PENGARUH PERUBAHAN PENJUALAN TERHADAP PERUBAHAN KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PT. GUDANG GARAM JAKARTA Tbk

BAB I
PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang Masalah

Peningkatan kegiatan ekonomi & pembangunan di negara-negara yg sedang berkembang tidak kecuali di Indonesia. Merupakan usaha yg mesti dilaksanakan guna meningkatkan produksi & pendapatan nasional beserta meningkatkan taraf hidup penduduknya. Didirikan perusahaan baik perusahaan nasional maupun swasta merupakan usaha pemerintah dalam meningkatkan perkembangan ekonomi. Namun krisis ekonomi sedang dihadapi bangsa indonesia disaat ini mengakibatkan banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya, bahkan tidak sedikit yg menutup usahanya.
Suatu perusahaan didirikan buat jangka waktu yg tidak terbatas sehingga buat memenuhi tuntutan itu, perusahaan mesti dapat menjalankan fungsi manajemen secara efektif agar dapat bertahan & bersaing dgn perusahaan yg lain. Manajemen modal kerja merupakan perihal yg sangat penting agar kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat dipertahankan.
Seperti yg dikutip dari Eugene F. Brigham & Joel F. Houston ( 2001:154 ) Manajemen modal kerja tampaknya tidak sepenting penganggaran modal, dividen, & keputusan lain menentukan arah jangka panjang perusahaan. Akan tetapi, dalam dunia persaingan global yg ketat dewasa ini, manajemen modal kerja mendapatkan perhatian yg makin meningkat dari manajemen yg berusaha keras buat mencapai efisiensi puncak.
“modal kerja ( working Capital ) adalah investasi-investasi perusahaan pada aktiva jangka pendek, yaitu kas, sekuritas yg mudah dipasarkan, persediaan & piutang usaha”.
Eugene F. Brigham & Joel F. Houston ( 2001:150).
Modal kerja yg disediakan dalam perusahaan jumlahnya mesti sesuai dgn kebutuhan operasi perusahaan. Jumlah modal kerja yg besar dapat menjadikan tingkat likuiditas perusahaan menjadi aman. Namun modal kerja yg jumlahnya terlalu besar sebenarnya dapat merugikan perusahaan karena akan terdapat modal kerja yg tidak produktif terlebih lagi jika modal kerja tersebut berasal dari pinjaman, perihal ini sangat merugikan bagi perusahaan karena mesti menanggung beban bunga pinjaman.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis merasa tertarik buat melakukan penelitian yg hasilnya dituangkan dalam bentuk skripsi dgn judul “PENGARUH PERUBAHAN PENJUALAN TERHADAP PERUBAHAN KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PT. GUDANG GARAM JAKARTA Tbk”

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian diatas maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut, yaitu :
  1. Bagaimana perubahan penjualan pada PT. Gudang Garam Jakarta Tbk ?
  2. Bagaimana tingkat modal kerja pada PT.Gudang Garam Jakarta Tbk ?
  3. Seberapa besar pengaruh perubahan penjualan terhadap perubahan modal kerja pada PT. Gudang Garam Jakarta Tbk ?

C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan dgn tujuan sebagai berikut :
  1. Buat mengetahui bagaimana perubahan penjualan pada PT. Gudang Garam Jakarta Tbk.
  2. Buat mengetahui bagaimana tingkat modal kerja pada PT. Gudang Garam Tbk.
  3. Buat mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan penjualan terhadap perubahan modal kerja pada PT. Gudang Garam Jakarta Tbk.

1.3 Kegunaan Penelitian
Penelitian yg dilakukan diharapkan dapat berguna bagi semua pihak. Terutama bagi pihak yg memiliki kepentingan langsung dalam permasalahan yg dikaji dalam penelitian ini. Adapun hasilnya kiranya dapat berguna bagi :
  1. Penulis :
    1. Menambah pengalaman yg berharga bagi penulis.
    2. Sebagai wahana aplikatif dalam rangka menerapkan teori yg telah dipelajari.
    3. Menumbuhkan & meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian.
  2. Perusahaan :
Sebagai bahan acuan pimpinan & manajemen perusahaan bila kemudian hari mengambil keputusan terhadap masalah yg penulis teliti.
  1. Pihak lain :
Penelitian ini berguna sebagai wahana pembelajaran terutama bagi para mahasiswa sebagai dasar pembanding dalam rangka melakukan penelitian lebih lanjut pada bidang ini, beserta bagi pihak yg memerlukan referensi yg terkait dgn isi skripsi ini, baik itu sebagai bahan bacaan atau sebagai literatur.

1.4 Kerangka Pemikiran
Suatu perusahaan pada dasarnya mempunyai tujuan buat memperoleh keuangan yg lebih besar dari setiap operasi perusahaan. Buat itu, maka perusahaan mesti mampu meningkatkan pendapatannya. Salah satu langkah yg mesti dilakukan oleh perusahaan adalah dgn meningkatkan volume penjualan barang atau jasa yg dihasilkannya.
Dalam rangka usaha buat memperbesar volume penjualan, banyak perusahaan yg menjual produknya secara kredit. Selain itu persaingan yg semakin ketat dimana banyak perusahaan menggunakan sistem penjualan kredit, menuntut perusahaan buat menjual produknya secara kredit agar dapat bersaing dgn perusahaan lain sehingga dapat memperbesar tingkat penjualannya & dgn penjualan yg lebih tinggi, tentunya perusahaan akan memperoleh keuntungan yg lebih besar.
Pada umumnya, perusahaan lain lebih menyukai penjualan produknya secara tunai, perihal ini dilakukan buat menghindari resiko tidak tertagihnya piutang. Suatu perusahaan yg memiliki piutang dalam jumlah yanmg besar akan menghadapi masalah yaitu tidak tertagihnya sebagian atau seluruh piutang, terlambatnya waktu pelunasan atau pembayaran piutang & tertanamnya modal kerja dalam piutang sehingga tidak memberikan keuntungan.
Kerangka pemikiran diatas dapat penulis gambarkan dalam hubungan antar variabel sebagai berikut :
Produksi


Barang / jasa





penjualan
Jumlah kebutuhan modal kerja





1.5 Hipotesis
Berawal dari sebuah kerangka pemikiran diatas, digunakan hipotesis sebagai dugaan sementara bahwa terdapat pengaruh yg signifikan antara perubahan penjualan dgn kebutuhan modal kerja pada PT. Gudang Garam Jakarta Tbk.








BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

    1. Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan dalam banyak perihal berkaitan dgn pembuatan keputusan, dimana lingkup keuangan itu sendiri sangat luas & dinamis. Manajemen keuangan membicarakan pengelolaan keuangan, yg pada dasarnya dapat dilakukan baik oleh individu, perusahaan maupunpemerintah. Keputusan-keputusan keuangan dimaksudkan buat meningkatkan kemakmuran pemilik perusahaan yg ditandai oleh meningkatnya nilai perusahaan atau harga saham (bagi perusahaan yg go publik).
Menurut Saud Husnan (2001:4), Manajemen adalah segala sesuatu yg berhubungan dgn pembuatan keputusan keuangan yg menyangkut kegiatan perencanan, analisis, pengendalian kegiatan keuangan.
Drs. R Sartono dalam bukunya Teori Manajemen Keuangan, mengemukakan bahwa:
“Manamejemen keuangan merupakan sebagai manajemen dana baik yg berkaitan dgn pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana buat pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.”

    1. Pengertian Penjualan
Penjualan adalah lebih menekankan pada hasil produk perusahaan, dgn menggunakan sasaran penjualan & promosi penjualan kemudian ditunjukan buat mendorong volume penjualan yg mengguntungkan.

    1. Macam-macam Penjualan
  1. Penjualan Bruto
Penjualan Bruto penjualan dapat terdiri dari penjualan tunai & penjualan kredit. Penjualan kotor “adalah kuantitas barang yg yg terjual dikali harga jual barang”
Penjualan ini merupakan transaksi dari :
  1. penjualan barang
  2. penjualan jasa dan
  3. Menggunakan aktifa perusahaan oleh pihak–pihak lain yg menghasilkan barang, reyalti & dividen.
  1. Penjualan Bersih
Penjualan bersih , merupakan selisih dari penjualan kotor perusahaan dgn pengambilan penjualan ( retur ) atau potongan pernjualan (discon). Jika ada barang yg dikembalikan (retur ) nilainya mesti dikurangi dgn penjualan kotor dgn periode tersebut.

    1. Pengertian Modal
Seperti yg dikutip dari Eugene F. brigham & joel F. houston (2001 : 154 )
Modal ( working Capital )adalah investasi –investasi perusahaan pada aktiva jangka pendek , yaitu kas, sekuritas yg mudah dipasarkan, persediaan & piutung usaha.
Modal kerja kelebihan aktiva lancar diatas hutang lancar.
Modal kerja dimaksudkan buat membiayai operasi perusahaan sehari–hari & modal kerja tersebut masih menjalankan kegiatan usaha.
Jenis – jenis Modal
  1. modal kerja permanen ( permanen Working Capital ) yaitu modal kerja yg seharusnya tetap ada dalahperusahaan buat menjalankan fungsai secara terus menerus diperlukan buat kelancaran operasi perusahaan
  2. modal kerja variabel (variabel Woking capital) yaitu modal kerja yg jumlahnya berubah –ubah yg diakibatkan karena perubahan keadaan.





BAB III
METOLOGI PENELITIAN

3.1 Lokasi Penelitian
Adapun lokasi penelitian ini adalah pada PT. Gudang Garam Jakarta Tbk.

3.2 Metode Penelitian
Penelitian yg penulis lakukan menurut Hadari Nawawi(1993:63) dikatagorikan dgn menggunakan metode deskriptif & metode verifikatif. Metode deskriptif adalah penelitian yg dimaksudkan buat memberi gambaran & menerangkan keadaan perusahaan pada masa lalu yg digambarkan melalui laporan keuangan, sedangakan metode verifikatif adalah metode yg dapat menguji kebenaran dari hasil hipotesis yg terjadi antara kedua variabel yg nantinya akan menghasilkan kesimpulan.

3.3 Jenis & Sumber Data
Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan dua macam jenis & sumber data, yaitu :
  1. Data primer
Merupakan data yg didapat atau dikumpulkan langsung dgn melakukan penelitian dgn objek yaitu mempelajari & menganalisis dokumen-dokumen beserta catatan-catatan perusahaan yg berkaitan dgn topic & permasalahan penelitian.
  1. Data sekunder
Merupakan data yg didapat atau dikumpulkan melalui studi literatur atau studi kepustakaan dgn cara meneliti, mengkaji, mempelajari beserta menelaah literatur & informasi yg berhubungan dgn penulisan ini.

3.4 Metode Analisis Data
Buat menganalisis data & uji hipotesis dalam penelitian ini penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
  1. Analisis korelasi
Buat mengukur besarnya pengaruh X terhadap varibel Y dgn rumus :

r = nxy – (x) (y) _____
√ { nx² - (x²) } { ny² - (y²)}

Keterangan :
r = Koefisien korelasi produk moment.
n = Jumlah Sampel berdasarkan tahun analisa
x & y = masing-masing variabel yg dihitung (dimana variabel X adalah rentabilitas dan variabel Y adalah kinerja keuangan).
Nilai rs akan begerak antara antara –1 ≤ r ≤ 1
- Jika rs = 0 maka tidak ada hubungan antara variabel X & variabel Y
- Jika rs =1 maka hubungan antara variabel X & variabel Y adalah sempurna & positif, artinya kedua variabel mempunyai keterkaitan yg sangat erat.
  • Jika rs = -1 maka hubungan antara variabel X & variabel Y adalah sempurna & negatif, artinya apabila salah satu variabel dinaikkan maka akan berakibat penurunan terhadap variabel lainnya.
Penentuan kuat lemahnya koefisien korelasi tersebut adalah :
Besarnya Nilai (r)
Interprestasi
<>
0,20 - 0,39
0,40 – 0,59
0,60 – 0,79
0,80 – 1,00
Tidak erat
Kurang erat
Cukup erat
Erat
Sangat erat

2. Analisis Regresi
Penentuan bentuk persamaan yg sesuai guna meramal rata-rata Y melaui X tertentu atau rata-rata X melalui Y tertentu beserta menduga selisih kesalahan. Dapat digunakan rumus sebagai berikut:

Y = a + bx
Dimana :
b = nxy – (x) (y)
(x²) (y²)
a = y – b (x)
n

Keterangan :
Y = variabel terikat (kinerja keuangan)
a = parameter konstanta
b = lereng garis yg berkaitan dgn variabel X,
n = jumlah data
X= variabel bebas (rentabilitas)

3. Koefisien Determinan
Adapun buat mengukur besarnya pengaruh X (variabel bebas) terhadap Y (variabel terikat) digunakan analisa koefisien determinan :

KD = r² . 100%

Keterangan :
KD = Koefisien Determinan
r = Koefisien Korelasi

3.5 Rancangan Uji Hipotesis
  1. Hipotesis Statistik
Ho: ρ = 0, artinya ada hubungan antara kenaikan rentabilitas dgn kinerja keuangan.
Hi: ρ ≠ 0, artinya tidak ada hubungan antara kenaikan rentabilitas dgn kinerja keuangan.

  1. Penentuan Nilai t hitung & t table
t hitung = r √ n-2__
√ 1 - r²
Keterangan :
α = 5% atau = 0.05
t table = α / 2 (n – 2)

  1. Kriteria Uji Hipotesis
a. Jika t hitung ≤ t table, maka Ho diterima.
Artinya, tidak terdapat hubungan yg erat antara rentabilitas dgn kinerja keuangan perusahaan.
b.jika t hitung > t table, maka Ho ditolak
Artinya, terdapat hubungan yg erat antara rentabilitas dgn kinerja keuangan perusahaan.

3.6 Langkah-langkah Penelitian


Langkah-langkah yg akan ditempuh dalam penelitian ini adalah :
  1. Membuat proposal
  2. Membuat instrumen penelitian
  3. Melakukan observasi
  4. Mencari data
  5. Melakukan pengolahan data
  6. Membuat kesimpulan

3.7 Penutup.
Demikian proposal penelitian ini diajukan buat menjadi bahan pertimbangan & kerjasama dgn pihak yg dimaksud dalam penelitian ini, sekaligus sebagai bahan acuan buat melakukan penelitian yg akan dilakukan oleh penulis buat memenuhi syarat kelulusan jenjang pendidikan S1, di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten.


we hope PENGARUH PERUBAHAN PENJUALAN TERHADAP PERUBAHAN KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PT. GUDANG GARAM JAKARTA Tbk are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids air tanah anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain di jual diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sertifikat tanah sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet