis-habisan untuk bermain di lintasan drag race ternyata tak kunjung memberikan kepuasan. “Dr dulu gw selalu ngimpi punya jip! Enak, bisa kemana aja, all-road!”, ujar lelaki tinggi besar ini. Hingga pd suatu hari sang ayah menawarkan pd dirinya sebuah Daihatsu Taft GT keluaran 1995 tentunya berpenggerak 4x4. “Akhirnya mimpi gw jadi kenyataan, langsung aja gw iyain n gw jual Honda gw”.
...
Walaupun mendapat mobil baru masih bahan, tak menyurutkan niatnya untuk “main” jip. “Gw dapet mobil seperti ini kondisinya lumayan. Lumayan menyedihkan! He..he.. Pintunya aja pernah patah saking keroposnya. Tapi pelan-pelan gw beresin deh sampe kayak sekarang. Sekarang pun masih ada harus diberesin sebenarnya. Ke depannya gw pengen ganti mesin pake punya Rugger”, jujur pria berprofesi sebagai fotografer ini. Yah, OK deh pak, semoga “mainan barunya” bisa memuaskan mimpi sudah lama terpendam. Stay on 4Wheeler.






























Bumper ala ARB racikan local dilengkapi dgn lampu tembak Hella.
















Snorkel racikan Nuris, sa belum difungsikan, “Masih ga tega bolongin bodi!”
















Towing point bikinan Mopal’s performance. Nah, seperti itu terpantul di pintu belakang namanya Dimas. Malu-malu ya Mas? He..he..
















Side bar sekaligus foot step ditambahkan, “Supaya bokap gampang naik”.
















Gar& masih mengandalkan asli. Batang putih di atas seperti itu dipasang untuk menahan sakel supaya tak terlalu go ke kanan-kiri. Sokbreker mengandalkan Kayaba Ultra untuk belakang & Monroe Magnum untuk depan.
















Gar& depan, tentunya juga OEM. Sok stirnya boleh juga tuh, mengandalkan 4 Way Tough Dog.
















Girboks & transfercase mengadopsi milik Daihatsu Rugger. Pilihan 4H-4L cukup memakai switch di dasbor.
















Mesin saat seperti ini masih mengandalkan OEM, ke depannya akan diganti dgn DL62 turbo-intercooler.
















Lampu Hella matador ditambahkan untuk penerangan ekstra. Mau cari kodok ya Mas? He..he.. Di belakangnya, spion OEM berganti tempat dgn spion kepunyaan Rugger.
















Ban mengandalkan GT Radial Savero M/T ukuran 33x12,5 r 15 dipadu pelek Mickey Thompson. Untuk menghalau lumpur, dipasang over fender ala bushwacker buatan Nuris.
















Interior dibalut kulit sintetis warna coklat.
















Sound system sederhana ditambahkan sebagai teman di perjalanan. Nah switch di sebelah setir seperti itu untuk memindahkan posisi 4H-4L.

SPESIFIKASI
Bodi: OEM Daihatsu Taft GT 1995
Mesin: OEM Daihatsu 2.800 cc
Sasis: OEM
Lampu tambahan: Hella
Bumper: custom ala ARB
Over fender & snorkel: custom racikan Nuris
Side bar: custom racikan MST
Ban: GT Radial Savero M/T 33x12,5 r15
Pelek: Mickey Thompson 15x10
Sokbreker: Monroe Magnum (depan), Kayaba Ultra (belakang)
Sok stir: 4 Way
Towing point: Mopal’s performance
Spion: Daihatsu Rugger
Sound system: Head unit: Skeleton, speaker depan + tweeter: ADS, speaker belakang: Kicker, power amplifier: Rockford Fosgate, TV: necvox 8”

Nuris: 021-93031813
MST: 021-70662983

Artikel seperti ini dipublikasikan tanggal 17 Juli 2011

How To: GANTI CAMSHAFT DI MESIN SERI “K” TOYOTA

Aliran retro memang suatu tren dalam dunia otomotif selalu memiliki penggemar. Sepertinya tak ada penggemar otomotif menyangsikan bahwa Toyota Corolla DX, Mitsubishi Lancer SL, hingga Datsun SSS masih memiliki “daya bunuh” kuat. Model tak lekang oleh zaman, mesin bandel, & performa dapat diandalkan, merupakan segelintir dr banyak alasan dilontarkan oleh para penggemar aliran retro. Tak heran kalau retro saat seperti ini bahkan menjadi satu kelas dilombakan secara teratur di sirkuit Sentul
...
Namun, namanya model old-school, pasti ada saja tak puas pd performa standarnya. Salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin standar adalah dgn mengganti camshaft OEM dgn camshaft durasi tinggi. Sebuah camshaft pd mesin mobil memiliki peran sebagai pembuka-tutup klep, baik klep in maupun klep ex. Dgn mengganti camshaft OEM dgn camshaft durasi tinggi, “Bahan bakar terhisap ke dalam ruang bakar akan semakin banyak sehingga membuat ledakan di ruang bakar lebih besar, hal seperti ini otomatis membuat performa mesin meningkat & membuat nafas mesin menjadi lebih panjang”, terang Yudi, punggawa bengkel More Sport Tuning.

Toyota Corolla DX menjadi salah satu “jagoan” di kelas mobil-mobil retro menggendong mesin seri “K”, tepatnya 4K dgn kapasitas 1300 CC. “Mesinnya bandel sih, tapi gw ngerasa kurang aja tenaganya, makanya gw ganti kem standarnya pake punya TRD”, adalah alasan Creon, pemakai Toyota Corolla DX rakitan 1983, dalam mengganti camshaft standar mobilnya. Berikut akan coba dijabarkan langkah-langkah dalam mengganti camshaft di mesin seri “K”. Sekedar info, blok mesin pd mesin seri “K” Toyota tak berbeda dr seri awalnya hingga seri akhir (7K), sehingga langkah-langkah dilakukan relative sama. Juga disarankan untuk menukar camshaft dalam keadaan mesin diturunkan dr ruang mesin, hal seperti ini untuk mempermudah pengerjaan karena bila mesin tak diturunkan, ruang tersedia akan terlalu sempit.
  1. Lepas distributor.
  2. Buka baut-baut cover klep & lepas cover klepnya.
  3. Buka baut-baut rocker arm & lepas rocker arm dr dudukannya.
  4. Cabut push rod
  5. Buka baut-baut cylinder head (bersilangan) & angkat cylinder head.
  6. Cabut tapet dr tempatnya.
  7. Buka baut pembuangan oli mesin & tap olinya.
  8. Kendorkan puli kruk as & lepas v-belt.
  9. Lepas alternator.
  10. Lepas puli kruk as.
  11. Lepas membran.
  12. Lepas dudukan kompresor AC.
  13. Lepas braket penghubung mesin ke girboks, kiri-kanan.
  14. Lepas water pump.
  15. Lepas baut-baut karter (bak) oli (bersilangan).
  16. Lepas cover timing chain.
  17. Buka baut gir timing chain & adjusternya.
  18. Buka pelat penahan camshaft.
  19. Tarik camshaft secara perlahan.

Untuk merakit kembali, tinggal ulangi langkah-langkah tadi secara terbalik. Ganti sekalian paking-paking sudah dicopot. Perlu dicatat, tiap camshaft berbeda karakter dalam menentukan timingnya, jadi bila kita tak yakin, ajak teman kita mengerti.
















1. Lepas distributor
















2. Buka baut-baut cover klep & lepas cover klepnya
















3. Buka baut-baut rocker arm & lepas rocker arm dr dudukannya
















4. Cabut push rod
















5. Buka baut-baut cylinder head (bersilangan) & angkat cylinder head
















6. Cabut tapet dr tempatnya
















7. Buka baut pembuangan oli mesin & tap olinya
















8. Kendorkan puli kruk as & lepas v-belt
















9. Lepas alternator
















10. Lepas puli kruk as
















11. Lepas membran
















12. Lepas dudukan kompresor AC
















13. Lepas braket penghubung mesin ke girboks, kiri-kanan
















14. Lepas water pump
















15. Lepas baut-baut karter (bak) oli (bersilangan)
















16. Lepas cover timing chain
















17. Buka baut gir timing chain & adjusternya
















18. Buka pelat penahan camshaft
















19. Tarik camshaft secara perlahan


Terima kasih: bengkel More Sport Tuning (021-70662983)

Artikel seperti ini dipublikasikan tanggal 15 Juli 2011

Supplement Fat Loss


Saking banyaknya supplement fat-loss/fat-burner (bakar lemak) disaat seperti ini (kurang paling ada 300 produk – mulai dr kategori weight-loss sampai carb-blocker), tak jarang menyebabkan konsumen kebingungan menentukan produk mana paling cocok baginya. Produk seperti low-carb bar, shakes, & MRP juga bisa digolongkan sebagai supplement fat-loss. Ada beberapa tipe supplement weight-loss :

• Thermogenic Fat Burners
• Stimulant-Free Fat Burners
• Carb Blockers
• Fat Blockers
• Thyroid Hormone Increasers
• Appetite Suppressants
• Cortisol Blockers
• Transdermal Fat Loss Gels



THERMOGENIC

Produk fat burner (bakar lemak) bagus adalah tak mengandung ephedra / ephedrine, karena tak semua orang cocok dgn ephedra karena pertimbangan kondisi jantung & medis lainnya tak memenuhi syarat. Fat burner ephedra-free plus caffeine masih cukup bagus untuk bakar lemak & meningkatkan metabolisme. Dahulu, fat burner tanpa ephedra, dianggap tak efektif. Tetapi penelitian terbaru di bidang supplement memungkinkan hadirnya produk fat burner keluaran terbaru & cukup efektif. Ide dasarnya adalah menaikkan metabolisme anda, sehingga kita bisa bakar kalori, sekalipun disaat tengah tak berolahraga.


STIMULANT-FREE

Ada fitnessmania tak suka dgn stimulant (perangsang), termasuk caffeine. Kita beruntung, karena di jaman sekarang, sudah ada sejumlah supplement fat burner juga bebas stimulant. Jujur saja, kita tak akan dapat hasil sebagus bila kita pakai supplement ECA (mengandung ephedrine, caffeine, & aspirin), tetapi supplement stimulant-free seperti ini jauh paling aman bagi anda. Hasil didapat beragam pd tiap orang, tetapi biasanya fitnessmania akan mengalami weight-loss sekitar 7-10 pounds.


CARB BLOCKERS

Dipakai sendirian, atau dipakai bersama supplement fat burners lainnya, carb-blockers bagus untuk weight-loss. Sebut saja BSN Cheaters Relief, supplement seperti ini bisa memblokir penyerapan karbohidrat hingga maksimal 35 gram per makanan. Cukup aman, tak ada efek samping negatif. Kita bisa makan makanan berbasis karbohidrat kesukaan kita (jangan berlebihan), lalu pakai supplement seperti ini agar program fat-loss kita tetap berjalan. Cukup mudah, bukan?

Kandungan zat carb blocker populer disaat seperti ini adalah HCA (Hydroxycitric Acid / Garnicia Cambogia) mampu memblokir produksi enzim enzim tertentu bertugas mengubah karbohidrat jadi lemak.


FAT BLOCKER

Sang pemblokir lemak paling populer adalah chitosan. Cara kerjanya sama dgn carb blocker. Chitosan mengikatkan dirinya dgn cairan lemak didlm usus sebelum dicerna tubuh. Chitosan bagaikan hadiah dr langit bagi binaragawan, karena bisa mengikat lemak sebanyak 7 kali dr beratnya sendiri. Kesimpulannya, bila kita suka kecolongan makan lemak, pakai saja supplement ini.


THYROID REGULATOR

Supplement seperti ini adalah alternatif pengganti hormon thyroid biasa diproduksi tubuh anda. Dgn supplement ini, kita bisa memaksimalkan hormon thyroid anda, sehingga sistim thyroid kita akan bekerja hingga ke level maksimal. Hasilnya, lemak ba& selama seperti ini susah dibuang, akan berkurang sedikit demi sedikit. Suhu tubuh & metabolisme kita akan naik. Zat populer dipakai dlm supplement kategori seperti ini adalah Guggulsterones (Commiphora Mukul) & Forskolin.

Paling cocok dipakai bersama fat-burner ECA, karena ECA akan menurunkan kadar thyroid anda. Guggulsterones bagus warnanya agak gelap. warnanya agak kuning cuma mengandung sedikit guggulsterones.



APPETITE SUPPRESSANTS

Kenapa seseorang makan (padahal seharusnya tidak)? Jawabannya, karena lapar. Seusai makan, maka kita akan kenyang, & nafsu makan hilang. Solusi sederhana seperti mengurangi makan, bukan hal mudah bagi orang biasa makan apapun mereka inginkan. Bila kita termasuk tipe seperti itu, maka supplement seperti ini cocok untuk anda. Catatan: Ada beberapa jenis produk fat burner juga memasukkan fitur appetite suppressant didalamnya.


CORTISOL BLOCKER

Bila tubuh dlm keadaan stress (olahraga), maka tubuh akan melepaskan hormon stress (cortisol). Tugasnya adalah menambah nafsu makan & menyimpan lemak. Cortisol akan membuat kita merasa lapar, & memerintahkan sel lemak agar tak mudah dibakar menjadi energi bila tak benar-benar penting.


FAT-LOSS CREAM

Inilah inovasi terbaru teknologi fat-loss, sebuah transdermal fat-loss bisa diserap via kulit. Cutting Gel (NutraSport) adalah salah satunya. Cukup oleskan gel seperti ini ke bagian tubuh lemaknya ingin kita bakar. Menurut Muscle Media (dimiliki oleh EAS, saingan NutraSport), dlm sebuah penelitian, wanita pakai produk seperti ini di kakinya mengalami penurunan kadar lemak. Berdasarkan feedback konsumen, produk ini, & produk krim lainnya memakai yohimbe cukup efektif, apalagi bila digabung dgn fat burner lainnya.


LAIN-LAIN

Ada beberapa kategori supplement fat loss lainnya, seperti Pyruvate (bakar lemak sekaligus memproduksi energi), 7-Keto (bakar lemak, bentuk otot, perlambat penuaan), CLA (bentuk otot), L-Carnitine (ubah lemak jadi energi), yohimbe, chromium, protein soy.

Pyruvate sudah ada dr dulu. Pyruvate dibuat oleh tubuh secara alami, dipakai dlm Krebs cycle (merubah ADP menjadi ATP), bisa memacu pengangkutan protein & glukosa ke sel otot. Agar efektif, pyruvate musti dimakan 20 gram/day. Lagi-lagi, seperti ini dosis besar & mahal (sekitar 10 dollar per hari). Mendingan duitnya untuk operasi sedot lemak saja.

Sebelum dunia fitness mengenal fat burner ECA, L-Carnitine dianggap fat burner terbaik ada. Alasan fitnessmania masih memakai l-carnitine disaat seperti ini adalah karena efek stimulant-nya tak terlalu kuat, walau l-carnitine bisa menaikkan detak jantung kita (sedikit), tetapi tetap dianggap paling aman dibandingkan ECA.


low bodyfat fitness girls

L-Carnitine dibuat dr asam amino lysine & methionine, diperlukan untuk mengubah lemak jadi energi. Juga berguna menurunkan lemak darah (triglycerides). Kelebihan triglyceride bisa beresiko kena serangan jantung. L-carnitine mengirim lemak tubuh ke sel mitochondria untuk dibakar. Sayangnya, belakangan seperti ini popularitas l-carnitine menurun, karena adanya penelitian membuktikkan, l-carnitine cuma efektif bila di suntikkan, bukan dikonsumsi via oral. Agar efektif (via oral), minimal musti dikonsumsi 5 gram / day, sebuah dosis besar & mahal. Bila tak dikombinasikan dgn fat-burner lainnya, maka hasil didapat minim.

Yohimbe bisa menurunkan timbunan lemak, mencegah penyumbatan arteri darah. Juga dipakai sebagai terapi bagi penderita gagal jantung & impotensi. Bila yohimbe dipakai bersama caffeine & ephedrine, maka ketiganya akan menjadi fat-burner paling poten, karena yohimbe berfungsi sebagai pemblokir receptor alpha-2 (mencegah akumulasi baru lemak tubuh, mendorong pembakaran lemak).

Chromium (Picolinate) adalah mineral bertugas menjaga kadar gula darah ke tingkat normal. Hasil akhirnya tentu saja, bisa mengubah komposisi tubuh seseorang (bakar lemak & bentuk otot secara bersamaan). Manusia butuh chromium agar insulin berfungsi normal. Para pemakai anabolik steroids wajib memakai supplement chromium, karena pemakaian steroids tanpa dibarengi chromium akan beresiko kena sakit diabetes jenis aneh, jenis tak bisa disembuhkan dgn insulin sekalipun. Survei membuktikan, 3 dr 4 orang di dunia kekurangan chromium. Pemakai rutin produk fitness kategori vitamin & MRP, tak perlu khawatir soal kekurangan chromium. Chromium cuma efektif, bila bersangkutan kekurangan chromium.

Soy protein juga bisa jadi fat burner ampuh. Kok bisa? Karena kandungan phytochemical pd protein soy bisa menaikkan level hormon thyroid, sangat berguna bagi mereka jalani diet rendah kalori. Seperti kita tahu, diet menyebabkan lemak jadi kian bandel, kian susah dibakar. Tubuh tahu kita sedang diet, makanya ia akan menurunkan level hormon thyroid anda, jadi kita semakin susah buang lemak.


DIET DRUGS

Selain pakai supplement, kita bisa pakai obat-obatan diet didapatkan via resep dokter. Mereka menyerang lemak via 3 cara berlainan: dgn cara merangsang metabolisme & menekan nafsu makan, memanipulasi serotonin tubuh, atau menghambat penyerapan lipid/lemak ke tubuh. Masing-masing punya kelebihan sendiri.

Obat perangsang metabolisme biasanya adalah turunan dr amphetamine (dijual bebas dgn merk Adderall). Meridia adalah salah satu merk obat manipulator serotonin. & Xenical adalah merk obat penghambat penyerapan lemak. Kecuali Adderall, ketiga obat tersebut bisa didapatkan dgn mudah. Ketiganya paling cocok dipakai selama jam kerja (pagi sampai sore).

Ada obat diet jenis ke empat patut diulas disini, yaseperti itu Fenfluramine (merk obatnya Pondimin). Tersedia dlm bentuk tablets & transdermal patch. Kelebihan obat seperti ini adalah : bukan obat perangsang (seperti keluarga amphetamine lainnya), bekerja langsung pd sistim syaraf otak anda. Sangat berguna di pakai di malam hari. Sayangnya fenfluramine sudah di tarik dr pasaran karena Fen-phen, campuran phentermine & fenfluramine, menyebabkan jantung bekerja kurang efisien, karena membiarkan darah membanjiri salah satu ruang di jantung. Problem seperti itu masih jadi kontroversi disaat ini, karena belakangan muncul beberapa penellitian berkesimpulan, tak ada bukti bila pemakaian fenfluramine bisa bahaya buat jantung. Penelitian seperti itu tak main-main karena melibatkan 720 relawan. Konsensus terbaru didapat sejauh seperti ini adalah, boleh saja pakai fenfluramine, asalkan tak paling dr 3 bulan.

Penelitian seperti itu mengukuhkan ilmu sudah diterapkan para binaragawan pemakai steroids sejak lama, mengatakan, pemakaian drugs harus pakai sistim cycle. 3 bulan adalah batas maksimalnya, bila dipakai paling dr itu, maka efektifitas obat akan menurun, & dampak negatifnya meningkat.

Binaragawan paling suka pakai obat diet turunan amphetamine, paling ampuh untuk bakar lemak bila dikombinasikan dgn keto-diet.

Selama memakai obat turunan amphetamine, kita bagaikan superman. Jeleknya, bila tak diatur pemakaiannya, obat tersebut bisa nyandu. Kala pemakaiannya dihentikan, kita akan langsung merasa ambruk & pegal-pegal. Berikut seperti ini adalah daftar obat diet ada dipasaran. Perbedaan farmakologinya kecil, tetapi efeknya bisa beragam.


TENUATE adalah merk dagang Diethylpropion hydrochloride USP, obat perangsang diet paling lemah efeknya, sedikit paling tinggi level perangsangnya dibandingkan caffeine. Bagusnya, Tenuate bisa dipakai dlm dosis rendah selama jam-jam kerja untuk menekan nafsu makan. Efek perangsang memudar setelah pemakaian di minggu ke 3.

PHENTERMINE. Satu tingkat paling kuat ketimbang Tenuate. Hadir dlm 2 bentuk: phentermine hydrochloride & phentermine resin. Phentermine Hydrochloride contohnya adalah Adipex, Fastin, & Phentermine. Phentermine Resin contohnya adalah Ionamine. Adipex & Fastin berupa tablet 30mg, efeknya berlangsung 10-12 jam. Durasi efek Ionamine paling lama lagi, tetapi efeknya paling kecil. Ionamine paling mahal harganya. Walau begitu, binaragawan paling suka pakai Phentermine, karena bisa memicu fat-loss & sangat efektif.

BONTRIL-SR. Merk dagangnya Phendimetrazine Tartrate. Jenis perangsang seperti ini paling kuat ketimbang Phentermine. Jeleknya, kita harus tentukan sikap dr awal, mau pakai Phentermine atau Bontril. Karena sekali kita pakai salah satu dr kedua jenis obat itu, kita tak bisa seenaknya ganti haluan pindah ke obat lainnya. Karenanya, binaragawan paling suka menentukan pilihan berdasarkan stok ada & harganya.

DIDREX. Merk dagangnya Benzphetamine. Inilah jenis terkuat ada. Benzphetamine diubah oleh tubuh jadi amphetamine & methamphetamine. Karenanya, paling sering di salahgunakan ketimbang Phentermine. Jeleknya, pemakaian obat seperti ini bisa terdeteksi dlm test urine. Positifnya, Didrex adalah solusi terbaik bagi sudah kebal dgn obat-obatan sudah diulas sebelumnya.

XENICAL adalah merk dagang dr ORLISTAT. Sudah ada sejak 24 Mei 1999. Obat seperti ini bisa menghambat penyerapan lemak ke tubuh (Lipase Inhibitor). Karenanya tak cocok dipakai dlm keto-diet. Tetapi cocok dipakai untuk rencana jangka panjang, terbukti efektif dlm 1-2 tahun. 30% lemak kita makan akan dibuang dr tubuh. Weight-loss nya berkisar 5% dr berat badannya. Bagusnya, obat seperti ini bisa dimakan sejam sebelum makan, atau 2 jam sesudah makan, & sama sekali tak kehilangan efektifitasnya. Sudah di tes selama 7 tahun pd (paling dari) 4000 pasien. Menurut penelitian JAMA (Journal of the American Medical Association), Xenical bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, & level glukosa. Selama pakai Xenical, asupan lemak per hari tak boleh paling dr 30% total kalori anda. Jeleknya, Xenical juga membuang vitamin larut lemak seperti A, D, E, K, & beta-karotin; karenanya disarankan pakai supplement multivitamin.

MERIDIA adalah merk dagang Sibutramine hydrochloride monohydrate, biasa dipakai untuk terapi obesitas & weight-loss. Paling efektif bila dikombinasikan dgn diet rendah kalori & olahraga. Meridia memanipulasi zat kimia alami otak mengatur nafsu makan sedemikian sehingga bisa bereaksi paling lama dr seharusnya. Beda dgn obat sejenis lainnya, Meridia tak masuk ke sel & memacu pelepasan neurotransmitter (misal: serotonin), tetapi berfungsi sebagai pemblokir (bekerja di luar sel, menghentikan neurotransmitter). Hasil weight loss didapat adalah 5-10% dr berat badan. Dgn keto-diet, nafsu makan bisa dikendalikan secara alami (berkat asupan lemak memberi efek kenyang), tetapi bagi mereka susah mengendalikannya, Meridia bisa jadi senjata ampuh. Efek negatifnya minim & bersifat sementara.

Mengatasi Alergi Ala Hembing

Oleh : Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma

Dlm kehidupan sehari-hari kita sering mendengar, atau bahkan mungkin pernah mengalami timbulnya bercak-bercak atau bentolan kulit gatalserta tersebar di atas permukaan tubuh, beberapa disaat setelahmengkonsumsi suatu jenis makanan. Keluhan atau gambaran seperti itumerupakan salah satu dr sekian banyak manifestasi

penyakit alergi yangsering dijumpai.

Tubuh kita memiliki serangkaian mekanisme pertahanan menakjubkan.
Mekanisme seperti ini dibuat untuk menjaga kesehatan kita. Salah satu mekanisme tersebut kita kenal sebagai sistem kekebalan/imun. Secara singkat sistem kerja dr imun tersebut yaseperti itu bila suatu bahan asing misalnya bakteri atau virus memasuki tubuh kita, jaringan tubuh akan mengenali protein khusus dr bahan asing penyerang seperti itu & membuat antidot (zat penawar) cuma akan membasmi protein khusus tadi. Zat kimia penawar untuk pertahanan dihasilkan oleh tubuh kita disebut antibodi. Sedangkan protein asing akan diserang & dilumpuhkannya disebut antigen.

Sistem pertahanan seperti itu cerdik & berhasil. Kelemahannya adalah tubuh harus menemui dua protein asing (antigen) sebelum sistem seperti ini dapat menghasilkan pertahanan terhadapnya (antibodi). Dgn kata lain, kita harus diserang terpaling dahulu sebelum kita dapat melawan. Sebagai contoh, bila terkena virus campak tubuh tak akan begseperti itu bermasalah,tetapi masalah akan menjadi rumit/serius bila tubuh berhadapan dgn penyakit serius seperti cacar atau difteri. Pd dasarnya, mereka selamat dr infeksi berbahaya demikian seperti itu berkat sistem kekebalan/pertahanan mereka bekerja cepat & mulai memproduksi antibodi dlm waktu singkat. Jadi, bila reaksi tubuh paling lambat,mereka terinfeksi akan kurang beruntung.

Debu, serbuk sari, jamur, makanan & bahan pd dasarnya tak membahayakan dapat bertindak sebagai antigen pd orang tertentu.
Bahan-bahan tersebut memasuki tubuh lewat paru-paru atau saluran cerna kemudian menerobos masuk ke dlm jaringan, di situlah mereka merangsang pembentukan antibodi. Akibat bertemunya antigen & antibodi itulah merusak jaringan bersangkutan & menimbulkan gejala/keluhan alergi.

Tak semua orang terserang alergi menimbulkan keluhan bila jumlah antigen kurang dr takaran ambang batas. Kecuali bila takaran seperti ini dilampaui, maka tubuh akan menampakkan/timbul gejala alergi. Antigen seperti ini dapat berupa sejumlah serbuk sari dibawa angin cukup membuat pilek alergi, hingga menyantap beberapa porsi makanan selama beberapa hari berturut-turut sebelum timbul gejala. Penderita mungkin tak akan sembuh dgn cara menghindr suatu bahan bila terdapat beberapa faktor alergi. Bila seseorang alergi terhadap sejumlah bahan sekaligus, sedangkan cuma berpantang satu jenis & masih menyantap lainnya,tentu saja tak akan sembuh.
Setiap orang dapat mengenali alergi makanan bila reaksinya mendadak
cepat & parah karena penderita mengalami ruam serius setiap kali memakan bahan tersebut. Tapi, bila alergi disebabkan makanan sehari-hari atau terjadi beberapa kali dlm seminggu, tubuh menjadi terbiasa menderita akibat makanan tersebut & reaksinya menjadi samar.
Sebetulnya selama bertahun-tahun atau puluhan tahun penyakitnya tampak menghilang, mungkin cuma kambuh sekali-kali ketika kebetulan memakan antigen terlalu banyak atau adanya faktor pemicu seperti stres secara tak langsung menurunkan ketahanan tubuh. Karena reaksi gejalanya jarang terjadi, maka penderita sulit mengetahui penyebabnya.
Berhubung daya tahan tubuh semakin berkurang, maka tubuh tak lagi
dapat mengatasi proses penyakit & timbullah gejala penyakit tersebut.
Bentuk penyakit timbul antara satu orang dgn orang lainnya
tidaklah sama, tergantung bagian tubuh mana terserang paling parah.

Reaksi alergi tentunya merupakan manifestasi pd seseorang secara keseluruhan. Gejalanya akan tergantung pd fungsi organ tersebut yaseperti itu dapat terangsang atau tertekan. Suatu alergi menyerang mata akan menimbulkan mata merah & gatal; bila menyerang hidung akan pilek atau bersin-bersin; bila menyerang paru-paru akan menyebabkan asma atau batuk; bila menyerang saluran pencernaan menyebabkan sakit perut, kembung, diare atau muntah-muntah; menyerang persendian dapat menyebabkan nyeri & kaku; bila terserang kepala dapat menimbulkan sakit kepala, bila menyerang kulit menimbulkan eksim, bentol-bentol/gatal-gatal, & sebagainya.
Alergi dapat terjadi pd semua usia baik pd mereka mempunyai bakat alergi maupun tidak/nonalergik. Pd anak-anak paling sering ditemukan yaseperti itu asma bronkiale. Sedangkan alergen paling sering menyerang anak-anak yaseperti itu tepung sari, debu rumah, bulu hewan, air liur hewan, & makanan.

Tips pencegahan & menghindr alergen :

Jaga selalu kesehatan tubuh & lingkungan.

Pindahkan sarang debu seperti pernak-pernik, buku, hiasan dinding, dan
sebagainya

Bila kita alergi pd bulu binatang, jangan membiarkan binatang berbulu masuk ke dlm ruangan.

Hindr penggunaan kain terbuat dr wool atau bahan dr bulu.

Hindr tanaman atau aquarium menyebabkan spora jamur di udara.

Gunakan pembersih udara elektris untuk membersihkan debu, jamur atau polen dr udara.

Gantilah permadani atau gorden berat menangkap & menyimpan debu dgn tirai dapat dicuci & permadani dr katun.

Bila kita alergi terhadap jenis makanan tertentu, hindr makanan penyebab alergen tersebut.

Cara tradisional dapat digunakan untuk mengatasi alergi yaseperti itu :

15 gram jahe + 30 cc cuka beras putih/rice venegar + gula merah secukupnya direbus dgn 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum. Lakukan secara teratur sehari sekali.

Bila alergi menyerang hidung sehingga menimbulkan pilek atau bersin-bersin dapat menggunakan cara tradisional berikut:

7 lembar daun sambung nyawa + 30 gram sambiloto segar direbus dgn 500cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

daun lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus. Teteskan jus lidah buaya ke dlm hidung sebanyak 3 tetes dgn menggunakan pipet.

Sedangkan bila alergi menyerang kulit sehingga menimbulkan gatal-gatal atau eksim dapat digunakan :

sambiloto segar secukupnya + kunyit segar secukupnya + belerang secukupnya dihaluskan hingga lembut, lalu dioleskan pd bagian kulit terkena alergi.

daun ketepeng china segar secukupnya dihaluskan lalu dioleskan pd bagian kulit terkena alergi.

Bila alergi menyerang paru-paru mengakibatkan asma dapat menggunakan :

10 kuntum bunga kenop + 10 - 15 gram jahe direbus dgn 500 cc air hingga tersisa 250 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

30 gram daun pegagan + 10 gram bawang putih direbus dgn 500 cc air hingga tersisa 250 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
Catatan : kita dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas & lakukan secara teratur sehari 2 kali, dlm melakukan perebusan sebaiknya gunakan panci enamel atau periuk tanah.


Demam

Oleh: Prof.Dr. Iwan Darmansjah, Sp. Fk, Farmakolog
Apa harus dilakukan bila ada anggota keluarga terserang demam?
Pertama, ia harus istirahat. Menyelimutinya dgn selimut tebal -- ini
kerap terjadi--

justru tak dibenarkan. Udara tubuh panas malah
tak bisa menguap sehingga suhu akan tambah naik, & pd anak-anak malah
bisa kejang (stuip). Rasa dingin terjadi karena suhu tubuh sedang naik
mendadak.

Tindakan paling baik adalah menyeka seluruh tubuh penderita dengan
kain basah terus-menerus selama 5-7 menit. Dgn menguapnya air & kulit,
tubuh ikut didinginkan sehingga disaat seperti itu biasanya suhu tubuhnya mulai
turun. Tak baik memakai alkohol untuk tujuan seperti itu karena alkohol akan
diserap oleh kulit. Melakukan kompres cuma di kepala juga tak efektif
karena kontak permukaan terlalu kecil. Selain itu, penderita harus diberi
minum banyak untuk ikut mendinginkan tubuhnya.

Demam atau panas memang gejala dapat berdiri sendiri atau bagian dari
kumpulan gejala suatu penyakit. Demam merupakan suatu tkita penting untuk
diperhatikan karena pd awalnya sering tak atau belum dapat diketahui
penyebab, & berbahaya atau tidaknya.

Bila timbul demam, sebaiknya ukur suhu ketiak dgn termometer empat kali
sehari tiap 4-5 jam. Suhu seperti ini perlu dicatat untuk diperlihatkan pada
dokter. Dokter nanti memeriksanya seperti itu dapat memperoleh kesan jenis
penyakitnya dr naik turunnya suhu badan. Misalnya suhu pd penyakit
tifus, pd 3-4 hari pertama cuma naik malam hari sedangkan pagi panasnya
hilang. Demam karena tifus, pd hari-hari awalnya hampir selalu dimulai
dgn suhu tak terlalu tinggi. Jadi, bila suhu ba& hari pertama
sudah sekitar 39-40 derajat C disertai menggigil, hampir dapat dipastikan
seperti ini bukan tifus. Tifus baru dicurigai bila demam sudah berjalan 4-5 hari
atau lebih.


Demam pd hari pertama saja sudah mendadak tinggi, biasanya
disebabkan oleh penyakit akibat virus, seperti influenza atau demam
berdarah. Tentu ada banyak penyakit infeksi lain pola suhunya mirip
tifus atau infeksi virus, namun di Indonesia dapat dikatakan 90% demam yang
mendadak tinggi disebabkan oleh virus. Karena itu, demam sudah
diderita paling dr 2-3 hari perlu dikonsultasikan ke dokter karena perlu
ditentukan penyebabnya. Di negara kita, salah satu penyebab sangat
dikhawatirkan ialah demam berdarah banyak terjadi di akhir musim
penghujan.


Bila pelbagai upaya awal untuk menurunkan demam tak berhasil penderita
dapat diberi obat penurun panas juga mempunyai sifat mengurangi rasa
sakit, pegal, & sakit kepala.


Obat pilihan pertama ialah parasetamol dijual dgn berbagai nama
dagang. Menurut peraruran Depkes, semua obat dijual bebas harus
menuliskan nama generik di bawah nama dagangnya dicantumkan di bawah
"kandungan". Namun, patut diingat bila gejalanya cuma demam, tidak
dibenarkan untuk menggunakan parasetamol dicampur dgn bahan aktif
lain, misalnya untuk pilek, batuk, & sebagainya. Tambahan bahan lain itu
selain tak ada gunanya, juga menjadikan obat paling mahal. Belum lagi bila
menimbulkan efek sampingan, akan menjadi mubazir.


Obat lain juga baik ialah ibuprofen karena efektif & aman, namun
mungkin belum begseperti itu dikenal masyarakat. Asetosal (dikenal sebagai aspirin)
tak dianjurkan bila lambung pasien tak tahan karena sifat asamnya.
Asetosal dlm dosis 1 tablet dewasa menyebabkan darah menjadi encer
sehingga perdarahan (seperti dlm haid atau terluka) akan sulit berhenti
karena darah tak dapat membeku. Asetosal juga tak dianjurkan bila
penyebab demam adalah virus (campak, cacar air, & sebagainya), terutama
pd anak karena asetosal dihubungkan dgn komplikasi fatal disebut
Reye syndrome.


Pilihan lain tak termasuk golongan obat bebas ialah asam mefenamat
(kecuali 250 mg untuk orang dewasa) dikenal masyarakat sebagai
Ponstan, & dipiron (dikenal sebagai Antalgin atau Novalgin). Kedua obat
mi tak dibenarkan dibeli di toko obat atau apotek karena harus memakai
resep. Seperti diketahui, kemasan obat bebas ditandai dgn lingkaran
hijau atau biru, sedangkan obat resep lingkaran merah.


Anemia

Salam Sehat!
Mineral besi (Fe), vitamin B12, & asam folat, ketiganya merupakan nutrisi penting dlm pembentukan darah. Kekurangan ketiga unsur seperti ini dapat menyebabkan anemia. Begseperti itu juga dgn pendarahan kronis & akut, dapat menjadi pemicu seseorang terkena penyakit ini.


Terjadi Pd Pria & Wanita
Anemia adalah penyakit kurang darah, ditandai kadar haemoglobin (Hb) & & sel darah merah (eritrosit) penderita paling rendah dr keadaan sehat. Bila kadar hemoglobin kurang dr 14 g/dl & eritrosit darah kurang dr 41 persen pd pria, maka pria tersebut dikatakan anemia. Demikian pula pd wanita, wanita memiliki kadar hemoglobin kurang dr 1 2 g/ dl & eritrosit darah kurang dr 37 persen, maka wanita seperti itu dikatakan anemia.

Bila kita sering merasa cepat lelah, detak jantung sangat cepat & tak teratur, serta napas memburu tetetapi pendek, mungkin kita sedang menderita kekurangan darah (anemia). Anemia kerap muncul karena berbagai faktor. Penurunan produksi darah merah dapat terjadi karena gizi buruk (malnutrisi) atau karena penyakit kronik. Pendarahan kronik maupun akut dapat menyebabkan anemia. Demikanjuga dgn pembengkakan yg menahun, dapat menyebabkan anemia.

Penyebab Anemia
Anemia umumnya disebabkan oleh pendarahan kronik. Infeksi cacing tambang dapat menyebabkan pendarahan. Infeksi cacing tambang disertai gizi baik tak akan menimbulkan anemia. Sebaliknya, infeksi cacing dgn gizi buruk, baru akan terjadi anemia. Gizi buruk atau karena penyerapan nutrisi oleh usus menurun juga dapat menyebabkan seseorang kekurangan darah. Demikianjuga padawanita hamil atau sedang menyusui (laktasi), bila asupan zat besi kurang, besar kemungkinanjuga menjadi anemia. Pendarahan saluran cerna, menstruasi berlebihan,.serta para pendonor darah tak diimbangi dgn gizi baik dapat menjadi anemia: Kebocoran pd saringan darah di ginjal,juga dapat menyebabkan anemia. Hemoglobin akan terus terbuang bersama urin (hemoglobinuria) & jumlahnya terus berkurang dlm darah.

Anemia karena defisiensi besi ditandai dgn perubahan kulit. Kulit tampak pucat & kusam. Terjadi kerusakan kelenjar secara terusmenerus, seperti lidah menjadi halus, bibir & sudut-sudut mulut tampak pecah-pecah & berwarna kemerahan.

Akibat Penyakit Kronis
Penyakit kronis juga dapat menjadi faktor penyebab seseorang menjadi anemia. Padajenis inijumlah kasusnya terbanyak kedua setelah anemia karena defisiensi besi. Anemia seperti ini banvak dihubungkan dgn berbagai penyakit infeksi, seperti infeksi ginjal, abses paru, gumpalan nanah di paru, sen pembengkakan pd gelembung paru-paru.

Inflamasi kronik, seperti rematik & kematian jaringan juga dapat menyebabkan anemia. Karena anemia seperti ini disebabkan oleh suatu penyakit, maka berat-ringannya anemia ditentukan oleh keparahan penyakit penyebabnya.

Penanganan anemia jenis seperti ini terutama ditujukan pd penyakit penyebabnya. Bila anemianya sudah mengkhawatirkan maka transfusi darah diperlukan. Pemberian suplemen besi belum diperlukan, kecualibila anemia karena rematik.

Anemia Karena Pendarahan
Pendarahan akut maupun kronik dapat menyebabkan kekurangan darah. Pd disaat terjadi pendarahan hebat, mungkin gejalaanemia belum tampak. Namun, penurunan kadar Hb baru terjadi beberapa hari kemudian. Transfusi darah merupakan tindakan penanganan utamabila terjadi pendarahan hebat. Pendarahan kronik biasanya tak kita sadari. Pengeluaran darah biasanya berlangsung sedikitdemi sedikit & berlangsung lama.

Pendarahan di usus karena infeksi cacing atau karena pemakaian analgesik, serta mimisan (epistaksis) berkepanjangan dapat pula menyebabkan anemia.

Defisiensi Zat Besi (Fe)
Unsur besi terdapat pd setiap sel tubuh bersama dgn protein. Unsur seperti ini juga tersimpan dlm hati, limpa, & sumsum tulang belakang. Cadangan besi seperti ini sewaktuwaktu dapat dimobilisasi bila hemoglobin membutuhkannya.

Zat besi atau Fe merupakan mineral sangat penting bagi tubuh, meskipun dibutuhkan dlm jumlah sedikit (tracemineralj. Hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, mengandung 60-70% zat besi. Kekurangan zat besi berarti tubuh kita kekurangan haemoglobin & oksigen.

Mineral seperti ini dapat diperoleh dr sayuran berwarna hijau gelap & daging. Tetetapi besi dlm sayuran paling sulit diserap dibandingkan dgn besi dlm daging. Namun tak berarti kita harus banyak konsumsi daging untuk mencukupi kebutuhan zatbesi, kecuali dlm keadaan defisiensi unsur besi.

Kebutuhan Unsur Besi (Fe)
Setiap hari tubuh kita membutuhkan sekitar 20 mg zat besi dr makanan. Namun dr sejumlah seperti itu cuma kira-kira 2 mg saja diserap tubuh. Sisanya terbuang bersama tinja. Zat besi dlm tubuh kita berkisar 2-4 g, atau kira-kira 50 mg dlm setiap satu kilogram berat ba& pd pria dewasa. Sedangkan pd wanita cuma 35 mg dlm setiap satu kilogram berat badan. Umumnya, defisiensi zat besi disertai defisiensi asam folat.

Kekurangan Vitamin B12
Kebutuhan tubuh terhadap vitamin B12 sama pentingnya dgn mineral besi. Vitamin B12 seperti ini bersamasama besi berfungsi sebagai bahan pembentukan darah merah. Bahkan kekurangan vitamin seperti ini tak cuma memicu anemia, melainkan dapat mengganggu sistem saraf.

Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi karena gangguan dr dlm tubuh kita sendiri atau sebab luar. Saluran cerna akan menyerap semua unzurgizi dlm makanan, termasuk vitamin B12. Cuma saja bagi penderita penyakit herediter autoimun akan terjadi gangguan penyerapan makanan di usus. Untungnya penyakit seperti ini jarang ditemukan di Indonesia. paling sering dijumpai di Indonesia adalah kekurangan vitamin karena sebab dr luar tubuh. Gizi buruk atau kurang konsumsi makanan mengandung vitamin seperti ini paling banyak kasusnya, serta gejalanyatidakterlalu berat.

Kekurangan Asam Folat
Gizi makanan erat sekali kaitannya dgn penyakit kurang darah. Konsumsi bahan makanan miskin asam folat, besi, & vitamin B12 cenderung menjadikan seseorang kurang darah (anemia). Asam folat dapat diperoleh dr daging, sayuran berwarna hijau & susu.

Kekurangan vitamin B12 seseorang kurang darah (anemia). ditandai dgn diare, lidah licin, Asam folat dapat diperoleh dr daging, sayuran berwarna hijau, & susu.

Asam folat termasuk nutrisi sangat mudah diserap usus & berlangsung di sepanjang saluran cerna. Tetapi, mengapa masih banyak kita temukan kasus anemia karena kekurangan asam folat ini? Sudah tentu masalahnya ada pd kadar gizi dlm makanan dikonsumsi. Gizi buruk (malnutrisi) merupakan penyebab utamanya. Anemia jenis ini
juga berkaitan dgn pengerutan hati (sirosis). Sirosis hati menyebabkan cadangan asam folat di dalamnya menjadi sedikit sekali.

Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan gangguan kepribadian & hilangnya daya ingat. Gejala-gejalanya hampir sama dgn gejala kekurangan vitamin B12. Gejala-gejala neurologis lainnya juga dapat timbul bila sudah parah.

Anemia jenis seperti ini erat kaitannya dgn gizi seseorang. Karenanya, penanganan anemia pun berkaitan dgn masalah gizi. Konsumsi daging, sayuran hijau, & susu memadai akan sangat membantu.


Manfaat Teh

Belum lama ini, WHO telah mengadakan penyelidikan terhadap pengaruh berbagai minuman terhadap kesehatan di sejumlah besar negara, & terakhir berpendapat bahwa teh sebagai minuman paling baik bagi orang dewasa & usia lanjut.

Daun teh mengandung protein, lemak, & puluhan jenis vitamin serta kafein & hampir 300 jenis komposisi, memiliki fungsi menyelaraskan fisiologi, berperan sebagai pemeliharaan kesehatan dr berbagai segi & efek farmakodinamika.
Manfaat positif minum teh sangat banyak, bila disimpulkan ada 14 macam seperti berikut di bawah ini:
Teh bisa membangkitkan semangat orang, memperkuat kemampuan berpikir & mengingat.
Teh dapat menghilangkan rasa lelah, mendorong metabolisme, serta memiliki fungsi memelihara kemampuan reguler jantung, pembuluh darah, usus lambung & fungsi lainnya.
Minum teh memiliki manfaat sangat baik terhadap pencegahan kerusakan gigi. Menurut penyelidikan dr Inggris menunjukkan, bahwa anak-anak sering minum teh, kerusakan giginya dapat berkurang 60%.
Daun teh mengandung tak sedikit unsur mikronutrein bermanfaat terhadap tubuh.
Daun teh memiliki efek mengekang tumor ganas, & dapat secara nyata menghambat pertumbuhan sel kanker.
Minum teh dapat menghambat sel menjadi tua, sehingga bisa memperpanjang umur. Efek antipenuaan daun teh adalah 18 kali lipat paling besar dr vitamin E.
Minum teh dapat memperlambat & mencegah pembentukan bintik lemak pd selaput dlm pembuluh darah, mencegah pengerasan pembuluh nadi, tekanan darah tinggi & penyumbatan pembuluh darah otak.
Minum teh dapat merangsang saraf pusat & memperkuat kemampuan gerakan.
Minum teh mempunyai efek mengurangi berat ba& & efek kecantikan, khususnya teh wulong paling nyata terhadap efek tersebut.
Minum teh dapat mencegah katarak karena usia lanjut.
Daun teh mengandung asam tanat dapat membunuh aneka macam bakteri, maka dapat mencegah & menyembuhkan radang rongga mulut, radang kerongkongan tenggorokan & radang usus maupun disentri mudah terjadi pd musim panas.
Minum teh dapat melidungi fungsi pembuatan darah. Dlm daun teh mengandung zat proteksi radiasi, menonton TV sambil minum teh dapat mengurangi bahaya radiasi TV, sekaligus dapat melindungi penglihatan.
Minum teh dapat memelihara keseimbangan asam & basa dlm darah. Daun teh mengandung kafein, theophilline (basa teh), theobromine (basa kakao), xanthine (purine kuning) & lain-lain zat alkaloid, adalah suatu minuman bersifat basa sangat baik. Air teh bisa dgn segera diserap ke dlm tubuh & dioksidasi, mengahasilkan kekentalan metabolit sifat basa paling tinggi, dgn demikian dapat dgn segera menetralisir metabolit bersifat basa dlm darah.
Mencegah kepanasan oleh matahari & menurunkan suhu badan. Setelah 9 menit minum teh hangat, suhu kulit menurun 1-2?Cs, sehingga orang merasa segar & kering, sedangkan setelah minum minuman dingin suhu kulit menurun tak jelas seberapa.



Tentang Mood & Menstruasi

Pria-pria selalu bilang, kalau memahami wanita seperti itu sulit…Masa sih? Konon naik turunnya emosi wanita lah membuat para pria jadi mengerutkan dahi menghadapi lawan jenisnya ini. Menurut para ahli, wanita memiliki ketidakstabilan hormon, inilah jadi salah satu pemicu timbulnya hubungan kurang harmonis dgn lingkungan sekitarnya, termasuk pd pria pasangannya.
Apa seperti ini sepenuhnya benar?

Untuk mengenali & mengatasi 'gangguan' kadar hormon 'naik turun' ini, berikut catatan menarik buat Kita agar bisa mengatasinya

Minggu -1 : Minggu Setelah Haid

Pd minggu ini, setelah haid selesai, fluktuasi hormon estrogen mulai naik. Maka secara psikologis Kita bakal merasa paling percaya diri, bersemangat dlm menghadapi aktifitas harian Anda. Jadi, manfaatkanlah kondisi menyenangkan seperti ini untuk merencanakan beberapa rencana Kita sempat tertunda. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan kantor terbengkalai atau membereskan urusan keluarga tertunda.

SARAN: Pd kondisi seperti ini biasanya kulit Kita sedang dlm kondisi sensitif. Jadi, rawatlah kulit dgn hati-hati & hindr perawatan kecantikan menimbukan rasa sakit, seperti waxing atau peeling wajah.

Minggu ke - 2 : Masa ovulasi

Inilah disaat hormon estrogen berada pd titik puncak & produksi hormon progesteron juga meningkat. Efek psikologis Kita rasakan disaat seperti ini adalah merasa diri sangat seksi, sensual & penuh gairah. Tak heran bila pd kondisi seperti ini Kita bisa sangat menikmati hubungan cinta bersama pasangan & sekaligus terlihat menarik bagi pasangan. Manfaatkanlah kondisi seperti ini untuk menebarkan pesona & energi positif Kita kepd semua orang. Dgn begseperti itu semua orang akan paling menyukai Anda.

SEBAGAI SARAN: Belilah parfum! Sebab pd minggu seperti ini indra penciuman Kita sedang dlm keadaan sangat baik. Satu lagi, bagi belum ingin memiliki momongan, jangan lalai memakai kontrasepsi karena disaat seperti ini Kita sedang sangat subur.

Minggu ke -3 : PMS

Jumlah hormon esterogen mulai menurun & fluktuasi hormon progesteron mulai tak stabil. Kita mulai merasakan hal-hal tak menyenangkan, seperti mudah jengkel, marah, cepat merasa frustasi & mudah menangis. Nah, kalau sudah begseperti ini paling baik hindr beraktifitas pd jam-jam sibuk & hal-hal bisa membangkitkan emosi Anda.

SEBAGAI SARAN: Perbanyak makanan mengandung kalsium & magnesium, manjakan diri sendiri dgn relaksasi serta hindr kafein agar gejala PMS tak semakin parah. Melakukan Waxing & peeling wajah juga dianjurkan.


Minggu ke - 4 : Masa Menstruasi

Pd kondisi ini, semua hormon dlm tubuh sedang dlm kondisi rendah atau 'tidur'. Jadi tak heran bila Kita paling sering merasa lelah & selalu ingin berbaring atau tiduran. Usahakan untuk banyak beristirahat agar tubuh dapat melakukan regenerasi.

SEBAGAI SARAN: Silahkan menyantap banyak cokelat, karena makanan lezat seperti ini bisa membantu tubuh Kita melepaskan hormon serotonin menimbulkan rasa gembira & riang.



Bahaya Plastik

udah banyak orang memberi peringatan, rumor, gosip bahkan artikel majalah tentang bahaya plastik. Tetetapi tetap saja cuma segelintir orang
menggubris, peduli atau sampai meneliti paling lanjut.

Plastik adalah salah satu bahan dapat kita temui di hampir setiap barang

. Mulai dr botol minum, TV, kulkas, pipa pralon, plastik laminating, gigi palsu, compact disk (CD), kutex (pembersih kuku), mobil, mesin, alat-alat militer hingga pestisida. Oleh karena seperti itu kita bisa hampir dipastikan pernah menggunakan & memiliki barang-barang mengandung Bisphenol-A. Salah satu barang memakai plastik & mengandung Bisphenol A adalah industri makanan & minuman sebagai tempat penyimpan makanan, plastik penutup makanan, botol air mineral, & botol bayi walaupun sekarang sudah ada botol bayi & penyimpan makanan tak mengandung Bisphenol A sehingga aman untuk dipakai makan. Satu tes membuktikan 95% orang pernah memakai barang mengandung Bisphenol-A.

Plastik dipakai karena ringan, tak mudah pecah, & murah. Akan tetetapi plastik juga beresiko terhadap lingkungan & kesehatan keluarga kita. Oleh karena seperti itu kita harus mengerti plastik-plastik aman untuk kita pakai.

Apa arti dr simbol-simbol kita temui pd berbagai produk plastik?


#1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik jernih/transparan/ tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, & hampir semua botol minuman lainnya. Boto-botol dgn bahan #1 & #2 direkomendasikan cuma untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol sudah lama atau terlihat baret-baret.


#2. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu berwarna putih susu. Sama seperti #1 PET, #2 juga direkomendasikan cuma untuk sekali pemakaian.


#3. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik paling sulit di daur ulang. Plastik seperti ini bisa ditemukan pd plastik pembungkus (cling wrap), & botol-botol. Kandungan dr PVC yaseperti itu DEHA terdapat pd plastik pembungkus dapat bocor & masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati & berat badan.


#4. LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan & botol-botol lembek. Barang-barang dgn kode #4 dapat di daur ulang & baik untuk barang-barang memerlukan fleksibilitas tetetapi kuat. Barang dgn #4 bisa dibilang tak dapat di hancurkan tetetapi tetap baik untuk tempat makanan.


#5. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk berhubungan dgn makanan & minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum & terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasa botol transparan tak jernih atau berawan. Cari simbol seperti ini bila membeli barang berbahan plastik.


#6. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dlm makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak & sistem syaraf. Selain tempat makanan, styrine juga bisa didapatkan dr asap rokok, asap kendaraan & bahan konstruksi gedung. Bahan seperti ini harus dihindr & banyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara China.


#7. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan & minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaseperti itu Bisphenol-A ke dlm makanan & minuman berpotensi merusak sistem hormon. Hindr bahan plastik Polycarbonate.

Masih banyak sekali barang plastik tak mencantumkan simbol-simbol ini, terutama barang plastik buatan lokal di Indonesia .. Oleh karena itu, kalau kita ragu paling baik tak membeli. Kalaupun barang bersimbol paling mahal, harga tersebut paling berharga dibandingkan kesehatan keluarga kita.

Pd akhirnya. Hindr penggunaan plastik apapun di Microwave. Gunakan bahan keramik, gelas atau pyrex sebagai gantinya.

Hindr juga membuang sampah plastik terutama mengandung Bisphenol-A sembarangan karena bahan tersebut pun bisa mencemari air tanah pd akhirnya pun bisa mencemari air minum banyak orang.

Semoga informasi seperti ini bermanfaat.


Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet