Masa-masa Kehidupan Anak yang Perlu Diperhatikan Oleh Orang Tua!


MASA-masa penting dalam kehidupan anak sering terbaikan, padahal masa itu sangat penting bagi perkembangan kehidupan si anak. Tapi ingat, bahwa setiap anak adalah individu unik alias berbeda sehingga punya masa dan kemampuan dan karakter yang berbeda.

1. Boks bayi

Saat bayi menginjak usia 3 bulan, tidurkan dia di dalam boksnya dan jangan di tempat tidur Anda. Soalnya, semakin bertambah usia anak, semakin susah bagi Anda untuk membiasakan dia tidur sendiri.

Menginjak usia 2 tahun, pindahkan anak dari boks bayi ke tempat tidur.
Anak-anak mengingat tinggi badan anak sudah bertambah sehingga risiko melompati pagar boks semakin tinggi. Untuk menghindari jatuh, sebaiknya sediakan tempat tidur anak-anak.

2. Mainan untuk menenangkan bayi


Pada saat bayi berusia 2 sampai 3 bulan, sebaiknya mainan untuk membuat bayi tenang jangan diletakkan di tempat yang bisa dijangkau oleh bayi. Di usia 3 atau 4 bulan, bayi suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, sebaiknya mainan tersebut disingkirkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mengenalkan huruf, angka, bentuk, dan warna

Anda dapat mulai mengajarkan huruf-huruf, angka, warna, dan bentuk saat bayi berusia 6 bulan.
Walaupun pemahaman mereka membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tidak ada salahnya memperkenalkan konsep-konsep tersebut kepada anak-anak sejak dini.

Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Gunakan buku-buku yang berisi gambar-gambar menarik, contoh-contoh nyata seperti menyanyi, membaca buku, dan lainnya.

4. Biarkan bermain dengan sesama bayi.

Bayi-bayi lebih tertarik dengan sesama bayi daripada dengan orang dewasa. Pada usia 2 sampai 3 bulan, mereka saling memandang dan memperhatikan. Di umur 9 sampai 12 bulan, mereka saling memberikan dan bertukar mainan dan saling meniru. Untuk menghindari pertengkaran dan demi menciptakan suasana yang menyenangkan, sediakan dua macam mainan yang sama.

5. Binatang piaraan

Usahakan untuk tidak memelihara binatang sampai anak berusia 2 tahun. Anak usia 2 tahun sudah memperlihatkan rasa tertarik saat melihat ikan di akuarium dan biasanya mereka ingin memegang ikan yang ada di dalam akuarium tersebut.

Untuk binatang piaraan seperti kucing sebaiknya tunggu sampai anak-anak berusia 3 atau 4. Anak pada usia ini belum dapat diberi tanggung jawab untuk mengurus binatang seperti memberi makanan. Hal ini baru dapat dilakukan saat mereka berusia paling tidak 7 atau 8 tahun atau bahkan lebih tua dari itu dan tentu saja tetap perlu diawasi.

6. Tempat penitipan


Sebaiknya Anda menitipkan anak pada tempat penitipan atau memasukkannya ke kelompok bermain saat usianya menginjak 3 tahun.
Bagaimanapun juga, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor kemandirian, temperamen, dan sosialisasi anak dengan teman sebayanya.

7. Melakukan tugas

Anda dapat mulai mengajarkan tugas sehari-hari sejak anak berusia 18 bulan
. Membereskan mainan, meletakkan pakaian kotor di keranjang pakaian kotor atau meletakkan serbet di meja makan merupakan permulaan yang baik untuk diajarkan kepada anak-anak.

Pada awalnya mereka memerlukan bantuan Anda, tetapi lama-kelamaan dapat melakukannya sendiri dan tanpa Anda sadari ternyata si kecil dapat melakukan lebih dari yang diajarkan.

Bila usianya bertambah, tambahkan juga tugas yang dapat diajarkan kepada mereka seperti menyiram tanaman, membersihkan sesuatu yang tumpah, membereskan tempat tidur, dan membawa piring-piring plastik ke tempat cuci piring.

8. Kehadiran adik

Jelaskan pada anak mengenai bayi yang Anda kandung pada trimester kedua dari kehamilan
karena pada saat ini kandungan mulai tampak dan kemungkinan keguguran telah berlalu.

Ingat, Anak-anak sangat konkret. Jadi, berapa pun usia mereka pastikan untuk memberitahukan kepada mereka apa peran dan tugas yang dapat mereka lakukan pada saat kelahiran adiknya. Anda juga dapat mengajaknya saat melakukan USG sehingga memberi masukan kepadanya untuk memahami kehamilan.

9. Gigi

Sebaiknya bawa bayi ke dokter gigi sekitar 6 bulan sesudah gigi pertamanya keluar atau tidak melewati ulang tahunnya yang pertama.
Disarankan anak-anak ke dokter gigi pada usia 3 tahun atau bila diperlukan sebelum 3 tahun jika ada masalah dengan giginya. Carilah dokter gigi spesialis anak atau dokter gigi yang telaten dan bersikap ramah pada anak sehingga si kecil tak merasa takut.

10. Perosotan

Anda dapat membiarkan anak bermain perosotan tanpa dipegang pada usia 15 sampai 18 bulan.
Begitu ia dapat berjalan dengan baik, dia mampu mengontrol tubuhnya. Anak usia ini sudah mampu, kok, menjaga keseimbangan tubuhnya ketika meluncur dan “mendarat” di bawah dengan aman.

11. Ayunan

Tiga sampai enam bulan sesudah dia dapat berjalan, Anda dapat membawanya bermain ayunan untuk anak-anak yang lebih besar. Begitu seorang anak sudah dapat berjalan dengan baik, mereka mampu menjaga keseimbangan tubuhnya dengan baik.

Artinya, mereka dapat menyesuaikan tegangan lengan mereka untuk menjaga keseimbangan dan mengontrolnya. Pastikan posisi ayunan dekat dengan tanah dan dorong dengan pelan untuk menghindari kecelakaan.

12. Mainan beroda

Anda juga sudah dapat membelikan anak mainan yang bisa dikendarai seperti mobil-mobilan atau sepeda-sepedaan. Sebagian anak ada yang sudah dapat mengatur kaki mereka untuk mengayuh ke depan dan ke belakang; sementara sebagian lagi masih memerlukan bantuan kita untuk mendorongnya.

Pada usia 18 bulan, Anda sudah dapat membelikannya sepeda roda tiga.
Walaupun dia belum terlalu bisa mengatur gerakan mengayuh, anak tetap dapat menikmati mainannya sambil memegang pegangannya.

13. Gelas hirup

Pada usia 18 bulan hentikan pemakaian gelas hirup/bercorong.
Pada usia tersebut anak sudah harus dapat menggunakan cangkir/gelas untuk minum kecuali di dalam kendaraan atau di tempat bermain. Biasakan anak minum di gelas. Untuk mengantisipasi air yang tumpah, sediakan tisu/lap atau ajari ia minum dengan menggunakan sedotan.

14. Badut

Biasanya anak-anak di bawah 3 atau 4 tahun takut dengan badut.
Namun ada juga yang tidak takut. Anda dapat mengetahui hal ini dari reaksi mereka ketika melihat badut. Bila mereka biasa-biasa saja, berarti tidak masalah tetapi bila mereka takut dan berteriak, Anda dapat membawanya mendekati si badut di tahun berikutnya.

15. Bepergian tanpa anak

Anda dapat bepergian tanpa anak pada saat bayi berusia di bawah 5 bulan. Pada usia 5 bulan ke bawah, bayi tidak/belum merasakan kehilangan Anda. Dalam beberapa hal, bayi lebih dapat berpisah daripada anak balita yang sudah lebih mengenal Anda.

Semakin Anda dekat dengan anak, semakin susah mereka ditinggalkan. Jadi, bila sejak dini Anda membiasakan pergi tanpa anak atau membiasakan anak dititipkan pada seseorang yang Anda percaya untuk mengurusnya, di usianya yang lebih tua semakin mudah bagi Anda dan dia untuk tidak selalu bersama-sama. Lagipula, Anda dan pasangan sesekali berhak untuk menikmati waktu hanya berduaan.

16. Meniru

Anak-anak di usia 3 tahun senang meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa, bersikap seperti orang dewasa, dan membuat senang orang dewasa.
Jadi, kebiasaan yang Anda lakukan di depan anak biasanya akan ditiru si kecil. Misalnya, menggendong adik.

Biarkan kakak sulung menggendong adiknya bila menurut Anda tidak bahaya. Jelas sekali anak-anak memerlukan kekuatan tertentu, koordinasi, dan tuntunan untuk menggendong adiknya. Sejauh dia selalu diawasi – duduk di sebelah orang tuanya atau orang dewasa lain – Anda tidak perlu khawatir.

Afgan - Pada Mu Kubersujud

Intro :
Am G F E

Verse1 :
Am G
Kumenatap dalam kelam
F Em
Tiada yang bisa kulihat
Dm C E
Selain hanya namaMu, ya Allah
Am G
Esok ataukah nanti
F Em
Ampuni semua salahku
Dm C E
Lindungi aku dari segala fitnah

Chorus :
A Dm
Kau tempatku meminta
G C
Kau beriku bahagia
F Dm
Jadikan aku selamanya
E
HambaMu yang selalu bertaubat
A Dm
Ampuniku ya Allah
G C
Yang sering melupakanMu
F Dm
Saat Kau limpahkan karuniaMu
E Am
Dalam sunyi aku bersujud

Interlude :
Am G F E (2x)

Verse2 :
Am G
Esok ataukah nanti
F Em
Ampuni semua salahku
Dm C E
Lindungi aku dari segala fitnah

Back To Chorus (2x)

Outro :
Am G F E Am
PadaMu

Afgan - Entah

Intro :
Gm Cm F Dm C/Dm Dm

Verse1 :
Gm
Ku tau
Cm
Kau selingkuh
F D# D
Kau duakan cintaku yang tulus
Gm
Kau tau
Cm
Diriku
F D# D
Tak pernah berpaling dari dirimu

Choda :
Cm A#
Teganya kau dustai semua
Cm F
Janji kita berdua

Chorus1 :
Gm Cm F
Entah masihkah ada
D Cm D
Cinta dihatiku untukmu
Gm Cm F
Entah kapankah ku dapat
D Cm D
Membuka hati untukmu

Verse2 :
Gm
Tak pernah
Cm
Ku bayangkan
F D# D
Cerita kita berakhir begini

Back To Choda, Chorus1

Bridge :
Gm F D#
Masih kah ada
Gm F D#
Cinta dihatimu
Cm Dm D# F Gm Am A# F
Di hati kecilku berharap kau masih bagian dari hidupku

Chorus2 :
A#m D#m G#
Entah masihkah ada
F D#m F
Cinta dihatiku untukmu
A#m D#m G#
Entah kapankah ku dapat
F D#m F
Membuka hati untukmu

Back To Chorus2

Outro :
A#m D#m G# F#/Fm Fm

Cinta Laura Kiehl - You Say Aku

Intro :
D A Bm D (2x)

Verse1 :
D A Bm A
You say aku, seperti Barbie
G D Em A
You look so pretty, menarik hati
D A Bm A
You say aku, layaknya peri
G D Em A
Tebarkan cinta diatas bumi

Choda1 :
G D
Baby please.. please..
Em
Don’t play on me
G D
Baby please.. please..
A
Love me love me

Chorus :
D A
Beibeh beibeh my beibeh
Bm A
You drive me crazy
D A
Beibeh beibeh my beibeh
Bm A
My heart is beating honey
D A
Beibeh beibeh my beibeh
Bm A
Oh please say love me
D A
Beibeh beibeh my beibeh
Bm A D
Beibeh.. mmuuuaaacchh

Intro :
D

Verse2 :
D A Bm A
You say aku seperti puteri
G D Em A
Yang kau cari selama ini

Back To Choda, Chorus

Bridge :
Bm C#m D
Saying love me saying love me saying love me bei by
Bm C#m D
Saying love me saying love me saying love me bei by
Bm C#m D
Saying love me saying love me saying love me bei by
Bm A
Saying love me saying love me saying love me

Choda2 :
G D
Baby please.. please..
Em
Don’t play on me
G D
Baby please.. please..
A
Love me love me love.. me

Back To Chorus (2x)

Outro :
Halo.. Yes!!

Cinta Laura Kiehl - Oh baby

Intro :
F#m

Verse1 :
F#m C#m
Kau bikin pusing tujuh keliling
Bm
Buat aku mabuk kepayang gayamu cool dan seksi
C#m
Mentok aku kepada kamu jadi semakin aku cinta

Verse2 :
F#m C#m
Kau sihir aku yang sedang kosong
Bm
Di saat aku butuh cinta mantra-mantra dahsyatmu
C#m
Menarik aku yang sendiri memang lagi putus cinta

Choda :
D A
Katakan-katakan kau sungguh-sungguh
D A
Hanya ada ku di didalam hatimu
D A
Katakan-katakan kau cinta aku
Bm E
Untuk selamanya kau jadi milikku

Chorus :
A
I don’t wanna lose you
E
Yes i wanna hold you
D
I don’t wanna make you
E
Make you sad and make you cry

Back To Chorus

F#m
Oh baby baby baby (baby baby)
F#m
Oh baby baby baby (hu wuoo uoo uoo..)
F#m
Oh baby baby baby (my baby)
F#m
Oh baby baby baby (baby oh yeeah)

Back To Verse1, Choda, Chorus (2x)

Bridge :
F#m
Oh baby baby baby (baby baby)
F#m
Oh baby baby baby (hieey hiey hieey)
F#m
Oh baby baby baby (baby baby baby)
F#m
Oh baby baby baby (uuuuuhhh)
F#m
Baby baby
F#m
Baby baby
F#m
Baby baby

Back To Choda, Chorus (4x)

Outro :
F#m
Oh baby baby baby (beibeh)
F#m
Oh baby baby baby (beibeh)
F#m
Oh baby baby baby (oh beibeh beibeh)
F#m
Oh baby baby baby (beibeh beibeh)

D'Masiv - Dilema

Intro :
A

Verse1 :
A E F#m E D C#m
Aku masih terme nung di tengah kesepian
Bm D
Berharap sesuatu yang tak pasti
A E F#m E D C#m
Engkau sangat menjerat ku sungguh ku hanya inginkan
Bm E
Hatimu yang tak termiliki

Chorus :
Em F# Bm
Iblis didalam dada ini
Dm A
Trus mengusik keyakinanku
G#m F#m Bm E
Ku bertanya apakah aku bisa memiliki
A
Hatinya

Verse2 :
A E F#m E D C#m
Aku merasa te nang saat ku mencoba untuk
Bm E
Selalu membayangkan wajahmu

Back To Chorus1

Interlude :
D E C#m F# Bm E

Chorus2 :
Em F# Bm
Iblis didalam dada ini
Dm A
Trus mengusik keyakinanku
G#m F#m Bm E
Ku bertanya apakah aku bisa memiliki
F#m E Bm E
Hatinya ooo apakah aku bisa memiliki
A
Hatinya

Outro :
A

D'masiv - Diam Tanpa Kata

Intro :
B E (2x)

Verse1 :
B
Kau diam tanpa kata
C#m G#m F#
Kau seolah jenuh padaku huu uu..
B
Ku ingin kau bicara
C#m G#m F#
Katakan saja apa salahku uuuu..

E
Sungguh aku tak mengerti
C#m
Apa yang tlah terjadi dan ku tak
E
Ingin engkau pergi jauh
C#m F#
Dari hidupku

Chorus1 :
B A#/B
Kau takkan pernah sadari
G#m F#
Betapa ku mencintaimu
E
Kau yang selalu
Em
Aku banggakan

Choda :
B E

Verse2 :
B
Ku ingin kau bicara
C#m G#m F#
Katakan saja apa maumu uuuu..

B
Lihat aku coba kau mengerti
C#m
ini semua bisa teratasi
B
Resah bila semua yang pernah
C#m F#
Kita lakukan

Back To Chorus1

Chorus2 :
B A#/B
Kau takkan pernah sadari
G#m F#
Betapa ku mencintaimu
E
Kau yang selalu
Em
Aku banggakan
B A#/B
Kau takkan pernah mengerti
G#m F#
Betapa ku menyayangimu
E
Kau yang selalu
Em
Aku inginkan

Interlude :
C#m D#m E F#

Bridge :
C#m
Kau yang kuinginkan
D#m
Kau yang kubutuhkan
E
Kau yang kuharapkan
F#
haaa...

Back To Chorus2, Chorus1

Outro :
B E B E B

D'Masiv - Dan Kamu

Intro :
D G (2x)

Verse1 :
D Am G
Rasa gundah yang kini melanda
D
Perlahan pergi
D Am G
Rasa sakit yang terus menghujam
D
Perlahan sirna

Choda :
Bm A G
Ku rasa tenang
Gm A D
Saat ku bayangkan wajahmu

Chorus :
D C#m Bm A G
Dan kamu mengisi hatiku yang kosong
D C#m Bm A G
Dan kamu warnai hidupku yang sepi

Verse2 :
D Am G
Rasa perih yang dulu menyiksa
D
Perlahan hilang
D Am G
Rasa bahagia yang kurasakan
D
Saat mengenalmu

Back To Choda, Chorus

Bridge :
Bm G (2x) A

Interlude :
Bm G (2x) A

Back To Chorus (2x)

Outro :
G D
Ow... ow

D'Masiv - Ilfil (Manusia Tak Berharga)

Intro :
A D F#m E D

Verse1 :
A C#m
Kau buat dirimu seakan paling sempurna
F# Bm E
Dan ku tak tau apa yang kau pikirkan yang kau inginkan

Verse2 :
A C#m
Dan akhirnya sgalanya telah terungkap semua
F# Bm E
Kau tak lebih dari manusia tak berharga aku terluka

Chorus1 :
D C#m
Nafas benciku terlahir
Bm E A
Saat kemunafikan dirimu terungkapkan
D C#m
Oo.. jangan fikir aku kan bersedih
F# Bm Dm
Meski kau tlah khianati cintaku yang terdalam

back To Verse2, Chorus

Interlude :
D C#m C F# E D Dm E

Chorus2 :
D C#m
Nafas benciku terlahir
Bm E A
Saat kemunafikan dirimu terungkapkan
D C#m
Oo.. jangan fikir aku kan bersedih
F# Bm E
Meski kau tlah khianati cintaku yang terdalam

Back To Chorus1

Outro :
A D
Kau sakiti aku
F# E D
Khianati aku

Back To Outro

Garasi - Duakan Aku

Intro :
E B F#m A (2x)

Verse1 :
E Bm F#m
Ku tak mampu menahan hasrat tuk menduakan
Am
Ku kasian pada dirimu
E Bm F#m
Sebenarnya ku tak mampu melukai hatimu
A E
Mengertilah akan sifatku

Chorus1 :
E B
Terserah jika kau duakan aku
F#m A
Karena diriku sudah menduakan mu
E B
Tapi jangan kau tinggalkan diriku
F#m A
Karena diriku masih mencintaimu
C E
Oh yeah duakan aku

Choda :
E B F#m A

Verse2 :
E Bm F#m
Saat kita bersama ku slalu membayangkannya
Am E
Ku kasian pada dirimu
Bm F#m A
Terimalah nasibmu ini sayang

Back To Chorus1

Bridge :
C D
Dan maaf

Interlude :
D Bm (2x) Am G F G (2x) Am Bm C D

Chorus2 :
E B
Terserah jika kau duakan aku
F#m A
Karena diriku sudah menduakan mu
E B
Tapi jangan kau tinggalkan diriku
F#m A
Karena diriku masih mencintaimu
E B
Oh yeah yeaaaaa
F#m A
Terserah jika kau akan menduakan diriku
E B
Oh yeah tapi jangan kau tinggalkanku
F#m A
Karena diriku masih mencintaimu
C D E
Oh yeah duakan aku
C D E
Oh yeah maafkan aku
C D E
Oh yeah duakan aku

D'Masiv - Luka ku

Intro :
Bm Bm G A (2x)

Verse1 :
Bm G D
Sebenarnya ku tak pernah ada rasa cinta
A
Aku tak mengerti
Bm G
Seolah kau beri harapan yang pasti
Em F#m A
Membelaiku dengan penuh keindahan

Choda :
Bm Bm G A (2x)

Verse2 :
Bm G D
Tanpa disadari cinta itu hadir dan aku
A
Tak sanggup menghindari
Bm G
Kau berikan aku kesejukan yang tak
Em F#m A
Pernah aku rasakan sebelumnya

Chorus :
G A Bm A
Tapi ternyata kau ada yang memiliki
G A Bm
Sungguh kau buatku kecewa
G A Bm A
Aku terluka melihatmu dengannya
D A G
Sungguh ku ingin kau menyadari

back To Choda, Verse2, Chorus

Bridge :
Em F#m G G F#m
Ingin aku untuk melupakan bayanganmu
Em F#m G A
Berhenti untuk mengejarmu

Interlude :
Bm Bm G Em Bm Bm G A

Back To Chorus

Outro :
G A Bm A
Tapi ternyata kau ada yang memiliki
G A Bm
Sungguh kau buatku kecewa
G A Bm A
Aku terluka melihatmu dengannya
D A G
Sungguh ku ingin kau menyadari
D A G
Sungguh ku ingin memilikimu...

Garasi - Ingin Kau Kembali

*catatan E7M = 079897
E7 = 079797

Intro :
E E7M E7 A (2x)

Verse1 :
E E7M E7
Trasa hampa kehilangan
A
Yang kurasa saat ini
E E7M E7
Hanya diam dan memandang
A
Rindukan cinta yang pergi

Chorus1 :
E Bm F#m
Kuingin kau bersamaku
A E
Mengulang cerita indah
Bm F#m
Jika nanti kau kembali
A E
Temani hati yang sepi

Choda :
E E7M E7 A

Verse2 :
E E7M E7
Apakah kau merasakan
A
Yang kurasa saat ini
E E7M E7
Hanya diam dan memandang
A
Menunggu kasihmu lagi

Chorus2 :
E Bm F#m
Kuingin kau bersamaku
A E
Mengulang cerita indah
Bm F#m
Jika nanti kau kembali
A C D
Temani hati yang sepi

Interlude :
E D C#m C B (3x) C B C D E

Bridge :
E E7M E7 A (2x)

Outro :
E E7M E7
Walau kita telah jauh
A E E7M E7 A B E
Ku takkan pernah berubah aaa aaa

Garasi - Lelah

Verse1 :
Em A
Aku lelah trus begini slalu kau sakiti
Am B
Ku tak bisa memaafkanmu lagi
Em A
Kini aku ingin sendiri tanpa kamu lagi
Am C E
Sampai nanti aku takkan kembali

Chorus1 :
A C
Kuhentikan segala janji
Bm Em D
Kuhancurkan semua mimpi
Am C
Kumusnahkan semua kenangan
Bm Em D
Kulenyapkan kebahagiaan
Am B
Lepaskanlah diriku

Verse2 :
Em A
Maafkan aku jika ingin sendiri menikmati sepi
Am B
Tak usah kau berharap ku kembali
Em A
Kini aku ingin sendiri aku tak perduli
Am C E
Sampai nanti aku takkan kembali

Interlude :
A Am C B Em D (2x)

Chorus2 :
A C
Kuhentikan segala janji
Bm Em D
Kuhancurkan semua mimpi
Am C
Kumusnahkan semua kenangan
Bm Em D
Kulenyapkan kebahagiaan
A C
Kuhentikan hehehew
Bm Em D
Huhuhu huhu huooo heeah
A C
nanaw nanaw nananananaw
Bm Em D
nanaw nanaw nanaw nanananaw

Outro :
Am Em
Lepaskanlah diriku biarkan aku jika ingin sendiri menikmati sepi

Garasi - Nothings Gonna Last

Intro :
E (repeat) *variasikan dengan F#m

Verse1 :
E
Terserah apa yang engkau lakukan
C#m
Tak perduli kau mencintainya
A B
Tak ingin ku mendengarnya
E
Semua itu kan menjadi percuma
C#m
Meskipun dirimu trus memaksa
A B
Karna dirimu sudah tak disampingku

Choda :
E (repeat) *variasikan dengan F#m
Yeah..

Verse2 :
E
Apapun yang ingin engkau katakan
C#m
Takkan mau ku memikirkannya
A A
Biarkan ku pergi saja
E
Semua itu kan menjadi percuma
C#m
Ku tak mau lagi mendengarnya
A B
Karna dirimu tak lagi dihatiku

Chorus1 :
E C#m
Were nothings gonna last.. were nothings gonna last..
A
Nothings gonna make me stay
B
Is for you im down in love

Chorus2 :
E C#m
Were nothings gonna last.. were nothings gonna last..
A
Nothings gonna make me stay
B
Is for you im down in love yeayeayeah..

Back To Choda

Interlude :
E C#m A B (2x) E

Verse3 :
E
Apapun yang ingin engkau katakan
C#m
Takkan mau ku memikirkannya
A B
Biarkan ku pergi saja
E
Semua itu kan jadi percuma
C#m
Ku tak mau lagi mendengarnya
A B
Karna dirimu tak lagi dihatiku yeahh..

Back To Chorus1 (2x)

Outro :
E C#m
Were nothings gonna last.. were nothings gonna last..
A B
Nothings gonna lost... yeahhh...
E C#m
Were nothings gonna last.. were nothings gonna last..
A B E
Nothings gonna last... yeahhh... love

Kerispatih - Bila Rasa Ini Rasamu

Intro :
D Bm Em F# Bm A E/G#m Em A

Verse1 :
D Gm
Aku memang terlanjur mencintaimu
D F#m Bm
Dan tak pernah ku sesali itu
Em B
Seluruh jiwa telah kuserahkan
Em A
Menggenggam janji setiaku

D Gm
Ku mohon jangan jadikan semua ini
D F#m G
Alasan kau menyakitiku
Em B
Meskipun cintamu tak hanya untukku
Em A
Tapi cobalah sejenak mengerti

Chorus :
D Bm Em A
Bila rasaku ini rasamu
G F#m B
Sanggupkah engkau menahan sakitnya
Em A
Terkhianati cinta yang kau jaga
D Bm Em
Coba bayangkan kembali
F# Bm A E/G#
Betapa hancurnya hati ini kasih
Em A D
Semua telah terjadi

Choda :
C#/D D F#m G#m C#/D D Em F#m G A

Interlude :
G A D Bm E/G#m Gm F#m C B Em G A

Back To Chorus

Outro :
D Gm D
Aku memang terlanjur mencintaimu

Garasi - Tak Ada Lagi

Intro :
Em Bm (2x)

Verse1 :
Em Bm
Kusadari saat semua menghilang
Em Bm
Betapa lama dirimu kulupakan
Em Bm
Jiwa tak bisa lagi kurasakan
A
Apa diriku yang menyesal sudah kau tinggalkan

Choda :
Em Bm (2x)

Verse2 :
Em Bm
Malam menangis kandas kau tlah pergi
Em Bm
Terluka karna kau telah menjauh
Em Bm
Aku minta dengan sepenuh hati
A
Dengarkanlah aku memanggilmu ingin kau kembali

Chorus :
Em
Tak ada lagi
Bm Em
Selain dirimu yang aku cari
Bm Em
Cinta sejati yang slalu kau beri
Bm
Ku hanya ingin ini
A
Tentang dirimu dan diriku sampai mati
Em
Tak ada lagi
Bm Em
Selain dirimu yang aku cari
Bm Em
Cinta sejati yang slalu kau beri
Bm
Ku hanya ingin ini
A
Tentang dirimu dan diriku sampai mati

Bridge :
C G A
Ku ingin kau percaya
C G D
Akan kuserahkan semua

Interlude :
Em Bm (3x) A

Back To Chorus

Outro :
C G A
nanananaw yeah yeah ooo yeaaa
C G D Em
nana yeah.. yuhu.. haiaia

Lobow - Salah

Intro :
A D (2x)

Verse1 :
A D
Sepanjang perjalanan cintamu
E A
Kau bilang aku yang paling tangguh
F#m Bm
Tapi mengapa kau tinggalkan aku
D E
Dengan alasan yang tak jelas

Chorus1 :
A
Apa aku pernah mengeluh
C#m
Apa aku pernah berlari
D E
Saat kau ada masalah
A
Apa aku pernah mendua
C#m
Apa aku tak mengimbangimu
D Bm E
Sayang kau menilai ku salah

Verse2 :
A D
Sepanjang perjalanan cintamu
E A
Kau puji aku setiap waktu
F#m Bm
Tapi kenyataannya berlawanan
D E
Ku tak pernah ada baiknya

Back To Chorus1

Choda :
D B
Salah.. salah..
D E
Sa.. lah

Interlude :
A D D Bm F#m F#

Chorus2 :
B
Apa aku pernah mengeluh
D#m
Apa aku pernah berlari
E F#
Saat kau ada masalah
B
Apa aku pernah mendua
D#m
Apa aku tak mengimbangimu
E C#m F#
Sayang kau menilai ku salah

Outro :
B
Apa aku pernah mengeluh
D#m
Apa aku pernah berlari
E C#m F#
Saat kau ada masalah
B
Apa aku pernah mendua
D#m
Apa aku tak mengimbangimu
E C#m F#
Sayang kau menilai ku salah
E C#m F#
Sayang kau menilai ku salah
C#m
Sa.. lah

Letto - Bunga Di Malam Itu

Intro :
C A# F G (3x)

Verse1 :
C Am Dm G
Malam itulah malamku
Am Gm D G
Ketika aku bertemu denganmu
C Am Dm G
Dalam hatiku tersedu
Am Gm D G
Tanganku tergenggam menahan haru

Dm Em F G
Mataku tak lepas darimu
Dm Em F G
Walaupun ku sendiri ragu

Chorus :
C A# F G C
Bunga menebar sejuk wewangian malam itu
A# F G C
Ku tak mampu menahan rasa yang tak menentu
A# F G C
Lalu muncullah rasa didalam benakku
A# F G
Ku tak pantas memandangi wajahmu

Verse2 :
C Am Dm G
Rindu itu belum hilang
Am Gm D G
Walau pertemuan itu terkenang
C Am Dm G
Dalam hatiku berdoa
Am Gm D G
Jangan sampai aku pernah terlupa

Dm Em F G
Padamu penjaga hidupku
Dm Em F G
Tak pernah meninggalkan aku

Back To Chorus

Interlude :
D# Cm G# A# Cm A# Am A# (2x) F Gm G# A# F A# Gm

Back To Chorus

Outro
C A# F G C
huhuhuhuhu...
C A# F G C
huhuhuhuhu...
C A# F G C
huhuhuhuhu...
C A# F G C
huhuhuhuhu...
C A# F G C
ooo oowow
C A# F G C
nananana...
C A# F G C
nananana...
C A# F G C
nananana...
C A# F G C
nananana...

Mulan Jameela ft dewi-dewi - Sakit Minta Ampun

Intro :
Gm A# Dm F (3x)

Verse :
Gm A#
Aku tahu dari dulu kamu
Dm F
menginginkannya setengah mati
Gm A#
Aku tahu dari dulu kamu
Dm F
Mendambakannya setengah mati

Gm A#
Aku tahu kamu penasaran
Dm F
Pasti kamu mau ulangi lagi
Gm A#
Aku tahu kamu penasaran
Dm F
Jadi belingsetan seperti setan

Choda1 :
Gm A#
Janganlah lakukan itu
Dm F
Jangan lakukan jangan lakukan
Gm A# Dm F
Janganlah lakukan itu

Chorus :
Gm A#
Jangan lagi kamu
Dm F
Menusuk diriku dari belakang
Gm A#
Karna rasanya itu
Dm F
Sakit bukan main sakit minta ampun

Bridge :
Gm A# Dm F

Back To Verse

Choda2 :
Gm A#
Janganlah lakukan itu
Dm F
Jangan lakukan dari belakangku
Gm A#
Janganlah kamu kan tau
Dm F
Kamu tau itu berbahaya

Back To Chorus, Verse, Chorus (4x)

Lobow - Terus Bersinar

Intro :
D G A D (2x)

Verse1 :
D G
Bila aku adalah engkau
A D
Bila esok terus menanti
D G
Adakah waktu untuk menyapa
A D
Dan merasakan yang kurasakan

Chorus1 :
A G A D
Bila esok adalah awal
Em G
Adakah harapan masih menjadi milikku
A G A D Em
Bila esok adalah akhir masihkah senyuman kau beri
G A D
untukku selalu untukku

Verse2 :
D G
Bila engkau adalah aku
A D
Bila cinta terus merekah
D G
Adakah cara untuk mengungkap
A D
Dan mengisahkan segalanya

Chorus2 :
A G A D
Bila hati terus terjaga
Em G
Pastikan keajaiban menanti dihadapanmu
A G A D
Bila janji terus kau genggam
Em G
Pastikan cahaya jiwamu takkan redup
A D
Dan terus bersinar
G Bm A D
Dan terus bersinar
G Bm A D
Dan terus bersinar

Bridge :
G Bm A D (2x)

Outro :
A G A D
Bila janji terus kau genggam
Em G
Pastikan cahaya jiwamu takkan redup
A G A D
Bila hati terus terjaga
Em G
Pastikan keajaiban menanti dihadapanmu
A G A D
Bila janji terus kau genggam
Em G
Pastikan cahaya jiwamu takkan redup
A D
Dan terus bersinar
A G A D
adalah akhir
Em G
Pastikan cahaya jiwamu takkan redup
A D
Dan terus bersinar

Padi - Harmony

Intro :
D G (4x)

Verse1 :
D G
Aku mengenal dikau
D G
Tak cukup lama separuh usiaku
D G
Namun begitu banyak
D G
Pelajaran yang aku terima

Chorus :
G A D
Kau membuatku mengerti hidup ini
G A Bm
Kita terlahir bagai selembar kertas putih
G A D
Tinggal ku lukis dengan tinta pesan damai
G A G
Dan terwujud harmony

Intro :
Em C#m A

Verse2 :
D G
Segala kebaikan
D G
Tak akan terhapus oleh kepahitan
D G
Ku lapangkan resah jiwa
D G
Karna ku percaya kan berujung indah

Back To Chorus

Choda1 :
F#m G A D F#m G A D
Harmony.. harmony..
F#m G A D F#m G A
Harmony..

Back To Chorus

Choda2 :
F#m G A D F#m G A D
Harmony..
F#m G A Bm F#m G A
Harmony

Outro :
D D G D G D G D G D G D (until end with backing vocal 'aaaa...')

Nidji - Laskar Pelangi

Intro :
A D (2x)

Verse1 :
A D
Mimpi adalah kunci
C#m D E
Untuk kita menaklukkan dunia
C#m D
Telahilah tanpa lelah
C#m D E
Sampai engkau meraihnya

Verse2 :
A Bm
Laskar pelangi
C#m D E
Takkan terikat waktu
F#m C#m
Bebaskan mimpimu di angkasa
D E
Raih bintang di jiwa

Chorus1 :
A D
Menarilah dan terus tertawa
A D
Walau dunia tak seindah surga
F#m D A E
Bersyukurlah pada Yang kuasa
F#m D Bm
Cinta kita di dunia
E D A
Selamanya

Interlude :
A D (2x)

Verse3 :
A D
Cinta kepada hidup
A D
Memberikan senyuman abadi
Bm C#m
Walau hidup kadang tak adil
D E
Tapi cinta lengkapi kita

Bridge :
Bm C#m
Lalalalaaaaa lalala
D E
Haaa ha haaaaa

Verse4 :
Bm C#m
Laskar pelangi
D E
Takkan terikat waktu
Bm C#m
Jangan berhenti mewarnai
D E
Jutaan mimpi di bumi

Chorus2 :
A D
Menarilah dan terus tertawa
A D
Walau dunia tak seindah surga
F#m D A E
Bersyukurlah pada Yang kuasa
F#m D Bm E
Cinta kita di dunia

Back To Chorus1

Padi - Jangan Datang Malam Ini

Intro :
A Bm F#m Bm A Bm F#m Bm A (2x)

Verse1 :
A Bm F#m Bm
Kau datang mengejutkan diriku
A Bm F#m Bm
Menikam hatiku detak jantungku
A Bm F#m Bm
Sesungguhnya ku tak inginkan dirimu
A Bm F#m Bm
Di saat ini di tempat ini

E D E
Di pelupuk hatiku melupakanmu
D
Di pusara jiwaku
Bm
Pernah ku memiliki
G
Kisah tersembunyi dalam hidupku

Chorus :
A E
Mengapa kau harus datang di sini
Bm E
Malam ini tak bisa aku hindari
A E
Maafkan bila ku menafikkanmu
Bm E
Bukan saatnya dan bukan waktunya

Verse2 :
A Bm F#m Bm
Apapun yang terjadi
A Bm F#m Bm
Kau tau sebenarnya hidupku
A Bm
Sudah menyenangkan
F#m Bm
Saat ini sudah cukup
A Bm F#m
Cukup sudah cukup sudah
Bm E
Ku berbahagia

E D E
Tak sepatutnya kita berjumpa lagi
D Bm
Tak sepantasnya aku menyimpan perasaan
G
Di satu tanganku yang lain

Back To Chorus

Interlude :
A E Bm E (2x)

Bridge :
D
Semua tlah berakhir di hari itu
F#m
Tak perlu ku susun lagi serpihan yang dulu
D
Aku tak bisa menjadikan semuanya sempurna
G E
Hanya keinginan yang terbaik bagi semua

Back To Chorus

Outro :
A E
Mengapa kau harus datang di sini
Bm E
Malam ini tak bisa aku hindari
A E
Maafkan
Bm E
Bukan saatnya dan bukan waktunya
A Bm F#m Bm
Kau datang di sini
F#m Bm F#m
Terlanjur mengejutkanku

Peterpan - Kisah Cintaku

Intro :
C Am Em G (2x)

Verse1 :
C G Am
Dimalam yang sesunyi ini
G F Am G
Aku sendiri tiada yang menemani
F Em
Akhirnya kini ku sadari
Am Dm G
Dia telah pergi tinggalkan diriku

Verse2 :
C G Am
Adakah semua kan terulang
G F Em G
Kisah cintaku yang seperti dulu
F G E Am
Hanya dirimu yang kucinta dan kukenang
Dm C
Didalam hatiku takkan pernah hilang
F G
Bayangan dirimu untuk selamanya

Chorus :
C G Am G
Mengapa terjadi kepada diri mu
F Dm G
Aku tak percaya kau telah tiada
C G Am G
Haruskah ku pergi tinggalkan duni a
F G C
Agar aku dapat berjumpa denganmu

Back to Verse1, Verse2, Chorus

Interlude :
C Bm Am G F C G

Outro :
C G Am G
Mengapa terjadi kepada diri mu
F Dm G
Aku tak percaya kau telah tiada
C G Am G
Mengapa terjadi kepada diri mu
F Dm G
Aku tak percaya kau telah tiada
C G Am G
Haruskah ku pergi tinggalkan duni a
F G C
Agar aku dapat berjumpa denganmu

Padi - Tak Hanya Diam

Intro :
A# Gm Dm A# Gm F

Verse1 :
A# Gm Dm
Meresap kecup hangat… sebentuk cinta
A# Gm Dm
Tlah terukir di dalam jiwaku
A# Gm Dm
Seperti tetes embun menyegarkan hari
A# Gm F
Terciptakan keajaiban di hati..

Chorus1 :
D# A#
Cinta bukan hanya sekedar kata
D# Dm
Cinta tak hanya diam

Verse2 :
A# Gm Dm
Aku yang berkelana mengarungi hidup
A# Gm Dm
Mencari untaian arti, makna…
A# Gm Dm
Apakah sesungguhnya balasan dari cinta
A# Gm F
Pasti bukan harta dunia semata…

Chorus2 :
D# A#
Cinta bukan hanya sekedar kata
D# A#
Cinta bukan hanya pertautan hati
D# A#
Cinta bukan hasrat luapan jiwa
D# Dm
Cinta tak hanya diam…

Interlude :
Gm F D# D#m (2x)

Bridge :
A# Gm Dm A# Gm F

Verse3 :
A# Gm Dm
Jika mungkin bumi harus terguncang badai
A# Gm F
Tapi cinta takkan mungkin hilang

Chorus3 :
D# A#
Cinta bukan hanya sekedar kata
D# A#
Cinta bukan hanya pertautan hati
D# A#
Cinta bukan hasrat luapan jiwa
D# Dm
Cinta tak hanya cinta…

Outro :
D# A#
Cinta bukan hanya sekedar kata
D# A#
Cinta bukan hanya pertautan hati
D# A#
Cinta bukan hasrat luapan jiwa
D# A#
Cinta tak hanya diam…

Sheila On Seven - Betapa

Intro :
C#m B E(2x)

Verse1 :
E C#m
Seminggu setelah kau pergi
A E B
Teman silih berganti menghiburku
E C#m
Berkata semua teratasi
A E B
Kan terus sembunyi di balik senyum palsu
A F#m A
Ku dengar dirimu tak sendiri lagi

Chorus1 :
C#m A E B
Aa aa.. betapa hancurnya
C#m A E B
Aa aa.. Hati dan jiwaku

Choda :
C#m B E(2x)

Verse2 :
E C#m
Setahun setelah kau pergi
A E B
Ku masih sembunyi di balik senyum palsu
A F#m A
Ku dengar dirimu tak sendiri lagi

Chorus2 :
C#m A E B
Aa aa.. betapa hancurnya
C#m A E B
Aa aa.. Hati dan jiwaku
A F#m
Haaa.. nanana haaa..

Interlude :
C#m B E (2x)

Bridge :
A B
Tolong bantu aku
C#m B A
Mele.. wati semua uuu...

Back To Chorus2

Seurieus - Sama-sama cari makan

Intro :
E

Verse1 :

E B
Jaman susah pikiran resah
F#m A
Persaingan ketat butuh toleransi

E B
Cari pacar atau cari kerja
F#m D B
Sama-sama berat terlalu banyak syarat

Chorus1 :
E
Sama-sama cari makan
B
Gak perlu sikut-sikutan
A
Kita semua pengen senang
B
Bukan pengen cari keributan
E
Sama-sama cari makan
B
Gak perlu sikut-sikutan
G#m A
Kita semua pengen senang
F#m G Em
Bukan pengen sikut-sikutan

Verse2 :
E B
Daripada pake emosi
F#m A
Hilang akal sehat tapi tetep aja melarat
E B
Lebih baik kita pake otak
F#m D B
Tuk tetep usaha biar cepet kaya

Chorus2 :
E
Sama-sama cari makan
B
Gak perlu sikut-sikutan
A
Kita semua pengen senang
B
Bukan pengen cari keributan
E
Sama-sama cari makan
B
Gak perlu sikut-sikutan
A
Kita semua pengen senang
B
Bukan pengen sikut-sikutan

Chorus3 :
F#
Sama-sama cari makan
C#
Gak perlu sikut-sikutan
B
Kita semua pengen senang
C#
Bukan pengen cari keributan

Back To Chorus3 (2x)

Outro :
F#
Sama-sama cari makan
C#
Gak perlu sikut-sikutan
A#m C#m
Kita semua pengen senang
G#m A G#m F#
Bukan pengen sikut-sikut an

ST12 - Cari Pacar Lagi

Intro :
G

Verse1 :
G
Cintaku cintaku padamu
Em
Tak besar seperti dulu
Am
Kamu kok begitu menilai cintaku
D
Begitu rendah di matamu

G
Sayangku sayangku padamu
Em
Tak indah seperti dulu
Am
Maumu begini maumu begitu
D
Tak pernah engkau hargai aku

Choda :
C
Oo ooh i am sorry
D G
Ku tak akan love u lagi

Verse2 :
G
Ku peluk memeluk dirimu
Em
Tak hangat seperti dulu
Am
Ku jadi selingkuh karna kau selingkuh
D
Biar sama-sama kita selingkuh

Back To Choda

Chorus1 :
C
Biar ku putuskan saja
D Bm
Ku tak mau hatiku terluka
Em Am
Lebih baik ku cukupkan saja
D G
Ku tak mau batinku tersiksa
C
Jangan kau slalu merasa
D Bm
Wanita bukan dirimu saja
Em Am
Lebih baik ku putuskan saja
D G
Cari pacar lagi

Interlude :
G Em Am C G Em Am D G

Back To Chorus1

Chorus2 :
C
Biar ku putuskan saja
D Bm
Ku tak mau hatiku terluka
Em Am
Lebih baik ku cukupkan saja
D G
Ku tak mau batinku tersiksa
C
Jangan kau slalu merasa
D D#
Wanita bukan dirimu saja
Em Am
Lebih baik ku putuskan saja
D G
Cari pacar lagi

Outro :
D G
Cari pacar lagi
D G
Cari pacar lagi

The Cangcuters - Hijrah Ke London

Intro :
D A

Verse :
C#m Bm D A
Kau Berkelana ke negara sepak bola
C#m Bm D A
Bukan Italia bukan juga argentina
C#m Bm D A
woohoo wooho
C#m Bm D A
Ditinggal cinta buat aku tak berdaya
C#m Bm D A
Gundah gulana ingin aku menyusulnya
C#m Bm D A
woohoo wooho
C#m Bm D
woohoo wooho

Choda :
C#m Bm C#m Bm
Biar jauh biar jauh
C#m Bm C#m E
Aku rindu aku rindu

Chorus :
A C#m Bm
London london
D A
Ingin ku kesana
A C#m Bm
London london
D A
Pergi menyusulnya

Back To Chorus

Interlude :
A C#m Bm D (4x)

Back To Choda, Chorus (2x)

Outro :
A C#m Bm D (5x)

The Titans - Jangan Sakiti

Intro :
Am G E (2x) Am F G E (2x) Am

Verse :
Am
Cintaku telah pergi
G E E7
Tinggalkanku dalam perih
Am
Sakit yang kualami
G E
Seakan merobek hati
Am F
Hatiku telah layu
G E E7
Tak kau sirami cintaku
Am F
Peluhku penuh luka
G E
Tak kau lihat di hidupku

Chorus :
Am F
Bila kau sakiti aku akan pergi
G E
Bila kau sayangi bertahan di sini
Am F
Jangan kau sakiti aku sudah letih
G E
Bila kau cintai ku masih tetap di sini

Interlude :
F Dm Am F G E

Back To Chorus (3x)

Outro :
Am Am G E
Di sini...
Am Am G E Am
Di sini...

Vagetoz - Kuatkan aku

Intro :
G# Fm A#m D#m C# C#m

Verse1 :
G# Fm
Oh Tuhan kuatkan aku
A#m D#
Untuk lalui jalan hidup ini
C# C#m G#
Yang ku inginkan slalu ada dalam ridhoMu

Verse2 :
G# Fm
Berikanlah petunjukMu
A#m D#
Agar diriku tak tersesat
C# C#m G#
Untuk menuju surga yang telah Kau janjikan

Chorus:
C#
Ampunkan diriku jika
D# G# Gm Fm
Slama ini hanyalah berbuat dosa
A#m
Tak sanggup diriku bila
D# C# G#
Di akhir hidupku menanggung siksaMu

Interlude :
A#m Cm C# G# Gm A#m Cm C# D#

Back To Chorus

Bridge :
A#m Cm
Aku hambamu yang lemah, tak sempurna
C# D#
Berlutut sujud dihadapMu

Back To Verse1, Chorus (4x)

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet