SEJARAH PERIKLANAN DUNIA


2.1 Masa sebelum ditemukannya mesin cetak

“ Commercial message and political campaign displays have been found in the ruins of ancient Arabia. Egyptians used papyrus to create sales messages and wall posters, while lost-and-found advertising on papyrus was common in Ancient Greece and Ancient Rome. Wall or rock painting for commercial advertising is another manifestation of an ancient advertising form, which is present to this day in many parts of Asia, Africa, and South America.”

(Pesan komersial & publikasi kampanye politik sudah ditemukan dalam reruntuhan bangsa Arab kuno. Orang-orang mesir menggunakan papyrus buat membuat pengumuman mengenai barang-barang yg di jual & membuat poster yg ditempelkan di dindng, disaat iklan mengenai ‘lost and found’ mulai marak di Yunani & Romawi kuno. Lukisan dinding & batu buat iklan komersial merupakan manifestasi lain dari bentuk periklanan kuno, dimana perihal itu menunjukkan kehadiran iklan masa lalu di bagian Asia, Afrika, & Amerika Selatan.)

Para arkeolog meyakini, advertising sudah ada sejak zaman dulu. Advertising dilakukan dalam berbagai bentuk “mempublikasikan” berbagai peristiwa (event) & tawaran (offers). Metode iklan pertama yg dilakukan oleh manusia sangat sederhana. Pemilik barang yg ingin menjual barangnya akan berteriak di gerbang kota menawarkan barangnya pada pengunjung yg masuk ke kota tersebut. Iklan sudah dikenal manusia dalam bentuk pesan berantai (word of mouth) yg bentuknya pengumuman-pengmuman. Pesan berantai itu disampaikan dari mulut ke mulut buat membantu kelancaran proses jual-beli.

Pesan iklan dalam bentuk tertulis mulai ditemukan pada masa Babylonia 3000 SM berupa kepingan tanah liat (clay tablet) bertuliskan prasasti tentang dealer salep (ointment dealer), juru tulis (scribe) & pembuat sepatu.

Peninggalan Mesir & Yunani Kuno berupa pengumuman-pengumuman di dinding & naskah di daun papirus, memberikan pengumuman tentang datangnya kapal pembawa anggur, rempah-rempah, logam, barang-barang dagangan baru, acara-acara (pertarungan gladiator) yg bakal digelar, budak yg lari dari tuannya. Orang-orang Roma mengecat dinding buat mengumumkan perkelahian gladiator. Iklan pada jaman ini hanya berupa surat edaran. Karena masih banyak yg buta huruf, pengumuman-pengumuman itu dibacakan oleh tukang teriak (town crier) yg biasa didampingi pemain musik.

Terakota Yunani & Romawi Kuno sudah digunakan buat mengumumkan lost & found. Di reruntuhan kota Pompeii terdapat tanda-tanda di terakota yg mengiklankan apa ynag dijual di toko : danging sapi (row of hams), sapi penghasil susu, kulit buat sepatu. Disaping itu juga ditemukan bukti-bukti adanya pesan-pesan politik.

Orang-orang Ponosea melukis gambar buat mempromosikan perangkat keras mereka di batu-batu besar di sepanjang jalur parade. Di Pompei misalkan, banyak lukisan seorang tokoh politisi & meminta dukungan suara dari masyarakat. Di Perancis, traditional advertising sudah marak tahun 550 Sebelum Masehi buat mengiklankan kaum negro sebagai budak.

Pada zaman Julius Caesar di eropa banyak toko & penginapan yg sudah pakai tanda, papan nama, atau simbol, buat membantu mereka yg buta huruf. Misalnya penginapan dgn simbol Man in The Moon, Three Squirrels, Hole in The Wall.

Buat ribuan tahun-tahun awal, orang beriklan buat mempromosikan dua hal, tempat & jasa. Iklan di bawah ini adalah contoh pertama. Begitu juga plang di depan kedai minum & penginapan (taverns and inns)

Daniel Mannix, dalam bukunya yg bercerita tentang olah raga kuno Roma, “ Those About to Die “, mencatat sebuah iklan yg ditemukan di sebuah kuburan tua (tombstone) :


“ Weathre permitting, 30 pair of gladiators, fumished by A.

Clodius flaccus, together with substitutes in case any get

Killed too quickly, will fight may 1 st, 2 nd and 3 rd at the

Circus Maximus.The fights will followed by a big wild beast

Hunt. The famos gladiator paris will fight. Hurrah for

Paris! Hurrah for the generous flaccus, who is running

for Duumvite!” (Below this is an ad for the copywriter.

“ Marcus wrote this sign by the light of the moon. If you

Hire Marcus, he ‘ll work day and night to do a good job. “)

(Mannix,p.28).


Demikian pula berbagai gambar di batu cadas(rock paintings) di berbagei situs lama di Asia, Afrika, & Amerika Latin menunjukkan kehadiran “iklan” di masa lalu.



2.2 Masa setelah ditemukannya mesin cetak

Penemuan mesin cetak Gutenberg 1450 meningkatkan angka melek huruf sehingga merangsang orang buat berbisnis iklan. Periklanan jadi bisnis massal. Bentuk awalnya berupa poster,handbill (selebaran), & iklan baris (classified) di surat kabar.

1472 William Caxton di London mencetak iklan berbahasa Inggris pertama berupa selebaran (handbill) berisi tuntunan keagamaan tentang perayaan paskah (rules for the guidance of the clergy at easter). Versi lain mengatakan iklannya berupa penjualan injil (prayer book). Awal abad 16 & 17 yg banyak ditampilkan adalah iklan tentang budak belian, kuda buku, obat.

Sebagai bentuk printed advertising, periklanan berkembang di awal abad 15-16. Beberapa waktu kemudian mulai muncul metode iklan dgn tulisan tangan & dicetak di kertas besar yg berkembang di Inggris. Iklan pertama yg dicetak di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer Maret 1648.

Pada tahun 1622 Surat kabar terbit di Inggris terbit buat pertama kalinya,The Weekly News kemudian disusul The Tattler yg terbit tahun 1709 & The Spectator yg terbit pada 1711. Ketiga Koran ini merupakan media cetak yg membawa lembaran iklan secara piggy-back.

Pada tahun 1655 istilah iklan (advertisement) muncul pertama kali dalam injil buat menunjuk istilah “peringatan”/“pemberitahuan” (warning/ notification).

Pada tahun 1660 mulai istilah itu dipaka buat keperluan informasi komersial (commercial information), khususnya oleh para saudagar toko.Pesan-pesan iklan lama kehalaman semakin simple & inovatif sejak tahun 1700 & 1800-an.

Pada tahun 1690 lahir Public Occurencs Both Foreign and Dometic, Koran (tidak harian) pertama di Amerika hanya membuat satu berita (issue).

Periklanan secara nyata mulai menunjukkan kemajuan di awal abad 17 di Inggris buat mempromosikan buku & Koran yg mulai berkembang.Pada abad ke-17 di Inggris, pesan-pesan komersial masih berbentuk poster atau selebaran lepas yg dikirim dalam lipatan surat kabar. Produk yg paling banyak diiklankan pada masa ini adalah buku & obat-obatan.

Pada tahun 1704 Boston Newsletter, koan AS pertama yg muat iklan, berupa tawaran hadiah bagi yg bisa menangkap pencuri baju.

Iklan-iklan media cetak pada abad 18 umumnya ditunjukan pada sasaran pembaca di Eropa yg menyebutkan adanya tanah-tanah garapan yg menantang buat masa depan di Amerika. Salah satunya iklan ada tanah 150 ha di Philadelphia.

Pada tahun 1729 Iklan pertama di surat kabar “ Pennysilvania Gazette” yg terbit di Amerika Serikat. Amerika waktu itu masih menjadi wilayah jajahan Inggris, & surat kabar yg didirikan oleh Benjamin Franklin itu berhasil mencapai tiras tertinggi beserta pendapatan iklan terbesar pada masanya.

Pada tahun 1740 poster cetak outdoor pertama muncul di London (disebut “hoarding”).

Pada tahun 1776 muncul iklan proklamasi kemerdekaan AS di Pennsylvania Evening Post and Daily Advertiser, Koran yg terbit secara harian pertama di AS.

Ketika aktivitas perekonomian mulai meningkat diberbagai penjuru dunia, di abad 18-an, di Amerika Serikat, periklanan mulai mendapat perhatian besar. Beberapa toko di Eropa mulai berfungsi sebagai agen yg mengumpulkan iklan buat surat kabar.

Sangat boleh jadi Sears catalog menjadi inspirasi bagi lahirnya iklan display di media cetak. Sears adalah pelopor rantai toko (chain stores) di A.S yg kemudian berkembang menjadi department stores. Kehadiran Sears yg menjual berbagai barang secara lengkap menggantikan toko-toko serupa berskala kecil yg pada waktu itu disebut dgn mercantile.

Buat memudahkan pelanggan, karena pada masa itu transportasi masih terbatas, Sears menerbitkan katalog tentang semua barang yg dijual & para langganan dapat memesan melalui pos (mail order). Setiap barang yg ditawarkan ditampilkan secara menarik dgn foto-foto & gambar-gambar yg atraktif. Begitu populernya Sears Catalog di masa lalu, sampai-sampai ia disebut sebagai Injil Petani (Farmers Bible)

Tampilan & peragaan produk seperti di Sears Catalog itulah yg kemudian dijumpai di berbagai surat kabar & majalah di Amerika Serikat, beserta kemudian menyebar ke seluruh dunia. Di masa kini penampilan seperti itu sering disebut sebagai display advertising (iklan komersial)


Pada abad ke-19 mulai dikenal pembelian ruang iklan melalui agen perseorangan (menyalurkan lagi ke perusahaan periklanan). Pada masa dinasti Edo di Jepang, awal abad-19 selebaran yg didistribusikan bersama surat kabar juga banyak membawa pesan-pesan komersial, khususnya tentang obat-obatan.




Pertumbuhan ekonomi dunia yg mulai bergerak pesat pada awal abad ke-19 akhirnya memicu hadirnya iklan di surat kabar amerika Serikat, beberapa surat kabar mulai memuat pesan-pesan singkat tentang produk, tampil dgn huruf-huruf kecil di dalam kotak, di antara berita & Tulsan lain. Iklan yg disaat ini disebut sebagai classified advertisement ini mempromosikan berbagai jenis barang & jasa.

Pada tahun 1841 Volney Palmer, “orang iklan” (adman) masa-masa awal, bertindak sebagai media broker / agen, mendapat komisi dari pemasangan iklan di media (media placement). Palmer mendirikan Agensi Periklanan pertama oleh Volney Palmer di Boston. Pada waktu itu, agensi periklanannya masih sebatas perantara pemasar dgn pihak surat kabar sebagai penerbit iklan

Pada tahun 1844 muncul iklan majalah pertama di majalah Southern Messenger dgn editornya Edgar Allan Poe (pengarang Tarzan). Majalah-majalah iklan periode awal yg masih terbit sampai sekarang adalah Cosmopolitan, ladies Home Journal, ReadeR’s Digest.

Sampai tahun 1850-an, di Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di surat kabar. Kebanyakan masih berupa pamflet, leaflet, & brosur.

Pada tahun 1864 periklanan berkembang seiring perkembangan pers yg juga ditandai berkembangnya perusahaan periklanan dgn fungsi sederhana.

Pada tahun 1871 Charles bates membuat biro iklan professional pertama kali.

Pada tahun 1875 di Philadelpia, dibuat agensi periklanan yg lebih multi fungsi. Dalam periode ini pula wanita mulai mengambil porsi. Baik sabagai tenaga periklanan, maupun sebagai image produk iklan. Penggunaan “wanita” sebagai daya tarik, pertama kali dipakai dalam iklan sabun mandi.

Pada tahun 1880 John Power, penulis naskah iklan (copywriter) pertama

Setelah 1880an, perusahaan periklanan meningkatkan fungsi dgn menawarkan konsultasi & jasa periklanan lain



Gambar iklan produk Coca Cola

pada tahun 1890.









Pada tahun 1891 J Walter Thompson, Account Executive pertama.











Iklan mengenai Ensiklopedia Britanica pada tahun 1913

Pada tahun 1920 KDKA stasiun radio pertama di dunia lahir di Pittsburgh. Disaat radio siaran mulai mengudara di tahun 1920-an, periklanan di radio pun mulai marak walaupun secara teknis & daya tarik, tidak seperti yg kita nikmati disaat ini. Sponsorsif disaat itu lebih banyak dikuasai satu orang/pihak. Misalnya, sponsorsif suatu radio, dikuasai satu bisnisman. Dgn kata lain, space iklan digunakan sendiri. Tapi seiring dgn tingginya persaingan, kondisi ini berangsur-angsur berubah.

Pada tahun 1922 Iklan pertama di radio duniaWEAF, New York.

Pada tahun 1939 NBC, stasiun tv pertama.

Periklanan masuk dunia televisi di awal tahun 1940an. Iklannya bisa berupa commercial atau public advertising

Pada tahun 1941 Iklan televisi hitam/putih pertama di New York, Amerika Serikat mengiklankan Arloji Bulova dgn harga spot US $ 9.



poster film tahun 1950


Pada tahun 1954 Iklan televisi berwarna pertama ditayangkan. Mengiklankan Castro Decorate, New York.

Pada peralihan menuju abad ke-20, sistem manajemen periklanan modern seperti posisi manajer iklan mulai diterapkan

The 1960s saw advertising transform into a modern approach in which creativity was allowed to shine, producing unexpected messages that made advertisements more tempting to consumers' eyes. The 1960s saw advertising transform into a modern approach in which creativity was allowed to shine, producing unexpected messages that made advertisements more tempting to consumers' eyes.”














iklan penggunaan lampu hemat energi


Advertising modern sendiri yg mulai berkembang tahun 1960an, jauh berbeda dgn advertising masa lampau. Pada tahun ini, periklanan menemukan bentuknya yg modern dgn karya-karya kreatif yg menakjubkan. Perintis iklan dgn landasan karya kreatif yg digarap secara apik ini dipelopori oleh seri iklan mobil kodok volkswagen yg menampilkan judul-judul seperti “Think Small“ & “ Lemon.“ Iklan-iklan Volkswagen inilah yg meletakkan dasar positioning & uniqe salling proposition (USP) dalam periklanan yg masih dipegang hingga kini. Konsep ini mengikat (associate) setiap brand dgn satu sspesific idea yg khas yg menancap di benak konsumen.

Di akhir 1980 & awal 1990 memperlihatkan kemunculanTv Kabel & MTV, sebagai bagian darinya. Sebagai Pionir dalam konsep musik-video, Pelayanan MTV merupakan sebuah tipe periklanan yg baru. Konsumen lebih menyimak pesan yg diiklankan MTV dibandingkan dgn membeli setelah mendapat informasi dari media lain. Disaat tv kabel & tv satelit mengalami peningkatan secara umum, beberapa saluran berada di posisi puncak, termasuk saluran yg seluruh durasinya berisi iklan seperti QVC, Home Shopping Network, & Shop Tv.

Pemasaran melelui internet membuka batas baru bagi periklanan & memberikan kontribusi pada ‘boomingnya’ “dot-com” tahun 1990. Seluruh perusahaan terus beroperasi semata-mata dalam bidang periklanan, & menawarkan segalanya buat kupon berlangganan internet gratis. Memasuki abad ke-21 sejumlah website, termasuk ‘mesin pencarian google’ memulai perubahan dalam dunia periklanan on-line dgn mengekspansi relevansi kontekstual, tidak menonjolkan iklan dibandingkan dgn pemberian bantuan & lebih utama ketimbang membanjiri konsumen dgn brosur. Perihal ini menandai kebangkitan dari upaya buat meningkatkan trend periklanan interaktif.

Pemasaran melalui internet membuka batas baru bagi periklanan & memberikan kontribusi pada ‘boomingnya’ “dot-com” tahun 1990. Seluruh perusahaan terus beroperasi semata-mata dalam bidang periklanan, & menawarkan segalanya buat kupon berlangganan internet gratis. Memasuki abad ke-21 sejumlah website, termasuk ‘mesin pencarian google’ memulai perubahan dalam dunia periklanan on-line dgn mengekspansi relevansi kontekstual, tidak menonjolkan iklan dibandingkan dgn pemberian bantuan & lebih utama ketimbang membanjiri konsumen dgn brosur. Perihal ini menandai kebangkitan dari upaya buat meningkatkan trend periklanan interaktif.

Penyebaran pesan melalui iklan, secara relatif menelan biaya dari GDP sehingga menyeebabkan perubahan yg cukup signifikan dalam pemilihan media. Di Amerika misalnya, pada tahun 1925 media iklan yg utama adalah surat kabar., majalah, nyala lampu trem,& poster-poeter. Advertising menghabiskan anggaran sekitar 2,9% dari GDP. Sejak 1998, televisi & radio menjadi media perikanan yg utama & menghabiskan dana dari GDP yg lebih rendah, sekitar 2,4%.

Dilihat dari tujuan, penyajian sampai ke anggaran yg dibelanjakan iklan mengalami kemajuan yg sangat pesat.

Disaat ini terdapat Perusahaan Periklanan Terbesar Di Dunia, perusahaan tersebut adalah:


  1. WPP Group plc (UK)

  2. Omnicom Group Inc. (US)

  3. The Interpublic Group of Companies, Inc. (US)

  4. Publicis Groupe S.A. (FR)

Urutan largest in term of billing & besarnya network saling kejar-mengejar. Jadi mungkin tahun ini WPP, tahun depan Omnicom tahun depan berganti lagi antara 3 conglomerate. Sedang Publicis menempati posisi ke empat.

Masing-masing mempunyai perusahaan dgn berbagai expertise di bidang komunikasi, Advertising Agency, Media Service, Marketing Branding Strategy, PR, CRM, Corporate ID/Brand, Direct Marketing, Event, Sales Promotion, you name it.


Anak-anak perusahaannya di tiap-tiap grup yg ada di Indonesia tidak diketahui pasti kecuali WPP, tapi jika diperkirakan, petanya seperti berikut ini:

WPP Group plc :
Bates, Young & Rubicam, J Walter Thompson(JWT), Landor Associates, Ogilvy & Mather Group (termasuk One, PR, Interactive dll), MindShare etc

Omnicom Group Inc. :
BBDO Worldwide, DDB Worldwide, TBWA Worldwide

The Interpublic Group of Companies, Inc. :
McCann-Erickson WorldGroup, FCB Group, Lowe & Partners Worldwide

Publicis Groupe S.A. :
Publicis Worldwide, Leo Burnett Worldwide, Saatchi & Saatchi Worldwide, Fallon Worldwide and 49%-owned Bartle Bogle Hegarty (BBH), Starcom MediaVest Group, ZenithOptimedia.

Khusus buat WPP, dari direktori di websitenya di dapat perusahaan-perusahaan di Indonesia yg termasuk dalam grup ini:

1. Bates Asia - Indonesia
2. Dentsu, Young & Rubicam - Jakarta, Matari-Dentsu Young & Rubicam
3.
J Walter Thompson - Jakarta, Adforce
4. Landor Associates - Jakarta
5. Maximize - Jakarta
6. Mediaedgecia - Indonesia
7. MindShare - Jakarta
8. Motivator - Jakarta
9. Ogilvy & Mather - Jakarta, Ogilvy & Mather
10.
Ogilvy & Mather - Jakarta, Ogilvy Public Relations Worldwide
11. Ogilvy & Mather - Jakarta, OgilvyOne worldwide
12. Ogilvy Public Relations Worldwide - Jakarta
13. OgilvyInteractive - Jakarta, OgilvyInteractive


Tahun 2004 biaya permasangan iklan di Amerika Serikat mencapai sekitar $212 miliar. Sementara belanja iklan di seluruh dunia mencapai lebih dari $414 miliar. Sebuah angka yg luar biasa besar. Sementara accounting firm Pricewaterhouse Coopers menyebutkan, tahun 2010, belanja iklan seluruh dunia akan mencapai lebih dari setengah triliun dolar Amerika Serikat.

Pemasangan iklan disaat ini, banyak dilakukan berbagai macam organisasi nirlaba, profesi, pemerintahan & ba& social. Bahkan pembelanja iklan terbesar ke 25 adalah pemerintah Amerika Serikat.

Disaat ini, inovasi dunia periklanan semakin berkembang pesat dgn menggunakan metode pendekatan yg tidak biasa, seperti mendirikan panggung di area public, memberi hadiah mobil dalam mempromosikan brand tertentu, & mengadakan promosi interaktif dimana konsumen bisa merespon & menjadi bagian disaat promosi berlangsung. Perihal ini memberi gambaran perkembangan trend periklanan interaktif melalui penempatan produk, voting melalui SMS & berbagai inovasi lainnya yg menggunakan jaringan internet, seperti MySpace & media telekomunikasi mutakhir lainnya.

    1. Legenda Periklanan Dunia

Berikut ini nama-nama beberapa tokoh yg menjadi legenda periklanan dunia selain volney palmer:

Leo Burnett

Leo Burnett Agency, Chicago

Mendirikan biro iklan di Chicago. Filosofi biro iklannya adalah “Gapailah ketinggian, karena dgn cara itu kita tidak akan mengejar segenggam lumpur”. Prinsipnya yg paling terkenal adalah “Ide Besar”. Menurutnya setiap kampanye mesti mengandung ide yg Akan bertahan selama bertahun-tahun & memisahkannya dgn perihal yg lain. Beberapa karya periklanan Burnett bersumber pada nilai-nilai kemanusiaan universal.


Rooser Reeves (1910-1984)

Ted Bates & Co, New York

Tokoh periklanan pada tahun 1950-an di biro iklan Ted Bates New York. Ia menerbitkan buku “Reality in Advertising” di tahun 1961 semasa aktif di Ted Bates & menjadi best-seller. Teorinya yg paling terkenal di dalam periklanan adalah USP atau biasa disebut “ Unique Selling Proposition“ & mengantarkan Rosser Reeves menjadi terkenal di bidang periklanan. Ia menggambarkan USP di (dalam) tiga komponen yg mengedepankan prinsip dari teknik menjual agresif. Menurutnya tugas iklan adalah memasukkan merek sebanyak mungkin kedalam kotak mental, dgn cara menjual ciri khas dari produk tersebut.


Bill Bernbach (1911-1982)

Doyle Dane Bernbach, New York

" Aku memperingatkan kamu buat melawan terhadap kepercayaan bahwa iklan adalah suatu ilmu pengetahuan " Bernbach memimpin revolusi periklanan pada dekade 1960-an & menjadikannya salah satu kekuatan kreatif paling berpengaruh di dalam sejarah periklanan. Di biro iklan Doyle Dane Bernbach (DDB) New York, ia mempelopori iklan yg dibuat lebih jenaka, lebih cerdas & kadang sangat tidak sopan.
Ia adalah seorang Adman yg banyak mengilhami orang lain. Setelah kematian Bernbach pada Oktober 1982, prinsipnya berdampak lebih besar pada kultur Amerika dibanding para Adman lain yg telah lahir 133 tahun sebelumnya"
16 tahun kemudian, Dampak Bernbach berlanjut & tidak berkurang. Ia dianugrahi daftar kehormatan Iklan abad 20 sebagai orang yg paling berpengaruh dalam periklanan. Pengaruhnya masih hidup & relevan buat membantu memberi petunjuk buat industri periklanan sampai abad 21.
Bagi penulis naskah & pengarah seni muda yg masih berkembang mesti mempelajari kampanye klasik Bernbach karena banyak dari apa yg diyakininya telah menjadi “hukum kreatif” bagi orang-orang iklan.
Prinsipnya yg palig terkenal adalah menempatkan iklan sebagai sebuah seni bukan ilmu pengetahuan." Iklan bukan suatu ilmu pengetahuan, Iklan adalah bujukan. & bujukan adalah suatu seni." – Bill Bernbach


David Ogilvy (1911-1999)

Ogilvy & Mather Worldwide, New York

Ogilvy adalah Adman yg terkenal di dunia. Ia adalah raksasa di dalam bisnis periklanan selain nama besar Bill Bernbach, Leo Burnett, Ted Bates, Rosser Reeves & raksasa periklanan lain dalam bisnis itu.

Pesaingnya Ed Ney, yg memimpin Young & Rubicam mengatakan:
"Ia mahluk cerdas yg sangat Kompetitif. Ia membawa gaya kepada bisnis periklanan. Bernbach OK, tapi David adalah terbaik dari yg terbaik"
Di tahun 1975, dia disebut sebagai "ahli sihir yg paling dicari di dalam industri periklanan."

David menjadikan bisnis periklanan sangat menarik & mengundang banyak orang cerdas kedalamnya. Bukunya Confessions of an Advertising Man adalah buku paling laris yg diterbitkannya di tahun 1962, & diterbitkan kembali di inggris lebih dari 40 tahun kemudian. Buku itu telah mempengaruhi pandangan dari banyak orang tentang bisnis periklanan.

Pendiri biro iklan Ogilvy & Mather ini filosofinya banyak didasarkan pada hasil riset. Prinsipnya yg paling kontroversial & jadi perdebatan adalah “tidak seorangpun akan membeli sesuatu dari seorang pelawak atau komedian & bahwa tulisan putih di atas latar belakang hitam akan sulit dibaca”. Namun prinsipnya bahwa “konsumen itu bukan orang yg bodoh, ia adalah istri anda” merupakan prinsip yg sulit terbantahkan.


John Hegarty

Bartle Bogle Hegarty, New York

Menciptakan kampanye iklan legendaris : levis, lego, audi
John yg bertubuh mungil & ceking, bersama teman-temannya mendirikan BBH di tahun 1982 & semenjak disaat itu merebut serangkaian penghargaan kreatif. Menurutnya buat membuat iklan yg baik craftsmanship merupakan perihal yg penting karena disaat ini kita hidup di budaya visual. Orang lebih peduli pada pencitraan dibanding masa sebelumnya. Cara kita berbusana, dalam perihal yg kita kerjakan, bahkan makan. Semuanya bersifat visually driven. Orang mengambil keputusan berdasarkan visual.

Pakar periklanan Amerika ini juga menyebutkan, globalisasi membuat produk-produk memiliki kualitas yg hampir serupa. Sekarang industri lebih banyak bersaing dgn menyentuh emosi & gengsi konsumen. Hegarty mengatakan, disaat ini konsumen membeli barang bukan karena keunggulannya tapi karena produk tersebut membuat sang konsumen percaya, merasa yakin, & jatuh cinta. Itulah yg disebut dgn Emotional Selling Proposition


Jean Marie Dru

TBWA Worldwide

Disturbtion adalah pendekatan revolusioner terhadap periklanan yg dikembangkan oleh Jean Marie Dru dari biro iklan TBWA Worldwide. Ia mengatakan jika perusahaan tidak menciptakan perubahan maka perubahanlah yg akan menciptakan mereka. Dru percaya bahwa iklan mesti mengganggu kenormalan yg dapat diprediksi, sehingga dapat masuk ke dalam koteks yg sama sekali baru

Jay Chiat

Chiat/Day, California

Pendiri biro iklan Chiat/Day yg sangat berpengaruh di California, & berhasil mengangkat derajat biro iklan yg tidak berlokasi di Madison Avenue.

Jay adalah sosok yg mempesona, menghebohkan & memiliki daya juang tinggi. Salah satu ungkapannya yg terkenal adalah “How big can we get, before we get bad ?”.



we hope SEJARAH PERIKLANAN DUNIA are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids air tanah anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain di jual diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sertifikat tanah sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet